Niat Tulus Suci pun Tergagalkan

Uh. Gini nih. Kaya gini nih. Kapan dunia pendidikan bisa maju????

Hehehe.

Lebai dah ah.

Jadi gini ceritanya. Lagi bete aja niat tulus suci untuk kuliah pagi terhalangi pelaksanaannya karena dosen tidak memfasilitasi. Ghiehehehe.

Udah beberapa minggu ini bawaannya ngantuk mulu tiap pagi dan tiap kali jan kuliah. Hehe. Alhasil beberapa minggu ini saya jadi orang fiktif di kampus. Tanda tangan absennya ada tapi batang idungnya ga ada. Masalah tanda tangan sih gampang aja. Saya nggak perlu ngtraining teman-teman saya yang baik hati buat malsuin karena tanda tangan saya (paraf, maksudnya) sangat-sangat-sanagt gampang untuk ditiru sehingga tanpa saya komando lagi, kalau pagi-pagi saya nggak ada, teman-teman saya udah cukup tau diri untuk segera mengisi kolom tanda tangan saya. Hoho. Tapi masalahnya sebagai mahasiswa yang baik dan bertanggung jawab, agak nggak enak aja gituh.

Bukan nggak enak sama mereka atau sama dosennya (bodo amat, hehe. Yang penting uas bisa), tapi nggak enak aja gituh kalau nanti utang catatan saya jadi banyak. Mahal gitu, bo fotokopi catatan orang. Heuheu. Mau nyalin juga pegel. Belom lagi saya juga sulit percaya dan ngerti catetan orang lain (sebenernya saya juga nggak ngerti sih sama apa yang saya catet sendiri, secara juga tulisan saya buruk rupa. Seminggu setelah dicatet saya juga lupa urek-urekan super nggak jelas itu dibacanya apa. Hehe). Udah gitu ada beberapa mata kuliah pagi yang nggak bisa nitip absen coz sama dosennya diabsen satu-satu mpe anaknya ngacung gitu, kalau udah 4x nggak masuk bisa nggak ikut uas.

Oh tidak, cukup Komputer aja yang ngulang tahun depan soalnya saya udah bolos 4x (praktikukmnya di kampus DIII, jauh banget gitu dari Nangor. Praktikumnya di Dago. Bheuh, pas lagi nggak ada duit mulu, bolos deh. Sebenernya males aja, kan kalo niat mah minjem duit juga jadi. Pacar saya juga sering sukarela minjemin 20rb buat ongkos saya. Hehe. Emang ngga niat aja intinya), ya udah karena absen saya di matkul itu udah 2x (sebenernya udah 6x juga nggak masuk pagi, tapi 4x sisanya dosennya ga ada), datenglah itu saya pagi-pagi.

Bangun aga pagi. Mmmm, 15 menit lebih awal, maksudnya. Udah gitu udah mikir mateng-mateng, kuliah engga ya, kuliah engga ya (yang akhirnya 15 menit itu ngga berguna soalnya dipake buat mikir2). Terus rebus air, nyetrika, makan, mandi. Terus naik ojek. Nah udah niat tulus suci banget plus bermodal, kan??? Pokoknya yang biasanya kelar mandi itu baru jam 8, nah di minggu ini saya kelar mandi jam 07.45. Berangkatnya yang biasanya jam 9.20, di minggu ini jadi jam 7.55 atau 8.05. Tuh udah niat banget kan kuliah jam 8 nya? Biasanya kan ikut kuliah jam setengah 10.

Nah, jam setengah sembilanan saya nyampe di lantai 3, ternyata dosennya belom dateng. Biasanya dosennya dateng antara jam 8.15-8.55 sih, makanya saya masih anteng nungguin. Tapi tunggu punya tunggu, jam 8.45 ada sms ke Ketua Kelas, katanya disennya ga masuk hari ini!!!!!!!! Ugghhhhhhhh!!!!! Niat tulus suci gueeeeeee....!!!!

Itu nggak cuman kejadian satu kali tuh. Udah dari hari Kamis sampai hari Rabu itu keulang mulu. Kan sebbbbbbbbbbbbelll. Niat tulus suci gueeeeee!!!!

Nah kalo giliran kemalesan saya turutin, eh dosennya ada. Ngasih tugas pula. Ngasih kuis juga. Ugh. Esmosi deh ekeh.

Sebenernya nggak niat untuk males dan ngantuk juga sih. Kebetulan aja tiap malem ada tugas yang harus dikerjain. Tugasnya aba tapi sebagai anak sekaligus sekretaris yang baik, hiks saya lah yang harus mengerjakannya dan mengirimkannya lewat email dan cuman dikasih waktu satu malem buat nyelesein. Ngerjain tugas bisa ampe jam 12 malem. Ngantuk banget. Sumpah. Bisa gila lah.

