Ujian Praktek

Selepas UN, perjuangan masih belum selesai. Rehat dari kegiatan belajar selama tiga hari dari Jumat sampai Sabtu, hari Senin tanggal 23 April saya dan (mungkin) semua anak kelas tiga SMA seBandung raya ngejalanin yang namanya ujian praktek.

Ujian praktek sih sebenernya formalitas doang, soalnya pasti bakal dilulusin. Nggak mungkin gara-gara nggak ngegambar terus jadi nggak lulus kalau nilai UN-nya mencukupi. Sebenernya logikanya gitu tapiiiiiii justru karena ada bawaan kayak gini makanya kita semua jadi superasal-asalan buat ngerjain praktek-praktek dari sepuluh mata pelajaran.

Kayak kelas saya nih, kelas 3-5. Aduh, ujian praktek sih buat kita mah, kalau diibaratin sama main kartu remi mah, istilahnya cus banget lah. Lewat! Nggak tau mesti ngapain. Paling parah waktu ujian praktek agama.

Ujian itu jadi ujian hari pertama dan nggak ada satu pun dari kita yang dapet bocoran silabus apa yang bakal diujiin. Dateng ke sekolah dengan tenangnya, “Eh, agama ngapain ntar?” dan dijawab, “Hehe, teuing...” alias nggak tau. Baru pas jam delapan dimulai kita langsung pada mati.

Yang diujikan:

-Solat jenazah

-Mandiin dan ngafanin jenazah

-Hapalan doa sehari-hari

-Ngaji

-Solat gerhana atau solat duha

-Hapalan QS.Al-A'laa atau QS.Al-Ghasiyah


Baguuuuuuuus!

Ini dia tanggepan sekelas...

Ngerawat jenazah? Hehehe. Dimandiin kayak kita mandiin anak kecil gitu bukan, sih? Siram dari gayung atau lelepin aja?

Hapalan doa sehari-hari? Mmmm...paling doa makan, belajar, tidur, ke WC. Udah. Kalo doa naik kendaraan? Bismillah. Kalo turun dari kendaraan? Depan Kiri, Mang!

Al-A'laa? Nggak apal..nggak tau malah!

Al-Ghasiyah? Yang 19 ayat aja nggak apal...gimana yang 26 ayat????!!!!

Argh! Udahlah in mah cus aja!!!!! Ujian yang kayak gini sih buka kartu banget nggak pada beriman. Hehe. Tapi alhamdulillah bisa terlalui dengan baik, sih. Si Al-A'laa sama yang 26 ayat itu akhirnya boleh diganti sama dua surat juz amma yang lebih dari delapan ayat. Hmmm. Tapi kita masih juga belum puas, cule-cule brekele lagi jadi cuma dites Al-Kafirun sama Al Insyirah atau At Takatsur. Hehehe. Hapalan surat mah jaman SD banget tuh. Sekarang mah maksiat kitanya jadi udah lupa sama yang namanya surat-surat. Astagfiruloh.

Ujian hari kedua adalah ujian bahasa Indonesia. Materinya seperti biasa, mengarang, menyimak, dan berbicara. Nah, agak bermasalah sama materi berbicara yaitu drama! Argh! Nggak ada waktu buat bikin, ngapalin, dan latian. Ya iyalah, secara hari kedua..sekaligus kelas pertama yang nggak dapet bocoran dan kelas yang pada hari sebelumnya udah keteteran sama ujian agama. Akhirnya? Lagi-lagi cus dengan milih tema budaya buat drama.

