From Anak Gila with Love

Jumat ini akhirnya jadi juga main sama geng SMA dan alhamdulillah setelah sekian tahun gitu, kali ini ngumpulnya full team, ada saya, Astrid, Meru, Bees, Widya, Panca, Prina, si gadis-gadis pojokan. Tempat ngumpulnya masih di spot biasa, yaitu food court BIP, daerah sekitar jalan Bali-Kalimantan yang kali ini karena sekolah lagi libur makanya batal nongkrong di kantin sampai magrib dan akhirnya diganti nongkrong di lapangan PLN Jalan Bali yang biasanya suka ditongkrongin anak 5, dan terakhir habis solat magrib di masjid Al Kautsar kita makan lagi ke Gampong Aceh yang di Dago bawah. Ngumpul kali ini diselenggarakan untuk menyambut ulang tahun Bees tanggal 24 Maret, yaitu Sabtu besok, dan untuk melepas kepergian Astrid bekerja di Tangerang. Bees juga sebelumnya kerja juga di KPMG *itu loh kantor akuntan internasional yang di Jakarta mah kantornya di Semanggi* cuma sekarang udah resign soalnya katanya cape pulang pagi melulu. Anak gila dasaaarrr. Orang lain susah nyari kerjaan, dia mah cape langsung resign mentang-mentang tabungannya udah banyak. Hahahaha. Ngumpul kali ini juga akhirnya disponsori oleh Bees *setelah diledek-ledek belum traktir gaji pertama tapi udah resign aja.*

Hmmmm, alhamdulillah seneng bangetlah hari ini bisa ngumpul lagi sama orang-orang yang udah barengan sejak kelas 2 SMA. Kayak apa ya rasanya...Hmmmm...oase gitu kali ya. Seger gitulah di tengah kepenatan yang ada. Hahay. Nemu tempat yang paling yoi banget ngerti masing-masing dari diri kita. Saling menertawakan kebodohan, kekonyolan, dan kelakuan dengan ledekan-ledekan yang sama sekali nggak bikin bete. Punya tempat buat mengenang masa-masa SMA yang waktu dulu kita jalanin sih kayaknya biasa aja tapi pas dibandingkan dengan kehidupan kita sekarang yang berada di luar lingkungan SMA, wih ternyata apa yang kami punya zaman dulu tuh berharga banget. Dan kalau saya inget-inget, setiap kali saya habis main sama temen geng saya secara full team, ujungnya saya bangga bersekolah di SMA saya. Bukan soal prestise semacam "Waaahhh lu anak 3? Wiiiiihhhh," yang selalu dialamatkan kalau orang tahu saya sekolah dimana, tapi satu hal yang tadi terbongkar waktu lagi ngobrol (ngomongin teman),

"Eh, si Diva apa kabarnya?"
"Eh iyalah gimana dia? Akhirnya kan ngambil yang ITB-nya itu kan?"
"Ah, iya ya? Saya nggak pernah ketemu dia deh kayaknya. Eh, mmmm, pernah pernah. Iya pernah."
"Si orang misteriuslah hahhaa. Banggalah kalau udah disapa dia. Haha."
"Iya dia kan anaknya misterius ya. Kirain nggak tahu nama-nama kita,ternyata tau hihi."
"Iya kasian juga dia sering dituduh sama Bu TDL suka bolos."
"Iya padahal kan dia cuma suka keluar kelas aja kalau dia udah beres ngerjain soal. Pinterlah dia mah."
"Eh, si Acim katanya mau jadi dosen ya?"
"Oh gitu? Cocoklah cocok. Udah keliatan."
"Waakakakakakakakak. Iya hobi dia mah ngajarin orang."
"Mana kalau ngajar juga dari A sampai Z. Cim plis cimm yang bagian awal mah kita udah ngerti. Yang belum teh yang tadi dijelasin sama si Bapak."
"Terus Acim teh bakal bilang, 'Iya tapi ini teh dasar-dasarnya. Kalian harus saya ingatkan supaya bisa mengerjakan soal yang tadi'."
"Hahahaha. Iya, soklah mangga terserah Acim aja."
>> kemudian ngomongin A, B, C, D, E, F, G, ..., AB, AC, ...BZ, .., ZA hahaha banyaaakkk, kemudian kesimpulannya,
"Gila ya temen kita banyak bangetlah yang kelakuannya kocak gitu pas SMA. Ada aja gitulah.Hahaha"
"Lingkungan kita tuh baik banget, tau."

