Untuk UN yang Menjelang... ...

Januari, Februari, Maret, April…
Tinggal tiga bulan lagi tuh kita ketemu sama bulan April. Emang ada apa, sih di bulan April? Nggak ada apa-apa, kan?

Wah, kalo jawabannya kayak gitu, sih artinya ada tiga kemungkinan. Kemungkinan pertama, yang jawab bukan anak kelas 3 es em a. Kedua, kalo yang jawab itu ternyata anak kelas 3 es em a berarti dia nggak punya tipi dan nggak pernah dengerin gosip terbaru di dunia pendidikan (ciah cuih!). Ketiga, orang yang jawab itu memang bukan anak kelas 3 es em a dan dia juga nggak punya tipi sama nggak pernah denger gosip.

Huuuu, cupu!

Bulan April 2007 ini, dari tanggal 17 sampai tanggal 19-nya bakal ada event besar yang mengguncang dunia persekolahan anak kelas 3 es em a. Masa depan mereka tergantung dari tanggal ini. Ada apa hayo…????

Ujian Akhir Nasional…yang tahun ini namanya dipersingkat jadi Ujian Nasional. Huh, apa bedanya, ya kan? Sama-sama sounds terrible dan annoying…mana soalnya juga tetep nggak berubah tuh jumlahnya. Matem 30, B.In 50, dan B.Ing 50… Kenapa sih nggak sekalian ikut dipersingkat jadi setengahnyaaaaaaa aja…??? Hehehe.

Menyambut event yang akan mempengaruhi hajat hidup rakyat banyak ini, murid-murid tidak tinggal diam. Mereka berupaya meningkatkan prestasi diri, dari belajar sampai mutusin pacar. Waaaaaah…. Oia, bahkan ada yang sampai pakai ramalan kartu, loh! Tujuan mereka pakai ramalan kartu itu supaya mereka bisa lebih tau secara spesifik bahasan-bahasan apa yang bakal diujikan di ujian yang katanya banyak dikeluhkan guru-guru ini. Katanya sih supaya mereka bisa menghemat waktu. Biar efisienlah belajar langsung ke sasaran, nggak mubeng-mubeng dulu sampe mabok.



“Yah, bukannya apa-apa, sih, kita kan ujian nggak cuman tiga pelajaran itu aja. Kan masih ada ujian akhir sekolah dan seleksi penerimaan mahasiswa baru… Kalo kita kebanyakan baca buat UN sampai akhirnya kita nggak sempet belajar buat ujian lain kan sayang banget. Apalagi kalau yang kita baca itu ternyata nggak dibuat pertanyaan. Nggak enaklah… Makanya kali-kali aja kalau kita ngeramal pakai kartu yah at least ketauanlah mana aja yang harus kita pelajari…” kata salah seorang sumber.


“Ya, sedih, sih diputusin mah, apalagi alasannya karena ujian. Tapi yah gimana lagi, sebagai cewek kan kita nggak bisa apa-apa kalau cowoknya udah ada mau. Saya mah pasrah ajalah. Semoga mantan saya itu lulus ujian dan saya juga lulus ujian. Semoga setelah lulus ujian, dia insaf dan meminang saya kembali, saya mah cinta mati-lah sama dia mah…Da buat saya mah, ujian ma pacaran sebenernya ga ada hubungan, jalannya pisah. Lagian kita juga kalo pacaran nggak pernah ngapa-ngapain selain bertengkar mulut dan fisik…” komentar salah seorang cewek yang baru aja diputusin pacarnya. Dia ngomong sambil nangis setelah sebelumnya cewek itu mengekor punggung mantan pacarnya dengan penuh kepiluan.


“Oia, kita juga manggil alumni buat ngajarin kita. Mereka baik dan mau ngeluangin waktu buat kita.”





“Belajarlah. Nggak ada yang lain selain belajar. Di perpus ini enak banget. Konsen banget kalo belajar.”





“UN? Gampang ujian kayak gitu mah.”





“Oh, di tempat les tuh gurunya asik-asik. Kalo kita lagi belajar di rumah terus ada yang nggak ngerti ya kita tinggal calling mereka aja. Mereka 24 jam siaga. Terus katanya kalo nanti waktu UN ada soal yang susah banget kita tinggal calling mereka, mereka pasti mbantu. Yah, hidup mah gampanglah.”





“UN? Saya sih nyantei aja, lagian saya emang pinter dan rajin. Liat, dong, di kantin aja saya belajar. Matematika lagih! Yah, tadi sih sempat ngabisin yamin sama mie ayam dulu terus minum jus sirsak campur stroberi, tapi setelah itu saya belajar lagi duoooongggg... Aduh, maaf yah, saya sibuk banget nih!” dan perempuan berambut keriting itu pun melanjutkan itung-itungan kalkulator.





“Enjoy aja lagih! Jangan dibawa tegang. Nyontek kan bisa. Nih kayak sekarang, gua lagi nyontek tugas, itung-itung latian buat nyontek pas UN.”






Waw, emang ya, kalo udah ngomongin UN…komentar tuh beragam! Tapi satu persamaan dari semua komentar itu adalah murid-murid rata-rata nggak takut sama yang namanya UN. Mereka udah siap-siap, mereka juga nggak tegang, trus mereka juga optimis banget bisa lulus UN.


Kalau dari saya sendiri, sih, kiat-kiat buat menghadapi UN ini yaitu :
1. Belajarlah, pasti…

2. Berdoa yang rajin, yang jelas, dan efektif. Maksudnya kalo berdoa tuh jangan setengah-setengah, “Tuhan, aku mau lulus UN…” itu kan masih umum banget, mau lulus UN apa? Tahun berapa? Nggak jelas dan nggak efektif tuh. Harusnya, “Tuhan, aku mau lulus UN Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dengan nilai antara 7 sampai 10, pada tahun 2007 ini. Aku mau lulus tanpa nyontek buku dan teman-teman sekelas maupun luar kelas. Aku mau lulus dengan mudah. Kalau aku udah stak nggak bisa, semoga itungan kancingku tepat…Amin.”

3. Jauhi kegiatan ngeceng, pacaran, terutama yang sampai nyita otak, hati, dan fisik. Kalau masih mau pacaran –ga mau putus–, bikin syarat sama pacar kalian supaya mau bantu pas UN. Mmmm, kayak nempelin kunci jawaban di pintu WC, njatuhin kertas kunci jawaban di jalan menuju WC, punya akses bluetooth dalam radius 400 kilometer tanpa terhalang tembok buat ngirim jawaban, hpnya bisa buat videocall jadi bisa kasih jawaban lewat mimik, atoooooo…ah, kok jadi maksiat gini…

4. Jangan sampai ketemuan sama musuh apalagi kalo sampai bertengkar

5. Jangan patah hati apalagi kalau sampai mau bunuh diri

6. Jangan makan makanan pedas, berlemak, berminyak, dan beracun…gawat, bisa-bisa ngerjain soal UN di kamar RS ato kamar mayat.

7. Hndari kebut-kebutan, taruhan, judi, dan sabung ayam




Selamat menempuh UN!!!







–Januari 07. Fst. Dok.pri–

1 comments:

hei dulkadir! keren juga you punya blog, apalagi tuh poto jijay yang kamu pasang di samping kanan, lumayaaan laah! keep posting yang bermutu! demi memajukan anaksawah layaknya kita-kita yang nista ini...

Reply