Saya, Soni, Shova, Vivi, Rifki, Reza latian dadakan habis ujian agama sampe jam setengah enam sore, bikin naskah, bagi peran, latian bentar. Waktu yang disediakan maksimal lima belas menit dan kita dengan dodolnya show dengan cepat, lima menit beres! Judul dramanya nggak tau, intinya kita mainin tema Budaya Antri dan Budaya Meramal. Drama yang superenggak banget dan kacau -tapi kita enjoy...hehe. Namanya juga, cussssss!!!-. Saya jadi ibu-ibu yang percaya sama peramal, Shova jadi peramal gadungan, Rifki, Vivi, Soni jadi pengantre yang rebutan barisan buat diramal, Reza jadi dokter jiwa sekaligus suami saya. Argh. Tujlebnya, pas akhir drama, si Pak Abro nanya ke kita, “Jadi ini maksudnya semua orang gila, gitu ya..???” Argh.

Bukan, Pak!!!

Aduh, guru pun ternyata nggak nemuin apa amanatnya...Cussssss. Capede.

Hari ketiga...hari ketiga tuh ujiaaaaan..bentar bentar bentar bentar...Rabu tuh...Oiya, seni lupa! Pantes aja lupa! Hu um hu um, seni lupa! Alias seni rupa... Ujian ini ujian yang paling bikin tenang...kenapa? Bukan karena kita pada bisa nggambar tapi..justru kita nggak bisa nggambar. Hehe. Cussss. Pas hari H-nya, kita dikasih waktu dua jam buat nggambar dengan arsiran pensil tanpa penggaris dan penghapus di kertas HVS yang harus dikasih batas luas 15x12 cm atau 15x20 cm. Otomatis, pilih yang 15x12 lah. Hehe. Kita juga dikasih lembar perintah nggambar apa aja, yang sayangnya kita juga nggak ngerti sama arti perintahnya.

-Gambarlah dengan stilasi bla bla bla...

"Hah, stilasi apaan?”; “Wah, nggak tau, euy! Gambar ajalah...”

-Buatlah ragam hias asimetris kombinasi garis dan bidang bla bla bla..

Ini juga nggak tau lagi apa artinya cuma berhubung di situ ada kata-kata Abstrak-nya, yaudah kita cuma ngerti kalau intinya kita boleh pilih tema yang abstrak dari kombinasi garis dan bidang dan boleh nggak simetris...

Daaaaannnn, bisa ditebak, pada banyak yang ngambil tema abstrak asimetris ini. Kacau deh. Ya soalnya pemikiran kita cuma satu, gambar secara stilasi yang seharusnya nggak abstrak pun pasti ujungnya bakal ketangkep sama orang lain sebagai gambar yang abstrak. Whehe. Yaudah cari aman, mending ngegambar gambar abstrak aja, sekalian. Hehe.

Ujian selanjutnya adalah ujian komputer!! Whaha. Males. Vlookup, Hlookup, If. Lupa semua. Selama kelas tiga ini kita udah nggak dapet lagi pelajaran komputer. Hihihi. Cule cule brekele lagi ngecopy-paste rumus yang udah dikerjain sama anak kelas sebelumnya. Cussssssszzzs.

Ujian hari Jumat adalah ujian kimia. Praktikum titrasi, laju reaksi sama elektrolisis. Untung saya kebagian titrasi sama laju reaksi, bukan elektrolisis. Cuslah. Belum belajar si elek. Mati aja itu mah kalo dapet elek. Kasus di lab kim tuh rada dodol juga. Waktu lagi ngetitrasi, ternyata buretnya bocor...ngalir teruslah itu si NaOH nggak berhenti-berhenti, ditambah lagi anak yang dapet giliran sebelum saya itu numpahin HCl, udah gitu kayaknya ketetesan fenoftalin..akhirnya meja saya becek sama warna pink. Ugh. Nilai saya jadi ikut terkurangi gara-gara anak itu. Jorok.

Waktu lagi laju reaksi juga sempet degdegan. Na2SO3-nya kok nggak ada. Stak lima menit di meja dan diliatin pengawas, kayaknya sih dia bilang, nih anak dodol banget sih nggak mulai-mulai. Eugh, sumpah gugup banget tuh waktu itu. Apalagi waktu culang cileung ke Sonia, ternyata dia udah berhasil ngitung laju reaksi. Setelah lima menit yang dalam hati saya habisin buat ngutuk ditaro mana itu si natrium sulfat, ternyata...dia ada tepat di depan saya! Ya oloh...ngapain aja gua dari tadi. Hugh.