Itu kata-kata paling quotable hari ini, "Lingkungan kita tuh baik." Sepertinya satu hal itu juga yang membuat saya ngerasa ada sesuatu yang berbeda antara suasana yang pernah saya rasakan di SMA dengan suasana-suasana lain yang saya perhatikan. Apa ya...hmmmm. Di SMA saya anak-anaknya sama kok sama kayak anak-anak lain. Ada yang alay, yang galau, yang preman, yang ngebokep wae, yang naik gunung, yang dugem, yang itikaf melulu, yang nerd, yang suka bolos, yang full make up, yang cupu, yang jago debat, yang suka membully, yang gordes, yang manja, yang ganteng, yang unyu, yang sok, yang sombong, yang borju, yang cantik buangeeett, yang public enemy, yang tiap istirahat selalu pacaran, dan yang suka ngerebut pacar orang juga ada kok *nafaaas apiiiii*. Ya sama ajalah seperti remaja pada umumnya. Bedanya, lingkungan yang mengitari orang-orang di sekolah saya adalah lingkungan yang memberi kesadaran tanggung jawab belajar. Feel sekolahnya itu dapet banget gitu. Bolos itu fenomena yang nggak bisa dihindari, apalagi buat anak-anak geng tertentu. Tapi mereka bolos bukan karena malas yang pure malas. Mereka bolos karena mereka nggak bisa belajar dalam kondisi yang terdapat di kelas. Yang mereka lakukan ketika membolos juga bukan sekedar merokok, apalagi manggilin cewek-cewek di tepi jalan, tapi belajar. Seriusan, mereka belajar, bahkan sampai larut malam nongkrong itu mereka belajar. Hmmm, persoalan seperti nyontek juga ada, tapi ini nyontek yang tidak gratis. Bukan dalam hal bayar pakai uang, tapi pakai kelebihan lain. Misalnya, saya nggak suka fisika dan nggak bakal mau suka dan paham sama fisika, tapi saya suka biologi dan bahasa. Kalau saya disuruh ngerjain fisika, saya mending ngeliatin foto Lee Min Ho. Karena saya nggak berminat sama fisika, ya bisa ngerjain sih tapi dikit aja, sisanya ya pasti saya nyontek. Saya nggak bakalan ngerasa bersalah sama pencontekan yang saya lakukan soalnya saya bisa bayar contekan fisika itu di mata pelajaran lain. Silakan kalau mau nyontek biologi saya, bahasa indonesia saya, bahasa inggris saya, atau tugas-tugas yang berkaitan dengan pembuatan makalah. Guru juga paham sama kelebihan dan kekurangan murid. Mereka tahu kok mana yang menyontek, mana yang engga, kemudian berusaha mencari jalan keluar bagi yang menyontek. Tapi ya kalau sudah mentok ya bagaimana lagi. Mereka percaya bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan yang bisa ditutupi dengan kerja samanya dengan orang lain. Itulah, lingkungan. Saya bangga sekolah di sana bukan karena saya bakal dianggap pintar oleh masyarakat, melainkan karena di sana saya mendapat lingkungan yang baik yang mengajari saya bertanggung jawab menjalankan peran saya sebagai pelajar di tengah gejolak labilitas remaja.

Tanggung jawab tuh hal yang paling penting, sih kata saya. Dan tanggung jawab juga sih yang akhirnya mengantar saya dan teman geng saya jadi orang yang seperti ini. Seperti apa hahhahahhahahahhahahaha. Entah jadi seperti apa sih, saya juga bingung hahahahhaha tapi ya saya senang aja pernah merasakan atmosfer yang demikian kemudian sekarang saya menyaksikan teman-teman saya jadi gadis berusia 23 tahun. Seneng juga Astrid akhirnya dapat kerjaan di luar kota, di tempat yang baru, yang jauh dari Tante Lilis dan Oom Ego. Seneng juga akhirnya memang agak-agak terungkap bahwa tabungan Bees banyak. Seneng juga Prina, Amel, Widya, Meru, Panca belum lulus jadi saya masih ada teman hahahaha. Lebih seneng juga tadi waktu ngomongin teman-teman seangkatan dengan info terupdate hahahaha. Intinya mah senenglah nongkrong sambil ngomongin orang teh. Hahahahaha. Tapi ini ngomongin yang baik dan masa-masa dulu kok. Ikikikikikikikikikik. Yasudahlah hari ini menyenangkan dan semoga di pertemuan berikutnya yang entah kapan akan jauh lebih menyenangkan :D