Menghindari Kenyataan

Saya baru sadar kalau selama ini saya terlalu banyak menghindari kenyataan dengan mencurahkan pikiran dan tenaga ke pekerjaan, tugas kuliah, dan urusan kepanitiaan/organisasi. Saya kira melalui pengalihan otak dan tenaga tersebut saya sedang belajar menghadapi kenyataan, tapi ternyata itu cuman penghindaran dan pengendapan. Ketika tiba-tiba secara terpaksa dan tak disangka saya dihadapkan dengan objek yang coba saya lupakan, tiba-tiba mood saya seharian berubah jadi jelek. Hmmm. Itu artinya saya masih dalam proses mengendapkan tapi belum bisa menerima, hehehe.

Ah, permasalahan itu makin pelik kalau udah menyangkut cinta. Ya, sebenernya nggak cinta doang sih, hampir di setiap bidang saya selalu kayak begituh kelakuannya. Tapi kalau udah masalah cinta, aihhhhhhh mood euy mood! Terpengaruh sekali!

Tapi nggak ada jalan lain untuk mengubah perilaku selain dengan menghadapkan diri pada objek yang paling pengen kita hindari. Aaaaaaah, saya males ketemu Estu tapi udah setaun kayak begini, buang muka dan pura-pura nggak kenal tapi pas Estunya udah jauh mood saya jadi rusak seharian, jadi mau sampai kapan ngehindarin….?

Okei, akhirnya saya usahain bener-bener usahain untuk nggak buang muka kalau ketemu orang itu. Beneran deh saya belain nggak buang muka, kalau dia nyapa juga saya usahain nganggukin kepala, kalau dia nanya mau kuliah apa juga udah saya usahain buat ngejawab aga dikitan panjang..hoek. Hahaha. Yah, walaupun berat tapi ternyata lebih melegakan lho! Hahha. Seengganya mood saya nggak rusak kayak kalau saya buang muka. Hahaha. Oia, sekarang juga saya udah berteman sama Estu. Hahha.

Terus kayak misalnya saya nggak suka sama sifat atau ceplosan temen saya. Nah, biasanya sih saya diem aja, ngesot dikit trus pindah tempat, dan kalau dalam radius 5km saya liat dia mendekat ke arah saya, langsung saya ngibrit atau kalau nggak sempet ya pura-pura sibuk. Tapi nggak bisa kayak gitu melulu. Akhirnya kalau misalnya dia ngomong atau bertindak nyebelin ya saya usahain buat bales perkataan dia, hahha, atau bilang keenggasukaan saya. Sejauh ini sih lebih melegakan. Hahha.

Bos saya nyebelin soalnya hobi nyuruh saya nanganin hampir seluruh kelas padahal saya juga harus bagi waktu kuliah, ngurus organisasi, makan, tidur, dan bersenang-senang? Oh no problemo. Pasti saya bilang langsung ke si Bapak kalau saya nggak bisa dan sesekali menyindir kenaikan gaji, hahha. Eh tapi manjur lho. Walaupun gaji belum naik secara signifikan tapi saya dapet jatah makan siang. Uhuy. Terus kalau misalnya saya nggak bisa ngajar ya bilang nggak bisa, mau dikasih iming-iming atau muka jutek si Bapak kek, hmmmm, nggak takut deh.. Daripada bilang iya bisa tapi pas ngajar bawaannya bete? Bheuh.

Ya jadi intinya, hadapi permasalahan karena itu akan lebih melegakan dan menyenangkan, tentunyaaaaa! Hahaha.

Ark. Apr’10.