Antara Taman dan Toilet...



Mungkin bukan hal yang baru atau unik juga, ya kalau kita mbahas masalah halaman yang indah dengan WC yang bobrok. Saya juga yakin, nggak cuman sekolah saya, SMAN 3, aja yang punya masalah aib kayak gini. Tapi nggak apa-apa, kan kalau kita bahas tentang ini, yah itung-itung buat nambah referensi betapa-orang-Indonesia-sangat-nggak-peduli-sama-WC-padahal-mereka-butuh-boker-dan-pipis-oia-sama-ganti-pembalut.

Pertama kali masuk ke SMA ini, tamannya nggak sebagus yang saya pajang di sini. Nggak rapi, berantakan, nggak asri, nggak hijau, nggak ada bangku, kolamnya jelek, nggak bisa dipakai buat nongkrong, dan yang pasti nggak bisa difoto-foto. Kamar mandinya juga super duper amat sangat menjijikan. Nggak menimbulkan hasrat untuk berlama-lama mengunci diri, nggak menggerakkan hati untuk bolos pelajaran boring di situ, nggak membuat hati rela untuk antri berlama-lama. Kotor, banyak kerak, nampak nggak pernah dikuras, dan tempat sampah di dalam tuh tergenang sama air yang nggak tahulah itu air apa. Hiiiiiii….!!!

Setahun kemudian , ketika saya naik kelas 2, barulah ada perubahan. Taman-taman yang kayak ladang buka hutan itu dibenahi jadi seperti yang bisa Teman-teman lihat sekarang. Enaklah buat dipakai nongkrong. Nggak tahu tuh enak atau nggak buat pacaran soalnya selama ini saya nggak pernah pacaran di sana (ehm, emangnya punya pacar gituuuuuhhh…????) dan saya juga nggak pernah lihat ada dua sejolang sejoli lagi memadu kasih di sana…Aih aih…racuuuuuunnn…!!!

Satu tahun di kelas dua itu saya lewati dengan pemandangan indah di taman, yang kebetulan bisa langsung terekspos dari bangku saya yang ada di pojok samping agak ke belakang. Gurunya ngebetein, ya tinggal noleh ke kanan buat ngecengin ijo-ijo pohon. Tapi satu tahun yang harusnya cukup indah itu terasa ada yang kurang. Kok kayaknya agak gimanaaaaa gituh kalau lagi kebelet… Ummm, tak salah lagi, WC luput dari perhatian untuk direnovasi.

WC tetep kayak dulu, waktu pertama kali saya menginjakkan kaki di SMA 3. Deskripsi yang ada sebelumnya sudah cukup jelas, kan? Yah, tetep aja tuh kayak gitu. Saya kira memang WC sengaja diluputkan karena anggarannya bukan pada tahun saya kelas dua. Saya tunggu tuh sampai sekarang, saya kelas 3, eeeeeh tetep aja tuh WC kayak gitu. Saya sendiri, sih akhirnya jadi males pipis di kamar mandi itu, yang deket taman. Selain karena sekarang kelas saya jauh dari taman dan ada WC yang jauh lebih deket sama kelas saya yang ada di lantai dua, saya juga males pipis di WC itu soalnya ya kotoooooooooornya menjijikkan. Mana, ups sori, ya…ada anak-anak cewek yang jorok, buang pembalut tanpa dicuci dan dibungkus. Kebayanglah tempat sampah di WC itu diisi sama merah-merah yang menyembul…hiiiiiiiii…Malu, deh, nyeritainnya (trus mereka yang ngebuang itu malu nggak, ya?).

Yang ingin saya kritisi adalah, kenapa sekolah lebih menitikberatkan anggaran untuk memperindah taman, bukannya untuk (juga) merenovasi WC yang nyata-nyatanya lebih esensial dan lebih ‘kepake’ oleh siswa. Memang, taman juga perlu diperhatikan keindahannya dan perawatannya, tapi kalau kita banding-bandingkan lagi lebih dalam, mana sih yang lebih berguna dan yang lebih nggak bisa dilepaskan dari siswa, taman atau WC?

Taman menurut saya hanya sebagai prestise. Lambang dan kebanggaan bahwa SMAN 3 peduli lingkungan, SMAN 3 pendukung penghijauan, SMAN 3 pecinta keindahan. Bangga, sih emang punya taman yang bagus dan yang dikomen, “Ih, sekolah lu bagus banget taman depannya!” tapi sebenernya dalam hati saya ketawa. Gimana enggak, lha wong siswa-siswanya itu selain ngeluh kamar mandinya jelek juga sama sekali nggak pernah nyicipin gimana rasanya main di lapangan depan atau ngeliatin air mancur yang seger banget kalo siang-siang –kata anak sekolah lain yang lintas pulangnya lewat SMAN 3– .

