Menyiasati Mei

Januari, Februari, Maret, April, dan sekarang Mei! Wadaw! Udah bulan kelima lagi? Jadi kita udah ngerasain 2007 selama lima bulan? Nggak kerasa banget nih! Apalagi buat yang ngejalanin empat bulan ke belakang ini dengan belajar dan ujian, kayak saya dan anak-anak kelas 3 SMA atau 3 SMP lainnya.

Bulan Mei bukan bulan buat istirahat pastinya, walaupun yang namanya UN udah kelewat. Masih ada praUAS dan UAS yang diadain tanpa jeda waktu yang cukup. PraUAS tuh minggu ini dan UAS minggu depan. Hummmm. Capede. Belajar teruuuuussss. Lama-lama mabok ini mah. Freak!

Nggak cuma buat UAS, tapi juga belajar buat SPMB! Ayooooo, semangat! 27 Juni sebentar lagi!

Ngomongin soal SPMB, sebenernya ini saya lagi dendam aja sama bimbel-bimbel. Gila, kita diporotin habis-habisan! Bayangin aja, buat satu bulan belajar, kita harus ngerogoh kocek sekitar 700ribu sampai pu-lu-han juta! Wedaaaaaan. Programnya macem-macem, dari yang cuma satu setengah jam sampai yang dikarantina sebulan. Ck ck ck. Nggak mampu deh gua. Nggak mampu dari segi fisik dan tentunya biaya lah.

Sebelnya juga waktu baca brosur-brosur yang banyak nyampe ke tangan saya itu di sana mereka mewanti-wanti (atau malah menakuti?) bahwa persaingan di SPMB itu sangat ketat, dari ratusan ribu pendaftar yang diterima hanya sepersekiannya, terus PTS itu biayanya mahal, bla bla bla...intinya kita harus mampu lulus SPMB dan itu diperlukan kesiapan yang matang. Karena itulahhhh masuklah ke bimbel kami. Gubrak.

Masalah SPMB persaingannya ketat mah udah pastilah, PTS mahal juga udah pasti, harus bisa lulus SPMB juga harapan setiap orang, tapi ya nggak usah diperbesar gitu dong masalahnya. Jangan membuat kita jadi tambah panik. Maksudnya, jangan membuat kita jadi panik dan memeras kita secara halus. Hiks. Aduh, justru yang kayak gini ini yang bikin anak-anak jadi nggak pede. Ya contohnya nggak jauh-jauh, ada beberapa temen saya yang ngambil intensif SPMB sampai ke tiga tempat (yang semuanya itu ngasih harga jutaan rupiah). Alasannya kalo di bimbel ini mah bagus IPA-nya, kalo di bimbel yang itu IPS-nya bagus, kalo di bimbel itu materinya lengkap. Hummmm... aneh.

Buat saya sendiri, sih... semua itu tergantung dari kitanya sendiri. Kalau kita bisa belajar dengan maksimal, ikhlas, baik, tawakal ke Allah, punya niat dan tujuan yang mantep untuk milih jurusan X, ya pasti jalan mah ada ajalah. Orang Allah itu Maha Segala-galanya, kok. Kenapa kita harus panik sama soal-soal SPMB yang susah? Iyaaaa, emang susah...tapi jangan jadi dodol dengan boros duit dan kemakan omongan brosur.

Dimana-mana brosur mah emang bersifat persuasif, segala yang baik diomongin, ditambahin, dikasih warna yang atraktif, ilustrasi yang mecing...yang jelek ditutupin. Hmmmm. Padahal biasa aja tuh setelah tau kenyataannya mah. Lagian mereka sama-sama nggak tau materi apa yang bakal keluar di SPMB, kan? Ya, berarti perjuangan tiap bimbel itu sama. Yang ngebedainnya adalah...kita sendiri!

Seberapa dalam dan serius kita sama jurusan yang kita pilih?

Seberapa rajin, fasih, dan jeli kita ngerjain soal-soal?

Seberapa khusu dan tawakal kita ke Allah?

Seberapa jauh kita paham sama materi yang selama tiga tahun ini kita dapatkan di SMA?

Seberapa niat kita belajar di bimbel dan nggak bikin ribut sekaligus ngeganggu orang lain yang mau belajar -dan snggak lupa, seberapa sabar kita ngehadepin biang ribut di kelas bimbel?- ?

Bolak-balik mah itu lagi, sih. Ikut bimbel boleh, buat nambah-nambah pengetahuan, tapiiiii jangan sampai freak gitulah. Ikut yang berjuta-juta sampai ke beberapa tempat. Kapan kita punya waktu belajar sendiri buat ngulik-ngulik? Ada juga pulang ke rumah cape. Ambisius tapi nggak realistis itu mah. Ngejar mimpi doang.

Yang terpenting buat menghadapai Mei, maksud saya ujian, adalah kedewasaan kita buat bersikap biasa aja, nggak panik, dan bener-bener tawakal ke Allah. Yakin aja lah, Teman...ikut bimbel A, B, C, D...sampai Z mah bukan determinan kita bisa lulus SPMB. Determinannya kan kita sendiri. Jangan kemakan omongan brosur dan jangan nyusahin orang tua kita untuk modalin segala kepanikan kita, pokoknya. Kalau mau ikut bimbel, ikut aja satu yang bisa bikin kita fokus dan pewe belajar.

Ah, yup! Sudahlah. Pesan moral untuk bulan Mei ini adalah persiapkan diri sebaik-baiknya! No konsumtippppp!!! Yakin, Allah will always help u cz Allah's everywhere!

Selamat belajar, Teman-teman!

(ark.Mei'07)