Terus lagian juga matkul semester genap ini beneran bikin males. Dari materinya, dari dosennya, dari tugasnya. Waktu semester satu kemarin sih dosennya wedan semua. Tugasnya juga bikin mikir dan bikin pegel dan bikin mahal soalnya harus ngeprint mulu.

Nah beda banget sama yang sekarang. Senin, Statistik jam 8. Dosennya bikin Statistik nambah pusing. Enakan dosen Statistik yang semester kemaren. Nggak jamin lagi deh semester ini bisa dapet A lagi buat Statistik. Eugh. Siang jam setengah sepuluhnya ada Sistem Budaya Indonesia. Sebenernya ceramah si dosen itu ada meaningnya. Tapi dikit banget. Dua jam itu cuman buat jelasin Teori Integrasi Konsensus-nya Talcott Parson sama Teori Konflik. Doang. Garing. Lammmmma banget. Malah dia juga pernah cerita bedanya Sistem Budaya Indonesia dan Sistem Budaya di Indonesia selama 2 jam. Yaudah, jam sebelas atao abis tanda tangan saya cabut, pura-pura pipis padahal ga balik-balik. Nungguin dosennya keluar jam setengah dua belas di kantin terus ngambil tas yang ditinggal di kelas. Hehe.

Selasa, yang jam 8 DDIA alias Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Dosennya yah gitu deh. Nggak bisa nitip absen. Neranginnya sih enak tapi ya masalahnya kuliah dia itu jam 8 dan nggak bisa nitip absen. Nggak boleh telat, lagih. Padahal dia juga kalo telat naudzubillah dan sering nggak ngajar. Yehhhh. Nggak ngajar pas gue lagi niat tulus suci kuliah. Jam setengah sepuluhnya Sistem Ekonomi Indonesia. Nah, ini rusak banget nih. Dosennya sering jadi dosen di seminar skripsian gitu. Udah gitu dia sering jadi penguji sidang skripsi. Heuheu. Ditinggalin deh kita. Tapi ya nggak ngaruh juga. Selama kuliah saya cuman nyatet 3x. Selain karena dosen itu sering nggak masuk, ya karena yang diteranginnya juga itu-itu lagi. Saya kira saya dejavu doang, ternyata kalau saya buka catetan saya yang lalu, lahhhhhh ternyata saya mencatat hal yang sama. Haha. Selanjutnya jam setengah 12. Ini dia mata kuliah yang paling paling paling paling penting dalam sejarah. Nothing but it. PHI I. Pengantar Ilmu Hubungan Internasional I. Hore hore hore. Ceramahnya sih asik banget, serius. Yang nggak asik sih teks buk sama ujiannya, hehe. Tapi esensi kuliah saya ya ini. Dosen tercintanya bilang, “Udahhhh…ngga usah pikirin mata kuliah yang lain, belajar aja PHI, yang laen mah lupain…”

Hehehe.

Hari Rabu ada Sistem Hukum Indonesia jam 8 dan Kewarganegaraan jam setengah sepuluh. SHI cukup penting karena ada catetannya (kalo keseringan bolos bisa mampus gue, abis dah duit buat fotokopi catetan) tapi sayangnya ditaro jam 8 jadi saya sering bolos dan sebaliknya, Kn sangat sangat sangat nggak penting karena kita cuman disuruh presentasi dan sayang seribu sayang, dia ada di jam yang saya udah siap berangkat kuliah. Bolos dah jadinya hari Rabu. Dateng jam setengah sepuluh (setengah sepuluh lewat dua puluh lima menit) di kampus tapi nggak naik ke kelas. Hehe. Cari anak bolos juga di kantin.

Kamis ada Sistem Politik Indonesia jam 8 dan Bahasa Inggris jam setengah 3. Sispolin penting lah, ya…lagian dosennya top banget tapi sayangnya ditaro di jam 8 jadi aga-aga susah buat bangun heuheu. Tapi kalo matkul ini saya cuman bolos 2x, itu juga karena emang lagi ke Jakarta, bukan karena tidur. Ini mah niat. Beres mandi jam 07.40 terus ngga sarapan, jam 07.45 nya berangkat. Lanjut, Bahasa Inggris atau populernya EFIR (English for Intl Relation) itu dosennya sangat sangat sangat sangat top abis tapi sayangnya ditaro jam setengah tiga. Heuheuheu. Kalo nggak kebablasan tidur siang ya baru dateng kuliah. Heuheu. Lagian karena di matkul ini nggak ada absensi dan tugas kita cuman nonton film terus ngereview, ya sudahlah...anggap saja saya jekpot kalo dateng. Hehehehehe.

Ya gitulah. Semester depan lagi kayanya baru giat coz ada dosen killer yang siap mengocok. Ya semoga aja kebiasaan buruk semester ini agak sembuh lah ya di semester depan. Heuheu. Kalo nggak kan gimana dunia pendidikan kita bisa maju???
hehehehe (padahal dari SD sih saya girang banget tuh kalau jam pelajarannya kosong. Ngarep mulu, malah).