Kisah Cinta yang Makin Merata…

Mari kita membicarakan tentang cinta! Bukan karena mau Valentine tapi karena mau tiga bulanan sama pacar saya. Hiehe. Mengeksiskan hubungan pribadi. Sebenernya engga juga sih, ini karena lagi sering denger cerita adek saya tentang teman-teman SMP dan SMA-nya yang dilanda dilema cinta. Aw aw.

Saya juga bingung ya, kenapa ada gap cukup lebar antara angkatan adek saya dengan angkatan saya. Saya baru tau istilah ’Kecengan’ itu sekitar kelas 1 SMP. Sedangkan temen-temen adek saya, umur segitu tuh udah menjalani apa yang dinamakan pacaran. Malah katanya tiap istirahat dan pulang sekolah ada yang istilahnya ’pacaran berjamaah’ di lapangan sekolah. Maksudnya gara-gara saking banyaknya yang pacaran di forum umum. Itu waktu dia masih SMP, nah sekarang waktu dia udah SMA, yang pacaran berjamaah gitu bertambah membludak lagi jumlahnya. Uwawww. Ekstrim sekaliy nampaknya, terutama mengingat bahwa...sejujurnya sampai sekarang pun saya nggak pernah ngerasain pacaran depan umum. Heuheu. Eh, pernah ding...tapi bukan pacarannya, cuman pas tengkarnya. Ya abis si mantan sayanya nyebelin. Heuheu. Masa saya harus bareng sama dia terus? Ya kan saya nggak mau, ya udah saya tinggalin, lahhhhh malah dikejar mpe ke lapangan basket, mpe ke Vertex, mpe ke tukang soto Kismuji depan sekolah. Maluuuuuuuuu. Tiap hari tuh kayak gitu, untung cuman satu setengah bulan. Hehehe.

Ngomongin masalah kecengan pertama saya, oh itu agak nggak logis juga. Si kecengan pertama saya itu si Ahda. Bukan karena suka pada pandangan pertama tapi suka karena omongan selanjutnya. Heuheu gini maksudnya. Menurut desas desus cewek di kelas saya, Ahda itu ganteng. Mereka itu suka ngomongin si Ahda sampai mampusssss, dari kelas sampai angkot Panghegar-Dipati Ukur. Misalnya, hari ini makan gorengan sama berapa cabe, hari ini derajat kemiringan poni lemparnya mencapai kisaran berapa, berapa besar angin yang meniupkan auranya ke arah kita yang terpesona lihat dia ngerjain soal di papan tulis, hari ini dia nyoret-nyoret tulisan apa di bangku, hari ini dia ngobrol apa sama temen sebangkunya, atau hari ini dia abis menang tanding CeEs sama siapa. Nggak penting deh pokoknya. Lah saya kan sering denger omongan mereka, kepengaruh deh untuk ngecengin dia. Waktu anak-anak cewek pada ilfil sama Ahda gara-gara katanya si Ahda judes banget dan suaranya ga merdu (Iya, sih...yang saya inget dari Ahda tuh suaranya yang kayak suara Sinchan), saya juga nggak tau kenapa ikutan ilfil. Bubar deh itu Serikat Cewek 1-H yang Suka Ahda. Keceng mengeceng pun berlanjut pada kisah selanjutnya.

Kecengan kedua saya si Ifan anak Bu Esih, wali kelas 2i, tapi ya gitu aja. Saya cuman ngceng doang dan saya nggak pernah ngobrol atau tegur sapa sama Ifan padahal selama kelas 3 SMP saya sekelas sama Ifan. Gerakan ngeceng saya cuman sebatas nelpon bilang selamat ulang tahun kalo Ifan ulang tahun (Selamat Ulang Tahun ya, Fan..klik.tutup telepon), sama berusaha nyamain jam naik angkotnya Ifan supaya bisa seangkot sama dia, hehe.

Nah karena itulah saya ngerasa lucu sama anak-anak generasi adek saya yang bisa sampai sindir-sindiran dan gencet-gencetan untuk ngecengin cowok yang ternyata sama sekali nggak menaruh perhatian kepada dua belah pihak.

Hihihihihi. Geli banget, deh kalo denger adek saya nyeritain temen-temennya. Sebenarnya bukan niat ngegosipin mereka, tapi hal kayak gini kebongkar waktu saya lagi minjem hp adek saya, ternyata smsnya dipenuhi sama curhatan temen-temennya, cewek sama cowok, tentang cinta. Kocak bener. Dari yang masi ngarep cinta (ngarepin kecengannya putus dari pacarnya, ngarepin bisa jadian sama kecengannya, GR kalo tadi kecengannya ngelihatin dia, dll), sampai yang mau selingkuh gara-gara pacarnya nyebelin, ga care, ga sms, terlalu agresif, terlalu sensitif, dan centil sama orang lain. Heuheu. Meski smsnya nggak dibales sama adek saya, ternyata aliran sms kayak gitu masih terus mengalir. Curhatlah, biasa. Curhat memang buta, kayak cinta. Hehe.

