Tips Seputar Ujian Nasional 2008…


Hiyaaaaa…bulan apa sekarang? Ternyata sudah Februari. Preparation buat anak kelas 6 SD, 3 SMP, 3 SMA yang mau ujian akhir, nih! Ihiy, UAN? Apaan tuh? Makanan jenis apa tuh? Hehehe. Blagu. Padahal baru juga keluar SMA setaun lalu. Hehe.

Okei, bagi adik-adik tercinta, khususnya yang kelas 3 SMA yang April nanti akan menghadapi UAN, berikut ini adalah pengalaman dari saya. Yah, walopun nilai saya cuma 26,3 dari 3 mata pelajaran, nggak kayak anak-anak lain di SMA saya tercinta yang 27 bahkan 29, coba disimak dengan baik ya...

1. Jangan Pernah Nongkrongin Warnet Untuk Alasan Nyari Kisi-Kisi UAN.

Kenapa? Nggak guna. Bener. Serius. Udah pernah dicobain soalnya. Hehe. Sebenernya waktu itu saya dan lima temen saya iseng doang main ke warnet buat tujuan nista kayak gitu. Kita sering curi denger dari penumpang angkot yang lagi ngobrol kalau soal-soal UAN itu ada di internet. Penasaran tuh. Akhirnya dicobain. Lahhhhh gugling dengan berbagai keywords pun hasilnya nihil. Kita emang sempat nemu soal-soal dari Diknas dan blog-blog guru se-Indonesia, tapi ya nggak guna. Malah jadi ngebuang waktu dan duit. Tapi kalau niatnya buat nyari tips sukses dan latihan soal sih masih boleh lah, ya..belum terlambat, sekalian buat nambah strategi belajar.

2. Belajar, Itu yang Terpenting!

Ya iyyyyyyyalahhhhhhhhhhhhhhhhh....semua juga tahu, rajin pangkal stres, hemat pangkal laper...hehehe. Nggak, ding..maksudnya Rajin Pangkal Pandai. Tapiiiiiii...rajin sama pandai apa dulu, nih? Maknanya kan luas. Misalnya, Rajin nyontek pangkal pandai nyontek. Rajin bolos pangkal pandai ngabur. Rajin telat pangkal pandai boongin guru piket. Rajin baca buku pangkal pandai Open Book di kolong bangku. hehehe. Ya, intinya nggak mungkin kita mengabaikan hal esensial satu ini. Sesedikit apa pun porsi kita dalam memegang buku apalagi membuka, membaca, dan mencermati isinya, tetep aja itu namanya belajar. Tapi masalahnya harus belajar kayak gimana sih supaya bisa mencapai hasil yang maksimal?

Kalau jaman dulu banget waktu saya masih ngerasain bangku perSMAan, belajar itu, selain di rumah, juga di kelas dan di kantin. Widihhhhhh. Bantai banget deh. Tapi itu bukan saya yang belajar, itu mah temen-temen saya. Hehe. Di kelas yang biasanya kalau lagi ngga ada guru diisi dengan main SOS, TTS, Kucing Sumput alias Petak Umpet, Poker, Gitar-gitaran mpe mampus tiba-tiba tergantikan dengan pembantaian buku 1001 Soal dan Kumpulan UAN. Insaffffff semua warga kelas. Untung saya nggak termasuk. Saya mah mainnya ke perpus. Ngenet. Frenster. Hehehe.

Di kantin juga penuh dengan sarasehan UAN. Giliran lagi matematika mah saya dianggurin. Ntar pas giliran Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris baru dipanggil jelasin konsep. Emangnya saya jurusan Sastra di SMA 3 apah...??? Uhhhhh. Ah gapapa deh. Matematika kan saya nggak bisa. Hehe.

Tapi suer banget, suasana nista antibelajar yang sudah berdiri sejak tahun pertama masuk SMA itu langsung sirna begitu masuk semester dua. Kantin penuh sama pembaca buku. Koridor diisi sama debat terbuka pengerjaan soal. Kelas jadi ajang pertukaran soal dan perang jawaban. Mentoring diisi sama berbagai motivasi meraih impian lulus UAN dan SPMB. Masjid penuh sama yang solat Duha. Wah, UAN memang determinan untuk mendorong masyarakat berperilaku irasional. Hehehe.

