Argh, April!


Alhamdulillah, dikasih umur panjang buat ngerasain bulan April dengan berbagai macam ujian. Ujian Akhir Nasional, terutama. Nulis ini sih sambil mencoba sabar sama UN, tapiiiiii di dalam otak mah...Stresss! Sumpah! Beberapa hari ini saya lagi freak-freaknya belajar. Nggak tau kenapa. Mungkin karena udah tahu butuh kali, ya? Bayangin, saking stres dan freaknya, beberapa malam ini saya kebangun gara-gara tiba-tiba inget rumus dan langsung ngerjain itu yang namanya matematika. Trigono, lingkaran, peluang, statistik, dan transformasi terutama. Tapi kalau udah masalah dimensi tiga, udahlah saya nyerah. Intinya ntar di UN yang biasanya nyediain dua soal dimensi tiga, saya udah positif nggak bakal ngerjain. Parah! Emang dari dulu imajinasi keruangan saya sotoy banget. Hmmmm, tapi alhamdulillah ini stres bisa membawa saya lebih pinter lagi ngerjain trigono. Hmmm, semoga UN nanti lancar. SMAN 3 angkatan 2007 lulus 100%! Amin!

Masalah nggak cuma datang dari matematika aja ternyata. Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia juga nggak kalah sulit, terutama setelah diberlakukannya kurikulum KBK. Sekarang kalau ngerjain soal bahasa indonesia tuh analisisnya harus mendalam dan harus bisa masuk ke pemikiran si pembuat soal. Jawabannya itu banyak yang subjektif. Ini kejadian nyatanya, kunci jawaban dari DikNas buat PraUN ini beda sama kunci jawaban versi guru kelas saya. Beda lagi sama guru les. Beda lagi sama guru kelas lantai bawah. Beda lagi sama keyakinan saya dan teman-teman.

Sekarang soal-soal bahasa indon udah nggak kayak dulu lagi yang nanyain mana anak kalimat, apa arti peribahasa, apa penghubung korelatif, mana frase atribut, dan hal lain yang teoretis. Sekarang pertanyaannya mengacu ke teks kayak apa amanat dari novel A, bagaimana watak tokoh, apa nilai agamanya, konflik apa yang terjadi, apa temanya, apa topiknya, apa inti permasalahan, apa latar belakang, ide pokoknya mana, kalimat utama mana, opini yang mana, kalimat sumbang, dll. Emang kelihatannya kayak gampang tapiiiiii dalam lima pilihan jawaban itu peluang benarnya hampir sama semua. Yang bikin kesel itu kalau udah masalah novel. Ini juga diprotes sama guru kelas saya dan Korrie Layun Rampan (tahu nggak ? Coba inget-inget waktu SD. Dia ini ahli bahasa yang hebbbbbbat banget. Inspirator waktu SD!) dalam suatu seminar pengajaran Bahasa Indonesia, katanya untuk bisa mengetahui watak, nilai, konflik dalam suatu novel atau cerpen, sepotong penggalan itu nggak cukup karena akan menimbulkan banyak kebiasan. Iya, emang bener. Biasnya banyak banget. Waktu dua jam buat lima puluh soal kayaknya nggak bakal cukup. Hmmmmmh, semoga nanti dikasih kemudahan. Amin.

Terus ganti lagi soal bahasa Inggris. Dulu saya masih bisa nyantei sama ujian ini soalnya bisa curi poin banyak dari listening dan grammar. Nah, sekarang? Listening masih insya allah oke, tapiiiiii grammar itu udah nggak diujikan lagi. Diganti sama apa? Soal teks! 30 soal! Atau dengan kata lain ada enam teks! Pertanyaannya udah nggak ecek-ecek lagi kayak UN taun sebelumnya. Sekarang yang ditanya tuh kayak teks ini termasuk dalam bentuk wacana apa, strukturnya gimana, main purposenya apa, udah gitu vocabnya makin susah aja. Kalau ngapalin sih ya bakal apal, secara si bentuk wacana dalam bahasa inggris sama-sama aja sama kayak bahasa indon. Cuma genti nama. Hortatorylah, analitical, spoof, recount, news items, report, gitu-gitu doang. Tapiiiii pas udah liat soal, wedun! Jadi bingung ngebedain mana report mana explanation. Dan yang lumayan bikin greget di hati anak-anak itu adalah selama tiga tahun sekolah, kita baru dapet materi itu sekitar dua atau tiga bulan yang lalu, terus tiba-tiba jadi materi full UN tanpa kita dibekali latihan soal yang cukup. Hmmmm, ini nggak bijaksana banget nih. Kok orang-orang atas itu seneng banget ngebebanin murid-murid tanpa lebih dahulu survey kemampuan murid dan gurunya, ya?

Hmmmm, anyway, tapi yang namanya belajar ya kayak gini lah. Enak nggak enak pokoknya harus terima toh nanti juga efeknya buat kita. So, buat UN dan materi-materinya yang nggak bisa dianggap enteng, yaaaaaa semoga nanti bisa dibabat habis dengan menghasilkan nilai yang maksimal. Amin!

Hmmmm, mau nikmatin stres dulu, ah! Kalau lagi stres, mood belajar saya meningkat dan semoga bisa meningkatkan kemampuan otak. Amin.

Oia, minta doa supaya saya dan anak 3'07 bisa lulus UN 2007, ya! Makasih ... (arkiar. Ap 07)