Mahasiswa

MAHASISWA!!
Yeah, entah kenapa, saya baru merasa bangga, senang, dan cinta banget sama kata "MAHASISWA" beberapa hari terakhir ini. Ya, beberapa hari terakhir yang jangan disalahartikan sebagai satu atau dua hari lalu tapi beberapa ratus hari yang lalu dan berlangsung sampai sekarang, yang saya habiskan dengan mengetik skripsi dan nongkrong sama teman-teman saya.

Ah, gila hidup saya benar-benar lagi berada di titik yoi banget. Kayaknya ini momen yang bakal saya ingat seumur hidup saya sebagai momen yang paling menyenangkan. Yah, walaupun kalau dilihat dari kacamata para motivator muda sih hidup saya kayaknya wasting time banget.

Saya udah bilang, kan di beberapa posting lalu kalau saya hidup berdasar pesenan sms? Bisa sms reminding jadwal ngajar, bisa juga sms ngajakin ke kampus. Iya, sampai sekarang masih begitu juga kok. Jadi sekarang jadwal saya begini,


  • Senin : Ngajar jam 3-6 sore, berarti sebelum jam 3 saya bisa jadi ada di kampus atau di rumah. Kalau di rumah, berarti saya mengetik sambil diselingi nonton serial antara Big Bag Theory, How I Met Your Mother, Grey's Anatomy, atau Good Wife, nah kalau di kampus berarti saya ngetik sebentar kemudian makan siang di Pedca sampai jam setengah 3. Malemnya bisa langsung pulang ke rumah atau nongkrong lagi di Che.co atau kosan yang bisa disatroni semacam kosan Bos Riri atau Kalatea yang dihuni Gigih, Ari, Solpa, Febe, Fahmi, Rendy, Candra. Kalau pulang ke rumah, berarti saya ngetik skripsi atau bahan ajar esok hari diselingi dengan nonton serial atau bisa juga saya internetan, bisa facebook, twiter, yang keduanya bisa dipake untuk kepo secara random, yang dimulai dari orang yang ada di news feed kemudian siapa pacarnya, siblingsnya, temennya, pacar temennya, orang tua temennya, dan seterusnya samapi saya nggak tau saya udah ngepoin siapa aja. Hmmm atau YM-an, nah ini pasti partnernya adalah Ayi, Dewa, atau Remon, yang nantinya dilanjut dalam bentuk konferens. Saya tidur antara jam 1 atau jam 2. Kalau konfrens bisa jadi sampai jam 3, tapi itu kalau besoknya ngga ada ngajar pagi.
  • Selasa : Ngajar jam 8-11, kemudian ke kampus masuk kelas Bu Junita jam 1 sampai selesai, yang kemudian bisa dilanjut bimbingan sampai malem atau bisa juga nggak bimbingan karena saya udah lapar. Bisa pulang ke rumah atau nongkrong di kosan Bos Riri, makan di Pecel Lele Vidya.
  • Rabu : Ngajar jam 3-6. Bimbingan sampai jam 10 malam di kampus.
  • Kamis : Ngajar jam 8-9.30, 3-6. Selang waktu jam 9.30 bisa dipakai untuk tidur siang di rumah atau mengetik sambil nonton serial atau ke kampus nyari mangsa makan siang di Pedca. Pulangnya bisa langsung pulang atau nongkrong.
  • Jumat : Ngajar jam 9.30-11. Pulangnya bisa jadi ke kampus atau ke rumah dengan pola yang sama kayak hari Senin, tapi berhubung sorenya saya nggak ada ngajar, jadi saya bisa jadi lanjut sampai magrib atau jam 11 malem di nangor. Kalau sampai jam 11 malem, biasanya saya sekalian jemput Bapak dan dua adik laki-laki saya yang latihan Kempo di Unpad.
  • Sabtu : Ngajar jam 9.30-4.30. Ini mah udahannya langsung pulang ke rumah, cynnnnnn!! Cape banget. Kecuali kalau ada hal penting di nangor.
  • Minggu : Di depan leptop seharian. Ini hari bebas sedunia dan kalau nggak kemana-mana (dan saya engennya sih emang nggak kemana-mana), saya nggak bakal mau mandi. Namanya juga hari bebas. Capelah mandi melulu dari Senin sampai Sabtu.
Dari sekian banyak jadwal hidup saya itu, yang paling bikin otak mikir tentu saja ngetik skripsi dan menyiapkan bahan ajar. Menyiapkan bahan ajarnya itu lohhhhhhh. Saya lagi mikir gimana caranya ini bocah-bocahnya nilainya naik, nih. Bahan sih saya punya banyak banget, donlotan soal sama buku ada kali hampir segiga haha, tapi masalahnya ya itu sih, mencari cara supaya bahan-bahan itu bermakna buat mereka.

Hmmm, kalau untuk skripsi sih mood-moodan sebenernya. Kalau lagi banyak ide, ya lancar ngetiknya, tapi kalau lagi masih dalam tahap penyusunan ide ya diem aja di depan leptop baca bahan, ngetik di notepad, apus lagi, baca, ngetik, apus. Hmmm, sejauh ini bab 4 dan 5 saya udah beres, tapi itu masih tahap obyek penelitian. Pembahasan mah baru masuk ini di bab 6 yang sedang saya pikirkan dan nanti di bab 7 kalau saya udah ke Singapura.

Revisi UP juga belum saya kasihin ke penguji euh hehehehe. Kemarin itu kan cuma direvisi bagian format penelitian terdahulu sama hmmm bikin satu subbab tentang peranan negara tuh. Udah beres, sih, tapi males aja ngasih ke dosen pengujinya. Kemarin-kemarin sih saya janji ke diri saya sendiri buat ngasihin itu revisi pas udah beres bab 4 dan 5, tapi ya okelah minggu depan aja kali ya sekalian ngurus surat penelitian ke NUS, ISEAS, TRC. Bzzzttttttt. Ah, pekerjaan sebenernya banyak ya, tapi saya aja yang nggak punya target untuk terburu-buru mengerjakannya. Eh, engga ding! Tadi malam saya udah punya target! Tadi malam saya baru tahu kalo Jang Geun Suk udah bikin drama baru. Nah, kalau kemarin target saya UP adalah demi segera nonton Lee Min Ho di City Hunter, berarti target saya untuk sidang skripsi adalah demi segera nonton drama terbaru Jang Geun Suk! Uh yeeaaahhh! Alhamdulillah saya punya terget juga akhirnya ya Allah. 

Hmmm, baiklah. Pola hidup saya ini emang jelek banget sih, tapi heyyyyyy ini saat-saat terakhir jadi mahasiswa S1, single, tanpa beban, punya banyak teman (yang juga jomblo) yang tentu momen-momennya penuh makna. Beberapa bulan lagi, hufffff hal-hal kayak gini hanya tinggal kenangan. Ya sudahlah, mari kita mengetik lagi sekarang dan HIDUP MAHASISWA!!!!