Hampir Kecopetan

Ternyata saya selain pinter menjaga gawang dari bobolan bola tiap ada tanding sama 3-6, saya juga pinter menjaga hp dari kepungan para pencopet di bis! Pokoknya, Saras 008 kalahlah sama saya untuk urusan kayak ginian! Ciaaaaaaaaaatttttt!!! Awas, kakanggggg!! Hehe. Berlebihan. Nggak gitu-gitu banget, sebenernya.


Yup, hari Kamis 26 April kemarin saya hampir kecopetan. Untung insting saya cukup mumpuni untuk mengetahui mana copet dan mana fans -soalnya modus operandi mereka sama yaitu, ndeketin, mepet dan nggak memberi runag gerak- , jadi saya bisa langsung menggagalkan aksi mereka yang cukup sadis dan tidak berperikemanusiaan, yang hendak memisahkan saya dari p910i tercinta yang dua tahun ini selalu setia menemani dalam suka dan duka, dalam putus dan jadian, dalam kaya dan miskin, serta dalam sepi dan gempita, hehehe.

Jadi ceritanya gini. Kebetulan Kamis kemarin itu lagi ada keajaiban alam, latian aerobik cuma sampai jam dua doang, biasanya kan sampai jam lima, nah pulang siang macem gini nih yang bikin males, soalnya saya harus nungguin bis di Buah Batu rada lama. Oh, goddddddd. Cape. Panas. Hmmmm, setelah setengah jam berdiri, akhirnya datenglah itu bis Cililin-Cileunyi.

Ada dua bis dateng beriringan, saya nyetop yang pertama tapi dia nggak mau berhenti padahal belum penuh banget. Akhirnya jadi nyetop bis yang kedua, yang jauh lebih kosong daripada bis yang pertama. Dia mau berhenti tapi berhentinya agak jauh, yang otomatis ngebuat saya akhirnya naik lewat pintu belakang.

Nah, pas masuk bis itu tiba-tiba ada tiga atau empat laki-laki bangun dari kursinya dan serempak mepet saya. Bingung banget tuh. Perasaan, ini bis kan masih kosong, banget, tapi kok begitu gua masuk ada orang langsung berdiri dan sok-sokan mau ngasih tempat duduk buat gua...-GR-. Waktu itu belum curiga, cuma baru bingung doang, tapiiiii akhirnya bertambah bingung lagi waktu mereka semakin mepet dan sok mau jatuh, padahal si bis sama sekali nggak ngerem. Gua aja tanpa pegangan, seimbang gini berdirinya, kenapa mereka mau jatuhhhh padahal mereka pegangan...?

Akhirnya si insting saya bekerja. Nyis, jangan-jangan copet! Mereka bawa tas gede nggak? Njis, bawaaaa!!! Akhirnya reflek saya tarik tas saya yang mereka tutupin pake tas mereka yang super gede -tapi keliatan banget kosongnya- dan bener banget tuh kalo mereka copet...soalnya retsleting kantong tas saya yang paling depan tuh udah ngebuka dan tempat kaca mata saya udah ada di luar kantong.

Dasar tolol. Emang seidiot apa gua sampe gua bakal naro hp peninggalan masa kejayaan di kantong paling depan? Ya enggak gua taro situlahhhh.

Mereka kayaknya mampus banget tuh ketauan mau nyopet -dan ternyata apa yang mau mereka copet itu adalah tempat kacamata...hehe. Udah ketauan, salah pula. Hehe -, jadi waktu saya narik dan meluk tas saya secara reflek, mereka langsung ambil posisi sok nggak ada apa-apa dan ngasih saya jalan buat duduk.

Tapi dasar kayaknya masih penasaran sama hp saya, mereka ngikutin kemana saya duduk. Jadi waktu akhirnya saya berhasil duduk, mereka ngepung saya lagi. Mampus gua. Nggak ada pilihan lain, akhirnya saya bener-bener rapet meluk tas dan nggenggam tiga ritsleting yang ada di tas. Dan waktu saya lagi dalam posisi superdegdegan dan superenggakbanget buat difoto itu, salah satu dari mereka yang ngepung saya bilang gini, “Tong ka si ieu. Galak awewe ieu mah...” - Jangan ke anak ini. Cewek ini mah galak-.

