Alhamdulillah

Jadi ini progress report dari posting saya sebelumnya yang bilang kalau saya lagi galau. Alhamdulillah hari ini kegalauan itu sudah tuntas diberi jawaban dan kelancaran. Asheeek, berasa abis acara lamaran aja ini preambule ini. Haha. Iya jadi akhirnya Senin lalu itu saya mendapatkan jawaban bahwasanya insentif memang ditiadakan untuk semua pengajar. Sedihlah sedih. Tapi alhamdulillah, hikmahnya sih saya semakin yakin bahwa memang rezeki saya ya masih dicukupkan sampai angka ppiiiiiiiiiip sekian jutttt...piiiiipp. Iya, meskipun insentif saya ditiadakan pada bulan ini, bukan berarti jumlah gaji saya berkurang, alhamdulillahnya sih tetap seperti bulan-bulan sebelumnya karena ada banyak jadwal di luar jadwal yang tertulis di surat tugas yang saya kerjakan. Tapi ya memang sih sempat sedih juga beneranlah insentif ditiadakan. Ada nilai yang harusnya bisa saya capai tapi ternyata belum dapat teraih. Itu galau. Karena saya galau, akhirnya saya mampir ke Griya. Pas ke Griya itulah hidup saya berubah. Bukan, bukan soal saya ketemu Lee Min Ho. Saya di Griya menemukan belimbing. Dari belimbinglah hidup saya kembali ceria.

Mengapakah oh mengapakah?

Karena sesungguhnya dari belimbing yang saya beli untuk aba tanpa tendensi dan intensi apapun saya pun mendapat jalan rezeki yang lain, yakni bapak saya terharu. Awalnya saya nggak tahu kalau belimbing itu merupakan ujian bagi anak yang berbakti, Jadi intinya habis pulang ngajar dari pagi sampai jam 11 yang dilanjutkan ke Griya sampai jam 12 itu saya kan galau yah terus saya juga nggak enak badan, yaudah saya langsung pulang. Tidur aja sayah teh. Tiba-tiba ada sms pas deket asar. Dari aba. Nanyain kapan rencananya saya ke Singapura. Saya balas "Nggak tahu, Ba, tapi paspor festy habis minggu depanan. Minggu depan sih harusnya ke Singapuranya." Baru beres pencet tombol send, eh ibu saya dateng ke kamar saya bawa hape, katanya aba mau bicara. Ya nanya-nanya, ya saya jawab dengan nada sendu-sendu bangun tidur. Yang saya inget aba nanyain masih kurang berapa uangnya. Saya jawab sekian jut..piiippppp. Yah sekitar delapan belas jutalah. Eeeeaaa. Aba nggak bilang apa-apa sih dan saya juga nggak berharap. Eh pas udahan ditelpon itu ibu saya bilang bahwa tadi itu ibu saya cerita kalau saya bawain belimbing buat aba terus aba terharu gitu langsung nanyain kapan saya mau ke Singapura dan ya itu tadi akhirnya ngsms dan mau ngomong sama saya. Kan saya senang dong akhirnya. Tapi saya juga nggak berani berharap.

Pas malamnya bapak saya pulang, saya disuruh nunggu di depan kamarnya, nggak boleh berpindah pokoknya harus nungguin. Lama teh. Taunya bapak saya solat. Ganti baju. Ngangkat telpon temennya. Ah sedih dicuekin. Sudah mau menyerah itu teh, tapi akhirnya ujian tersebut usai. Bapak saya ngasih saya uang dongggggggggggg alhamdulillah. Langsung aja saya senyum-senyum bahagia sambil kayang satu tangan persis kayak tadi sore waktu teman SMA saya komen di wall saya.

Tadi siang juga saya nganterin dosen pembimbing saya ke penjahit. Katanya beliau mau bikin kebaya gitu. Selain akhirnya saya dapat pengetahuan baru tentang dimensi keruangan dalam kain, saya juga diarahkan mengenai bentukan tabel untuk modal saya penelitian lapangan di mal Singapura nanti. Senenglah akhirnya saya dapat gambaran yang sangat jelas dan meyakinkan mengenai hal apa yang saya cari dan harus saya petakan. Jadi dari 12 mal yang mau saya teliti itu, nanti dibagi dalam tiga tema. Dari tiga tema itu dilihat unsur tiga citranya. Terus karena ini strukturalis dan positivistik, dari tiap citra itu dikaji vivid atau engganya. Kalau vivid, dibagi lagi dilihat dari segi apa vividnya, apakah dari ikon, simbol, atau indeksnya. Nanti masing-masingnya dipotret dan dideskripsikan. Nah itu yang nanti pas saya pulang ke sini bakal saya semiotikakan. Legaaaaaa udah dapat gambaran yang nyata.