Saya sih nggak suka belajar di depan umum gitu. Bagi saya belajar paling efektif itu di rumah. Ngoprek buku sendirian malem-malem dan nemuin jawaban. Asik deh.

Di sekolah sih yang saya lakuin buat belajar ya yang ada di bawah ini. Gitu-gitu aja.


3. Ikut Program Perbaikan Pra-UAN Di Sekolah

Jangan terlalu PD sama hasil pra-UAN yang bagus. Kalau di sekolah kalian ada program perbaikan nilai pra-UAN buat anak-anak yang nilainya ancur-ancuran, hal yang positif banget kalau kalian ikutan nimbrung. Jangan pernah gengsi buat gabung karena di program itu kalian bakal dapet penjelasan lebih sabar dan jelas dari guru-guru senior kalian. Jelas berguna.

Pertama, sih kalian bisa minta izin sama guru kalian untuk ikutan program itu, bilang aja waktu pra-UAN mah nyontek atau lagi beruntung, itungan kancing ABCDEnya pas, pokoknya bilang aja kalian nggak puas sama hasil kemarin. Paksa aja deh gurunya. Rayu rayu gituh. Hehe. Nah kalau nggak bisa, nyerobot aja. Hehehehe. Tapi kalian juga harus tau diri. Kan status kalian nyerobot kelas, jangan sampai juga nyerobot bangku. Duduk di bawah aja kalau kursinya ngga cukup. Hehe. Bheuh, sungguh ya...perjuangan demi UAN.


4. Tongkrongin Tempat Fotokopian Sekolah

Nah ini yang paling sering dilakuin saya dan geng saya waktu SMA. Kita selalu ngamatin siapa aja yang masuk ke tempat fotokopian sekolah dan bawa apa aja mereka. Untungnya sempet kongkalikong juga sama tukang potokopaynya. Jadi kalau ada orang yang bawa soal, si pempotokopay bakal motokopiin satu soal buat diperbanyak. Hehehe. Pencuriankah? Bisaaaaa. Tapi ujungnya juga tanpa tukang potokopinya memperbanyak tanpa ijin, soal-soal itu akan beredar dengan sendirinya di sekolah. Siapa yang nyebarin? Ya si orang yang bawa itu sendiri.

Oia, tambahan...dengan keadaan yang saya bocorkan demikian, maka dapat diputuskan bahwa...Kalau kalian punya soal super rahasia, jangan difotokopi di sekolah atau di manapun yang deket sama sekolah, sekalipun itu sekolah tetangga kalian. Bener, deh. Fotokopi aja yang jauh. Ke timbuktu sekalian. Hehehehe.


5. Bawa Pulang Semua Buku di Kolong Meja

Buat para pelajar malas seperti saya yang suka ninggalin buku pelajaran di kolong bangku kelas...,udah hari deket UAN dan SPMB gini bawa pulang semua buku kalian! Dulu kita boleh ngerasa, siapa sih yang bakal nyuri ilmu? Nah, hapuslah anggapan ituh...sekarang prinsip ekskludabilitas alias sifat suatu barang yang dapat mencegah orang lain untuk memanfaatkannya itu sudah hilang! Setiap orang lagi butuh ilmu sebanyak-banyaknya dengan gratis.

Yah, buat yang pengen untung secara nista sih saran saya, tengokin aja setiap kolong bangku, siapa tahu nemu buku nganggur yang belum sempat disadari untuk diselamatkan. Hiehehehehe.


6. Nimbrung di Tiap Diskusi Kupas Soal Dengan Manusia Jenius


Wajib hukumnya!