Mmmm, cinta barangkali udah merasuki semua lapisan usia. Merata lah sekarang mah si cinta teh. Hehe. Denger-denger sekarang anak SD juga banyak yang udah ngerasain cinta. Uuuufh. Tapi omong-omong, kalau cinta bisa merasuk sampai anak SD, apa yang mereka cari dari cinta itu sendiri? Apa yang membuat mereka menyimpulkan bahwa mereka memiliki perasaan berbeda terhadap seseorang? Kenapa bisa?

Hummmmm..

Dalam pandangan saya sekarang, cinta atau rasa tertarik terhadap lawan jenis itu ada karena dua alasan. Pertama, karena lagi masa puber. Kedua, ada kebutuhan untuk berkembang biak..upssssss maksudnya melestarikan keturunan. Alasan pertama termasuk ke dalam usia SMA. Nah, bagi saya kalo ngerasain suka atau cinta pas masa SMA sih lumrah...lagi umur perkenalan cinta ke tahap selanjutnya, soalnya. Terus kalau cinta pas masa zaman kuliah atau selepas kuliah juga sama, itu lumrah, soalnya udah ada kebutuhan pelestarian keturunan.

Nah, kalau dikaitkan dengan kasus cinta yang makin merata sampai ke kalangan anak SD, alasan pertama kalau dipaksa-paksain, bisa kayaknya. Tapi kalau gitu, cepet juga ya proses puber anak zaman sekarang...SD gituh..Nggak bisa nyalahin mereka juga, sebenernya. Lingkungan sekitar mereka sendiri udah menanamkan budaya itu. Zaman sekarang sinetron cinta udah banyak, film dengan judul yang memancing juga lagi trend, lagu-lagu sekarang juga didominasi lagu cinta, bahkan ada satu lagu cinta yang model video klipnya anak SD. Gimana bisa mereka menolak alert-alert tentang cinta?

Dan lagi, kalau dibalikkin ke kasus saya yang pertama ngeceng itu kelas satu SMP karena terpengaruh lingkungan sekitar, ya cepat lambatnya puber seseorang memang dipengaruhi oleh lingkungannya. Perilaku mereka dalam ngeceng atau pacaran pun dibentuk oleh lingkungan. Saya lupa siapa yang ngungkapin teori ini, yang katanya individu adalah produk lingkungannya, karena apa yang lakukan ia pelajari dari lingkungannya. Ditambah lagi, pada prakteknya, pengaruh dari unsur biologis seseorang itu sangat kecil dibanding dengan pengaruh dari lingkungannya. Aplikasinya dalam hal ini, meskipun hormon puber itu ditakdirkan aktif umur 16, tapi kalau lingkungan udah memaksa sesorang untuk dekat dengan hal perpuberan pada umur 11, ya si hormon nggak bisa bilang apa-apa. Bahkan si hormon juga bisa keluar lebih cepat, ngikutin perintah lingkungan.

Nah, ini bisa dikaitin lagi sama penyebab kenapa sekarang gaya pacaran anak-anak ’makin hebat’ padahal mereka tahu kalau gaya pacaran kayak gitu nggak bakal disetujui sama orang tuanya. Pada dasarnya, semua anak takut dan punya kecenderungan untuk patuh sama orang tua, tapi sayangnya mereka nggak atau jarang dikasih model pacaran yang baik sama orang tuanya. Gimana mereka bisa bertingkah sesuai dengan amanat orang tuanya kalau mereka sendiri nggak punya contoh untuk dijadikan primbon?

Larangan orang tua yang abstrak dan frekuensinya sangat jarang ini kalau dibandingkan sama intensnya interaksi mereka sama lingkungan, kayak tsama emen mereka yang pacaran dan artis-artis yang berakting pacaran, jelas kecil. Hal yang paling berpengaruh buat dijadikan pegangan ya dari lingkungan mereka sendiri. Larangan orang tua cuman dijadikan pagar supaya jangan sampai ketahuan.

That’s it.

Huahhhhhhhhhhh, Cinta...cinta...jadi seriusan gini padahal tadi niatnya cuman mau ngebeberin aib temennya si adek. Hehehe. Ya sudahlah, udah malem juga lagian. Semoga kajian saya bermanfaat...Dwadaaahhhh...

(ark.Feb’08)