Nah, karena tiga kegalauan sudah ada jawaban dan jalannya masing-masing, akhirnya saya pun meniatkan diri untuk beli tiket pesawat. Ini agak alot juga, nih. Jetstar itu murah, tapi tanggal yang saya incer itu udah keburu abis promonya dan kok ya tiba-tiba juga gitu kartu saya sedang tidak dapat dipergunakan. Bisa juga sih beli pake yang debet, tapi ini cuma Batavia Air. Harganya 1,1 kalo ga salah dan bagasinya free 25 kg. Kalau dibanding-bandingkan dengan Jetstar dan Air Asia juga harganya sama sih. Air Asia sama Jetstar itu emang sih di bawah sejuta, tapi tanpa bagasi. Nah, kalau mereka berdua ditambahin bagasi juga harganya jadi sama kayak Batavia. Tapi ya itu dia sih, kayaknya saya lebih mending milih makan layak daripada bawa bagasi hehe. 25 kg itu banyak banget, malah jadi mubazir gitu, orang saya bawanya dikit doang. Yaudah akhirnya saya pilih Air Asia. Pas liat ke situs Air Asia, eh di tanggal dan hari yang saya incer, harganya pas dong. Terus pas liat lagi nanti di Changi turunnya di terminal mana, eh ternyata di Terminal 1 bukan di Budget Terminal. Saya udah pernah turun di Budget Terminal, nah di situ kurang oke, nggak bisa diteliti keadaannya. Dan jauh dari mal airport gitu. Berhubung dulu waktu ke India dibiayainnya sama pemerintah India makanya bisa naik Singapore Airlines dari Soekarno Hatta, saya inget keadaan Budget Terminal itu emang jauh banget dibanding Terminal 3 tempat nongkrongnya SQ. Hahaha. Karena saya juga mau neliti mal yang ada di airport dan mal itu cuma ada di daerah Terminal 1,2,3, maka tempat turun Air Asia di Terminal 1 yang deket aksesnya ke Terminal 2 dan 3 itu sangat berarti buat saya.

Hal lain yang bikin saya seneng adalah tanggal dan hari pergi-pulang. Pertama, tanggal 15 gitu! Kemarin-kemarin juga kan saya galau gimana caranya saya bisa minta izin nggak ngajar padahal tanggal 16 itu UN SMA. Apalagi saya juga nggak mau ngelepasin intensif murid yang udah saya ajar satu tahun ke guru lain tepat di saat paling penting bagi mereka. Iya, dari yang kemarin-kemarin saya mantau harga tiket pesawat itu yang murahnya ya tanggal 12,13,14 di hari kerja. Hadehhhh. Dilema ngajar untuk membuat anak-anak lulus atau penelitian lapangan untuk membuat diri sendiri segera lulus. Eh tapi ya alhamdulilah ini di Air Asia tiba-tiba ada yang murah tanggal 15 hari Minggu. Saya jadi bisa ngajar untuk intensif SMA di minggu terakhir sebelum UN, terutama di hari Sabtunya. Apalagi minggu depannya kan saya pulang hari Rabu tuh, nah itu hari Kamisnya saya juga bisa lanjut ngajar intensif UN SMP. Paspor saya juga nggak ngepas banget masa berlakunya. Kedua, yang bikin seneng juga adalah hari Minggunya itu! Saya pengen banget liat Singapura hari Sabtu atau Minggu. Dari yang udah-udah sih kesananya cuma hari kerja jadi kurang lihat khalayak internasional yang ramenya. Yaudahlah akhirnya saya beli tanggal 15 April jam setengah enam pagi dan pulang tanggal 18 April jam delapan pagi. Pas mau bayar, lah ya iya kan ya kan kartu saya nggak bisa dipakai. Nanya ke Vita, kata Vita coba minta tolong ke Fahmi atau Bos Riri. Saya tanya Bos Riri, tapi ternyata Riri nggak ada klik BCA-nya. Minta tolonglah saya ke Fahmi yang baik hati. Eh serius loh fahmi itu baik banget huhuhuhuuhu mau direpotkan. Terima kasih banyak bangetlah sama Fahmi akhirnya saya hari ini lancar beli tiket ke Singapuranya.

Hmmmmm, yah akhirnya sudah ada satu jalan yang terang. Sekarang saatnya mengusahakan surat ke KBRI Singapuranya lancar, terutama dari birokrasi kampus, terus mikirin nanti tidur dimana. Hahaha. Tidur di airport jadi agak kurang mungkin dilaksanakan di hari pertama karena pesawatnya datang pagi dan saya harus langsung penelitian di mal Airport, Orchard, Marina, dan Sentosa. Nggak mungkin saya balik lagi malemnya ke Changi kan, apalagi tiket pulang saya itu masih tanggal 18. Hahaha. Ya paling hostel backpacker. Yang murah ya di daerah Geylang. Hehehe. Harusnya sih ini agak serem gitu karena letaknya di Red District, tapi ya lets see lah berhubung ini harganya cukup reasonable di kantong mahasiswa slash pengajar bimbel yang insentifnya bulan ini diganti dengan insentif dari bapak kandungnya. Tante saya tinggal sih di Singapura di komplek KBRI gitu. Tapi ya berhubung beberapa hari terakhir ini saya baca stat fesbuknya sarapan di KBRI, tapi siangnya udah ada di Surabaya, dan besok paginya udah joging di sekitaran Marina Bay, saya juga nggak bisa berharap tinggal di rumahnya. Kata bapak saya juga saya nggak boleh ngerepotin orang dan berutang budi. Edhhhaaannn. Keren nggak tuh bapak saya? Tapi saya rasa bapak saya bakal narik perkataannya sih kalau bapak saya tahu detail perencanaan hidup saya di sana nanti hehehehe. Tapi saya emang nggak enak sih tinggal di tante saya. Apa ya...nggak enak weh gitu tinggal dengan orang lain. Sungkan. Apalagi ini hidup saya jamnya nggak teratur. Gimana ntarlah...kalo tante saya maksa saya ya apa dikata...ahahhahahaha.

Yasudahlah, mari kita tidur sekarang dan semoga hari-hari esok makin lancar. Alhamdulillah dulu ah buat hari ini. 

1 comments:

saya dan keluarga mengucapkan: selamat ber-singapurria-
semoga perjalanannya lancar dan seru. Aamiin

+muka ngiri+
hihihi

Reply