Hari Sabtu ada dua ujian. Fisika sama Aerobik.

Waktu ujian fisika, alhamdulillah saya dapet praktek kalor jenis. Untung bukan osiloskop atau apalah yang harus pake colok-colokan listrik. Terus berhubung saya telat dateng buat masuk shift pertama yang isiya cewek semua, akhirnya saya ikut shift kedua yang isinya semua laki-laki, nah di sini saya udah ngarep pasangannya sama Ferandi, Reza, Dani, Soni, atau siapalah gitu yang pinter dan bisa diperbudak untuk praktikum sendirian sekaligus masukin rumus, eeeeeeh taunya harapan saya hanyalah harapan kosong semata. Saya dapet pasangan sama si Karim! Oh, no! Udah mah saya tolol..ehhhhhh, pasangannya jauh lebih tolol lagiiiiiiii.

Karimmmm...kenapa kita begitu sering berjodohhhh!!!! Telat bareng, duduk bareng...Argh!

Ujian ini juga rada stak...tapi untungnya berhubung Karim sadar kalo dia emang rada dodol, jadi dia udah prepare..Cule cule brekele dia...bawa buku materi praktikum..jadi intinya kita OB alias open book. Hore! Berhasil!

Paling lega waktu udah ujian aerobik. Hummmmm. Perjuangan seminggu full pulang sampai magrib dan ditemani hujan superderes akhirnya berbuah manis. Hore, aerobiknya bagus. Cape banget tapi asik. Kebayar semua hari yang tersita buat aerobik. Tampil dengan gaya eighties, kelas 3-5 yang pake musik dugem ala 80an akhirnya bisa kompak lonjak-lonjak aerobik -yang jauh lebih pantes kalau dibilang gerakan modern dance, kayaknya- dengan powerfull. Nggak kalahlah sama anak 3-4 yang aerobiknya pake tema dangdut (dan pake lagu Mabok Janda!!!) dan gayanya harot pisan. Inul, Dewi Persik, Vetty Vera, Alam, Elvi Sukaesih mah kalah lah sama goyang aerobik dangdut mereka.

Hari berikutnya adalah ujian Biologi!!! Ini nih paling mending...saya dapet bagian Uji Mantan! Ups, maksudnyah Uji Makanan. Itu tuh yang nyari kandungan apa aja di dalam makanan. Yang pake tes biuret, benedict, lugol. Hehe. Ini mah nggak pake mikir. Tinggal tetes, tetes, tetes, panasin! Catet hasil! Yessssss.

Terakhirrrrrr adalah...bahasa Inggris. Huh, ini nih yang rada ngagetin...jadi dulu tuh kita sempet dikasih tugas buat bikin esai bahasa inggris, trus katanya boleh bawa kamus. Rada heran juga, ngapainnnnn?? Yaudah dulu tuh dengan lempengnya nulis apa aja. Ehhh, taunya sejuta taun kemudiannnnn..ada woro-woro titah raja bahwa apa yang sudah ditulis akan diujikan dalam bentuk wawancara. Inti-intinya mah kudu dispeakingin. Eugh. Tau gitu mah itu esai saya fotokopi dulu dehhhh. Hummm, untung tadi pas diwawancari lumayan lancar.
Keluar dari ruang ujian bahasa Inggris...hati rasanya legaaaaaaaaa bnaget! Tengkyu God...masih dikasih kesempatan buat nyelesein ujian praktek dengan lancar walaupun sangat-sangat hancur. Huks huks huks.

Ujian praktek lewat...nah sekarang tinggal berjuang buat ngehadepin yang namanya UAS. Oh, noooooooo!!!!!

(ark.Mei'07)