Gitu, ya orang Indonesia itu, senengnya bikin kaver yang bagus tapi isinya nggak diperhatikan bagus atau nggak, layak atau nggak, pantas atau nggak, sinergi atau enggak, dan atau eggak-atau enggak yang lain.

Saya jadi mikir, nih. Mungkin bisa jadi pemikiran si yang nentuin anggaran itu kayak gini, sejelek-jeleknya WC ya tetep aja ada peminatnya yang rela antri panjang-panjang tiap ganti pelajaran, tiap istirahat, dan tiap pulang sekolah. Lagian juga SMAN 3 dah terkenal sebagai sekolah yang terpercaya buat nyetak penghuni ITB dan FK tiap tahun. So, WC jelek, no problemo lah ya… Kalau taman jelek, kan bener-bener memalukan, masa sekolah ngetop eeeh kavernya berantakan dan kayak ladang…????

Itu satu penyebab mungkin WC lebih dipinggirkan kebutuhannya. Tapiiiii, kok kayaknya nggak adil, ya, kalau saya berpikirnya seperti itu...???
Nah, ini ada satu lagi yang saya pikir juga jadi bahan pertimbangan kenapa WC dientar-entar aja. WC emang kotor, banyak kerak, jijik, tapi sebenernya dia nggak rusak. Ubin masih terpasang teratur, WC nggak mampet, bak nggak bocor, dan pintu masih aman terkunci. Nah, ini sumber yang menurut saya lebih tepat jadi biang keroknya. Sekolah juga bingung, ini WC emang jelek tapi nggak ada yang rusak. WC jelek karena kotor aja. Lagian bodoh banget tuh kalau WC diganti ubin lantai atau ubin dinding cuman gara-gara mulai berkerak. Nah, kotornya itu WC bisa teratasi dengan perawatan tiap pagi dibersihkan, disikat, disiram karbol. Suruh aja pegawai sekolah buat ngerawat tiap hari. Itu pertimbangan yang menurut saya lebih nggak menyalahkan pihak-pihak. (pihak apa coba…??? Hwehwhehe…)

Ya, pastinya 70% alasan ini yang dipakai sekolah untuk ‘mendiamkan’ WC. Serba salah, sih kalau udah nyangkut WC. Dibangun lagi hambur duit, nggak dibangun tapi jorok. Nah, dengan pemikiran seperti ini, menurut saya WC itu salahnya udah dari awal dia dibangun. Yang ngerawatnya itu nggak telaten sampai-sampai WC jadi kotor. Nggak nyalahin pegawai sekolah juga soalnya wewenang dia cuma nyikat (disikat nggak, ya? Kok saya nggak pernah liat ada sikat di sekolah…), nyiram karbol (ini selalu dikerjain, apalagi kalau pagi-pagi, kecium kok baunya…), dan nguras bak kamar mandi, yang artinya waktu dia untuk berinteraksi sama WC cuman sedikit. Yang punya banyak waktu untuk berinteraksi, kan siswa-siswanya…Nah, sekarang yang mau saya tanyain sekaligus salahin, coba kalau diinget-inget buat Teman-teman SMAN 3 yang baca blog ini, kalau udah pipis kalian nyiramnya rata nggak tuh? Kalau sepatu kalian kotor dan kotorannya nular ke lantai kalian siram lagi nggak tuh lantainya sampai bersih? Kalau habis ganti pembalut itu darah (sori) udah kesiram bersih ke lubang penbuangan belum? Kalau pada belum, yaaaaa…pantes aja itu WC nggak ngaruh mau dibersihin kayak apa pun , tetep aja kotor dan coklat. Terus walaupun dia dibangun lagi jadi kayak WC standar mall, ya nggak bakal ngaruhlah, soalnya dari siswanya aja udah jorok dan nggak punya kepedulian sama lingkungan, segitu lingkungannya itu esensial, walaupun cuma berpredikat sebagai ‘tempat pembuangan’.

Mungkin keenggakpedulian siswa ini terendus sama guru-guru dan kepala sekolah sampai-sampai para siswa ini nggak boleh nyicipin main di taman depan yang ada air mancurnya. Mereka takut keindahan taman yang mahal didesain itu dirusak sama tangan-tangan jail siswa yang belum cinta sama lingkungan dan punya tanggung jawab untuk menjaga lingkungan sekolah kayak lingkungan miliknya sendiri. Mereka takut kalau taman-taman itu akhirnya berujung kayak WC. Yang kotor, coklat, jorok, dan serba salah untuk dibangun atau dirawat.

Hmmmm, ternyata balik-balik lagi dari semuanya ini yaitu sikap kita, siswa SMAN 3 sendiri yang belum punya rasa ngejaga.





Feb.07. Arkiar.Dok.pri