Eh, dasar saiko. Udah mau nyopet gua, masih ngehina-hina gua lagihhhhhhh. Huh. Tapi baguslah. Eps, belum selesai juga itu percakapan mereka. Kayaknya salah satu dari orang itu masih berniat ngincer ritsleting tas saya yang lain. Nggak tau dia bisik-bisik apa, yang jelas temennya nanggepin lagi, “Galak, galak! Jangan! Resiko!”

Wah, yang kayak gini nih yang nggak bener.

Terus kernet dateng, nagih ongkos. Kayaknya ini kernet komplotan juga, soalnya dia tetep mepetin saya. Dia kayaknya mancing saya buat mbuka ritsleting yang lain dan ngasih kesempatan buat salah satu copet itu untuk ngambil lemahnya saya. Eps, maaf yahhhh...gua pinter. Waktu saya nyadar saya hampir kecopet, saya langsung ngambil uang dari kantong yang hampir mereka gerepeh. Nggak tau kenapa, waktu itu cuma kepikiran, sewaktu-waktu kernet dateng, saya udah siap sama duit dan nggak ada celah buat lengah.

Nah, tapi setelah saya kasih itu ongkos pake tangan kiri -soalnya tangan kanan nggenggam tiga ritsleting-, si kernet nggak pergi. Dia nggak mau nerima ongkos yang saya kasih pake tangan kiri, sambil sok tersinggung dia bilang apalah lupa, intinya, nggak sopan banget sih ngasih pake tangan kiri. Ah, bodo amat...siapa elu sampe gua harus ngehormatin lu pake tangan kanan...ada juga gua kecopetan untuk kedua kalinya. Sama-sama bertahan dalam posisi nggak mau ngalah cukup lama, si kernet akhirnya ngambil juga tuh ongkos..tapi masih juga ngomel..buat nyari kesalahan (baca:lengahnya) saya, “Kemana nih?”

Gobz, gua udah ngasih dua ribu!!! Itu tuh udah lebih dari cukup! Biasanya gua ngasih seribu lima ratus!!!. Terus dengan judesnya saya jawab, “Tagog!! Berapa lagi emangnya?!”
Akhirnya dia nggak ada alasan lagi dan dia pun pergi -tapi nggak jauh dari saya-

Sepeninggal si kernet, copet-copet itu makin rapet aja mepetin saya. Nyadar kalau ini bisa berakhir nggak bagus, akhirnya saya pindah lagi tempat duduk. Tapi salah satu dari mereka ngikutin saya, duduk di sebelah saya. Dasar monyet. Maunya apa, sih!! Kenapa harus ngincer guaaaa oiiiii! Satu, saya sama sekali nggak ngeluarin hp semenjak nungguin bis dan masuk ke bis. Dua, saya lagi nggak pake setelan orang tajir, sumpah. Waktu itu pake celana gombrang sebetis, kaos, sandal jepit yang udah geripis, tas ransel, plus muka keringetan gara-gara latian aerobik dari jam sepuluh pagi di kelas yang superpanas. Ergggghhhhh!!! Kenapa harus suudon sama gua kalo gua punya hp!!!

Di sini akhirnya mulai perang batin. Mending gua turun atau gua tetep di sini. Kalo gua turun, gua rugi 2000 dan harus ngeluarin ongkos 4000 lagi atau gua di sini, nggak ilang duit 6000 tapi ilang nyawa, baik di tangan mereka atau di tangan orang tua gua gara-gara ilang hp.

Berhubung ada satu quote dari saya yang bilang, Cetusan pertama dari otak adalah kata batin yang harus dituruti, dan cetusan pertama itu adalah kehilangan hp dan nyawa jauh lebih menyakitkan dari kehilangan duit 6000, akhirnya dengan pamit dulu sama pencopet yang ada di sebelah saya -yang cara duduknya sama sekali menghalangi saya untuk keluar dari kursi-, “Punten, Pak!”... dan sama dia dijawab..., “Loh, kok turun, Neng...???” (saya dalam hati : Dasar nggak ada dosa! Ya gua mau turunlah! Sori sori aja...lagi nggak mau jadi cewek yang seminggu nonstop nangis dan nggak bisa belajar gara-gara kehilangan artefak yang udah nggak diproduksi lagi sama SonyEricsson!!!), saya akhirnya turun dari bis. Turun dengan penuh kelegaan sekaligus degdegan sekaligus bersyukur pisan pisan pisan pisan pisan pisan sama Allah...Ya Allah, makasih masih ngizinin saya punya hp!
(Ark.Ap'07)