Kalau kalian punya beragam soal yang sulit dipecahkan, jangan gengsi menunjukkan soal yang kalian anggap susah itu ke orang jenius di sekolah atau di kelas. Biasanya sih mereka ini tipe anak DKM gitu. Nah, jangan males juga untuk nungguin dia selesai solat Duha atau solat Duhur terus cecar mereka untuk ngerjain soal itu. Kita perhatiin kenapa otak dia bisa jenius sedangkan kita engga (Kita??? Wah, gue nggak ikutan bagian ini mah..hehe). Tapi kalian juga harus pilih-pilih anak jenius. Nggak semua anak jenius mau bantuin secara ikhlas tanpa ngerasa lebih tinggi derajatnya daripada kalian. Orang jenius kaya gitu mah tinggalin aja. Cari anak jenius yang low profile dan sabar. Dari situ kita tambah ngerti tanpa kelihatan bodoh dan dia pun bisa mengamalkan ilmunya. Heuheu. Tetep ya, harga diri. Hehe.


7. Latihan Soal Tahun Lalu

Ini penting. Biasanya soal yang muncul tuh pengulangan dari tahun lalu. Bukan pengulangan full, sih. Perhatikan tipe soal yang muncul. Misalnya, ada berapa soal dari dimensi tiga, tipenya dimensi tiga yang gimana. Statistika berapa soal dan statistika bagian mana yang keluar. EYD mana yang paling sering muncul. Segi apa yang sering ditanyakan pada bab Prosa Lama. Tipe wacana apa yang akan ditanyakan dalam Bahasa Inggris. Dan lain-lain. Bukan ngapalin soalnya tapi ngapalin tipe dan frekuensi soalnya. Apa gunanya? Supaya kalian nggak terlalu berat ngapalinnya. Rugi banget kalau kalian ngapalin tapi yang muncul bukan itu. Sekarang bukan waktunya untuk mengerti tapi mendapat nilai.

Menjauhkan tujuan dari proses belajarkah pandangan saya itu? Nggak. Bagi saya, tujuan dari proses belajar harus sudah dicapai sebelum UAN. Penyalahan pada UAN yang mendiskreditkannya sebagai ujian yang tidak mengukur kemampuan siswa sesungguhnya bukanlah hal yang bijak. Kenapa? Karena seharusnya apa yang hendak dicapai dari proses belajar-mengajar sudah tercapai sebelum UAN. Jika hal tersebut terpenuhi, maka ketika UAN sebagai kuantitator kognitif datang, kita dan guru kita sudah siap.

Jauhkan semua kutukan pada UAN karena itu nggak akan membantu kita dalam menghapal. Bagi saya, kutukan pada UAN disebabkan oleh ketidaksiapan kita dalam menyiapkan UAN. Kalau kita udah siap, pasti nggak bakal ada yang kayak gitu.


8. Kenali Kemampuan Kalian dan Mulai Susun Strategi


Gali dimana kelebihan kalian dan dimana kekurangan kalian. Mampukah kelebihan itu kalian jadikan pentolan dan mampukah si kelemahan itu kalian eliminasi. Contoh, oke saya lagi. Yang saya tau, jangan pernah kasih soal dimensi tiga untuk saya. Sumpah, nggak bisa! Harga mati, beneran deh. Dari tiga puluh soal yang diberikan dalam Matematika, saya cuma jawab 27 soal, sisanya yang nggak saya jawab itu soal dimensi tiga.

Kenapa saya pilih menyerah ? Karena saya tau waktu yang saya gunakan untuk belajar dimensi tiga akan terbuang percuma. Makanya waktu itu saya nggak belajar dimensi tiga tapi mengalihkannya ke bab lain dan pelajaran yang saya rasa bisa dijadikan andalan. Itu cara saya.

Lain lagi dengan cara adik saya yang juga tahun kemarin mengalami UAN SMP. Dia lemah dalam semua bab matematika, nilai pra-UANnya ancur banget deh. Tapi dia rajin. Dari Januari sampai hari H UAN, dia nggak lepas dari Matematika. Hasilnya? Nilainya malah 100. Whaha. Tapi di bidang bahasa nilai si adik standar aja, cuma 8.

Nah, silakan pilih mau pakai cara saya yang mengalokasikan waktu seefisien mungkin atau yang bantai semua dengan tekun kayak adik saya.


