Beyond Kindergarten and HILITE…

Tanggal 21 Juni kemarin saya ngeMC di acara pelepasan TK punya temen ibu saya. Saya juga punya TK sebenernya tapi acara pelepasannya bukan acara panggung gitu. Rencananya mau piknik. Tahun ini udah kedua kalinya saya ngMC di acara pelepasan TK si ibu ituh. Tahun kemarin saya juga ngMC di situ, tapi bukan jadi MC pusat, cuman jadi MC di bagian Lomba Mewarnai, jadi paling cape nya cape panas, cape nyemangatin anak-anak yang ogok, cape ngejaga mood anak-anak, cape berdiri 2 jam.NgMC nya bertiga, ada Bu Isye sama Om Denny.

Nah, tahun ini Lomba Mewarnainya nggak ada, udah gitu Oom Denny baru nikah jadi ajah saya ngMC di acara pusat sama Bu Isye. Acara panggung. Catat, panggung dengan 11 penampilan tari, 4 penampilan menyanyi, 2 penampilan solo keyboard, 1 penampilan solo drum, 1 penampilan fashion show, 1 puisi, 1 operet, 3 sambutan, 1 pembukaan, 1 pembacaan Qur’an. Oia, ada gladi resiknya juga!!! Hoho. Cape banget. Dari jam setengah satu siang sampe jam setengah lima sore. Berdiri mulu. Hehe.

Seneng, sih. Lagian lucu aja liat anak-anak imut, mungil, kecil gitu lenggak lenggok nari, nyanyi, baca puisi, fashion show, main operet, baca Quran. Gemessssssss. Pinter amat ya mereka. Centil banget, nggak laki-laki, nggak perempuan. Udah gitu mereka itu sama sekali nggak nyontek. Jadi ya gerakan di depan itu gerakan murni dari mereka. Kalo nggak apal mereka ngarang sendiri. Pokoknya goyaaangggggg. Hahaha. Walopun semua temennya nengok ke kiri, tapi kalo kata dia mah ke kanan ya dia ke kanan aja, nggak peduli sama yang lainnya. Berprinsip ya…heuheu.

Tanggal 26 April saya ngMC di Makrab jurusan saya, HILITE. Itu juga cape. Bangettttttt. Dari jam tujuh malem mpe sekitar jam setengah satu malem. Berdiri mulu juga ituh. Udah gitu David yang bikin rundown nya juga gila, masa slot saya buat tampil banyak banget dibanding sama slot tiga MC lainnya. Suara tenggorokan abis banget buat teriak-teriak. Waktu itu masih bisa bertahan mpe akhir dengan suara keras gara-gara pake suara diafragma. Tapi lebih capeeee.

Tapi tetep seneng soalnya penontonnya bisa diajak rame. Disuruh tepuk tangan nurut, disuruh sorak-sorak nurut, disuruh diem nurut, disuruh ke depan nurut, disuruh makan lebih nurut lagi. Hehe. Trus pengisi acaranya juga bisa ngebawa acaranya dengan sukses. Wah intinya mah HILTE keren banget lah, terutama saya dan David. Hahaha (ini muji David soalnya David pasti baca blog inih).

Ada beberapa perbedaan antara ngMC orang gede dan anak kecil. Kalo di HILITE itu rundown tepat banget, menit-menit yang kita rencanain itu tepat waktu soalnya orang gede bisa diatur dengan nurut. Lima belas menit sebelum tampil harus udah di belakang panggung dengan siap. Nah, kalo ngMC anak kecil itu harus ekstraaaaaaaaaaaa sabbbbbbbbbbbbbbbbbbarrrrr. Beberapa kali acara penampilan molor dan dituker soalnya anak-anak belum pada siap. Ada yang udah semangat, ada yang udah bete, udah lemes, udah tergoda lari-larian di ruangan sama temennya, ada yang masih didandanin mamanya, ada yang bajunya ilang penitinya, ilang talinya, mahkotanya ilang, cari bendera dulu, minum dulu, wah ngaturnya lama. Enggak mungkin marah kan, ya...jadi ya akhirnya ngulur waktu dulu di depan, ngobrol sama Bu Isye, cari objekan buat ditanya-tanyain, minta Nurul (anaknya Ibu yang punya acara, penyanyi) nyanyi dulu dua lagu atau satu lagu, intinya pinter-pinter cari siapa yang bisa dijadikan korban.
Trus susahnya lagi kalo ngMC di acara TKK itu susah ngumpulin fokus mereka ke panggung. Nggak cuman anak-anak aja yang susah diatur, tapi ibu bapaknya juga. Wadddduhhhhhhh. Garila. Ada yang ngobrol, lari-lari ngejar temennya dan dikejar ibunya. Haha. Ribut aja pokoknya. Kalo ngMC orang gede kan, suruh aja tepuk tangan ato tanya suaranya, hehehe. Pasti fokusnya dateng.

Oia, yang paling bikin cape kalo ngMC anak kecil itu adalah durasi mereka tampil itu sebentar banget. Baru juga naro mikrofon lahhhh udah beres lagunya buat nari. Belum sempet cari minum ehhhhhh udah beres puisinya. Heuheuheu. Nggak bisa istirahat. Kalo waktu di HILITE kan masih bisa nikmatin penampilan di depan, walopun dari belakang panggung dan dengan perasaan siaga menuju acara selanjutnya.

Emmmmh tapi intinya nggak ada yang nyebelin dari dua acara yang segmen dan pengisinya beda jauh itu. Semua punya keunikan masing-masing yang bikin seneng di tengah cape. Legaaaaaaaaaaaaaa banget pas beresnya. Tinggal menghapus make up aja yang bikin sebel. Heuheuheu.