Jebakan Betmen


Beberapa hari lalu saya main ke factory outlet. Niat awal sih emang cuma beli barang buat saya doang, tapi berhubung di otak juga beberapa minggu kemarinnya kepikiran survey barang buat temen saya, terus pas di FO itu saya liat ada barang yang bersangkutan, yaudah akhirnya saya beli barang itu sekalian. Nah, gara-gara kejadian beli barang buat teman saya itu, saya jadi menebak-nebak politik diskon toko, deh. Hmmm, ini baru dugaan saya doang, sih. Bukan buat provokasi kok. Hehe. 

Jadi waktu itu kejadiannya saya udah yakin sama baju *yesss, baju dong, apa lagi coba yang bisa dibeli di FO? hehe* yang mau saya beli buat diri saya. Pas jalan ke kasir, eh saya nemu ada barang, sekelompok dengan baju sih, tapi bukan baju *appppaaaa siihhhh*, yah semacam aksesoris pelengkap peampilan anda gitulah, yang dari minggu-minggu sebelumnya udah saya survey tapi harga dan modelnya nggak pernah ada yang cocok. Barang itu bukan buat saya, tapi buat teman saya. Nggak buru-buru juga sih butuh barang itunya, tapi saya pikir-pikir, kapan lagi coba saya ke FO ini lagi demi satu barang kecil yang udah pas banget, baik dari segi model maupun harga. Sebagaimana kustomer yang selalu lemah di hadapan toko, yaudah saya putuskan untuk membeli barang itu hari itu juga. Sekalian. Nah, pas saya milih-milih barang buat teman saya itu, setelah melalui prosedur reduksi data yang sangat rumit, saya pun menjatuhkan pilihan pada dua obyek serupa tapi tak sama. Serupa bagusnya tapi tak sama merknya yang akhirnya membuat harga barang itu berbeda.

Oke, kita sebut benda pertama sebagai A. Karakteristiknya berwarna hitam, harganya didiskon 50% dari harga normal. Sebenernya sih harganya Rp5juta tapi takutnya disangka sombong dan kaya raya, yaudah kita samarkan dengan harga tidak sebenarnya, ya katakan 150 ribulah, jadi dengan diskon, harganya jadi 75 ribu rupiah. Nah, benda kedua kita sebut sebagai F. Kenapa bukan B? Karena terlalu mainstream. Warnanya biru, harganya sebenarnya 4,5 juta tapi takut disangka bohong, jadi kita sebut saja 72.500 rupiah yes. Nah, dapat kan perbedaannya? Yang A Rp75.000, yang F Rp72.500. Nah, ini bukan masalah Rp2.500-nya sih. Eh, masalah ketang. Lumayan buat parkir seribu, aqua lima ratus, pengamen 2 orang @Rp500. Yak, jadi Rp2.500-nya kita jadikan pertimbangan, ya. Kenapa harus jadi pertimbangan soalnya kualitas barangnya sama dan sama-sama netral juga sih warnanya. Saya muter otak lagi. Tujuan utamanya tetep sih mending beli yang Rp72.500. Alasan berikutnya adalah saya lebih suka warna biru. Loh, tapi kan barang itu buat teman saya, bukan buat saya. Hmmm, saya mikir lagi. Oh, kayaknya teman saya juga suka warna biru, sih. Lagian, kalo misalnya dia sukanya warna hitam, ya itung-itung saya kasih pilihan baru dalam hidup lah dengan warna biru itu *MAKSA*. Terus saya mikir lagi. Mikir nyari cacatnya si A. Eh ternyata si A ini dipajang juga di manekin. Alhamdulillah ternyata si A ini pas dipasang di manekin cacatnya keliatan. Ada pola yang ngga simetris gitulah pokoknya. Yasudah, saya belilah si F. Lagian, rada kumaha juga gitu masa titipan teman dikasihnya yang diskonan 50% gitu. Nggak sopan. *ALASAN MACAM APAAAA INIIII* hahahaha.

Nah, udah aja pokoknya jadilah itu saya ke kasir. Jarak waktu antara saya nemu si barang A dan F sampai saya ke kasir itu ya kayaknya ada deh sekitar satu jam hahahaha. Pas di kasir, saya mau bayar pake American Express, tapi si mbaknya ngga punya alatnya. Mau saya bayar pake MasterCard, eh kartunya basah gara-gara hujan deras tadi. Mau bayar pake Visa, yah ada di dompet yang lain. Yaudah saya bayar pake uang seratus ribuan. Lah, baru inget, harga baju saya aja udah Rp9juta. Berat kan bawa uang seratus ribunya. 90 biji gitu. Yaudah, terpaksa harga baju saya itu didiskon sama mbaknya jadi nggak 9 juta banget. Alhamdulillah digabung sama barang buat teman saya itu, saya bisa bayar pake sekarung beras Cianjur. Problem solved.

Pas pulang ke rumah, saya lepasin label harga dari dua barang itu. Eh, saya baru sadar di label harga barang buat teman saya itu ada coretan spidol gitu. Jadi ada semacam dua harga gitu. Harga yang tadi terlihat yang saya bayar dengan beras Cianjur sama harga yang dicoret spidol. Dasar emang kustomer cerdas *walaupun telat*, saya penasaran sama harga barang yang dicoret. Saya terawang dari sisi yang berbeda. Damn, ya nggak akan keliatanlah. Satu, tebel. Dua, bukan tipex. Yaudah saya iseng ngorek-ngorek pake kuku. Eh, kekorek dong ternyata. Dan ternyata itu menyebalkanlah. Apa cik? Ternyata harga yang dicoret itu empat belas juta lebih murah dari yang saya bayar tadi. Kalau pake harga yang disamarkan, ya harganya ngga 72.500 banget. Sekitar beberapa ribu lebih murah. Ah, fak.

Yasudahlah mau gimana lagi coba. Paling nanti pas saya laporan sama teman saya, dia ngakak. Nggak, nggak, saya nggak mau laporan. Malu. *TAPI MALAH DITULIS DI BLOG*

Tapi ya gitu, saya jadi mikir. Ini kali ya politik toko. Jadi ada dua barang yang serupa tapi tak sama diletakkan secara berdekatan. Yang satu didiskon besar, yang satu lagi dikasih harga yang lebih murah dibanding harga yang sudah didiskon *padahal aslinya memang sudah lebih murah*. Tujuannya ya untuk menggiring preferensi kustomer untuk milih yang nggak didiskon. Kalau semua kustomer milih yang diskon, bisa jadi si toko nanti rugi. Terus kenapa juga si toko mau mendiskon gede, ya karena nanti dia dapat kompensasi dari harga barang satu lagi yang dimahalkan tapi seolah-olah tetap lebih murah. Ah, begitulah. Sebentar lagi juga lebaran, nih *puasa aja belom padahal*, pasti politik toko bakal tetap ada. Hati-hatilah dalam mempertimbangkan sesuatu *NGOMONG SAMA DIRI SENDIRI.*