9. Minta Alumni untuk Bantuin

Kalau kalian punya kenalan alumni yang bisa diajak belajar, ajakin si alumni nongkrong di tempat PeWe buat belajar bareng geng kalian. Temen-temen saya malah sampai nongkrong di kantin sekolah sampai jam 3 pagi buat ngerjain soal-soal dan belajar sama alumni. Jangan pikir mereka anak-anak freak. Sama sekali engga. Mereka justru ’preman sekolah’ alias tipe pria yang produktif dalam membuat rekor panggilan wali kelas dan konseling yang nampak malas belajar. Tapi ternyata mereka punya cara sendiri yang efektif. Luasnya koneksi mereka dengan alumni yang nggak lebih normal dari mereka dimanfaatkan untuk menambah ilmu mereka. Hasilnya? Si Dika aja dapet 28 tuh. Buseeeeeettttt. Dapet darimana tuh, Dik...???? Hehehehe.

10. Jangan Mikir UAN itu Susssssahhhhh


Walaupun nilai saya cuman 26 lebih dikit, kalian harus percaya sama saya kalau... UAN itu nggak susah! Jangan terlalu mendewakan UAN. Santai aja. Ini kan ujian dengan skala nasional, tingkat kesulitannya nggak begitu pantas untuk menstreskan kita. Saran saya, jangan mempelajari tipe soal yang rumit. Logikanya gini, para pembuat soal itu tahu sampai mana kualitas soal dengan standar sedang yang bisa diselesaikan dalam waktu 2 jam, makanya soal-soal yang mereka buat itu bukan soal induksi matematika yang harus pakai perhitungan superpanjang. Dengan alokasi waktu yang singkat, nggak mungkin juga mereka ngasih soal yang sulitttttttt dan rumitttttttnya bisa bikin gila. Percaya deh sama mereka. Mereka nggak bakal mempersulit kita kok.

11. Berdoa

Paling penting yang ini. Sebelum ujian berdoa supaya lancar dan setelah juga berdoa biar cita-cita kita tercapai. Sebagai manusia lah, apa sih yang bisa kita kuasai, ya nggak..??

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Ini penting nih buat hari H. Kunci jawaban tuh bisa menyesatkan, apalagi kalau kunci jawaban itu terdiri atas banyak kode. Widih. Jauhin hal demikian ya... Selama UAN tahun lalu, saya dapat peredaran kunci jawaban. Semua mata pelajaran. Kuncinya itu nggak cuman satu kode, paling engga ada tiga kode, malah matematika ada delapan kode. Bingung kan luh? Huh um. Hehe. Nggak saya aja yang dapet, pastinya. Rahasia umum bangetlah yang kayak ginian mah. Saya aja udah jadi tangan keberapa dari mata rantai setan itu.

Waktu itu karena penasaran, kuncinya saya tulis di meja pakai spidol warna warni, tapi yang warnanya nggak mencolok. Nulisnya di pinggiran meja biar nggak ketauan, hehe. Setelah selesai mengerjakan UAN, saya cek dengan jawaban kunci. Teryata semua kode itu menunjukkan jawaban yang berbeda dengan jawaban saya. Sempet takut juga. Walahhhhh jangan-jangan gue yang salah. Tapi waktu saya cocokkan dengan soal, saya tetap yakin dengan jawaban saya. Nah, ternyata hasilnya...? Jawaban saya nggak salah kok.

Kesimpulannya, jangan percaya sama kunci jawaban. Dosa, jelas. Bikin bingung dengan berbagai kodenya, pasti. Belum tentu jawaban dia bener, itu yang paling penting buat diingat. Meskipun itu bikinan oknum terpercaya, tetep ajalah, coba pikir, dia cuman punya waktu berapa lama untuk ngerjain? Kemungkinan human errornya gede kan? Mending kalau langsung dari kunci jawaban negaranya. Hehehe.

Sippppp, tuh tips mau UAN-nya...

Jangan pernah menyerah, ya...

Selamat belajar buat UAN...

Semoga hasilnya lebih bagus daripada hasil yang saya dapat.

Amin.

(Ark.Jan’08)