Store Tour Mc'D





Ada yang tau apa maksud judul di atas?

Atau bahkan ada yang pernah ikutan?

Bingung kenapa ada foto anak-anak bawah umur yang lagi berpose di balik kasir Mc'D?

Bingung kenapa kuartet F4 versi betina itu memakai celemek Mc'D?

Hmmm...

Mari kita cari jawabannya di postingan kali ini.

Store Tour Mc'D adalah kegiatan Mc'D. Ya iyalah, jelas, obviously written gituh -wedan, ini istilah muncul dari mana...?artinya apa, artinya apa? Hehe- . Jelasnya lagi, STMc'D ini adalah pengenalan Mc'D ke masyarakat luas. Pengenalannya kayak kita diajak tahu gimana sistem kerjaan dan shift di Mc'D, gimana proses bikin ayam crispy, gourmet, burger, gimana cara ngukur produktivitas karyawan Mc'D, gimana gudangnya Mc'D, dan hal-hal lain yang...Mc'D bangetlahhh!

Nah, bagian masyarakat yang diajakin Mc'D untuk ikutan Store Tour ini adalah pelajar. Satu lagi, gratis! Suer. Nggak percaya? Ya ampunnnn, beneran...Udah gratis, kitanya juga diajakin kok. Jadi nggak selamanya perlu pasang tampang sok minta belas kasian gitu ngerengek-rengek minta ngikut STMc'D. Masih nggak percaya? Nih, buktinya kemarin geng saya ditawari buat ikutan Store Tour Mc'D waktu kita lagi asik-asiknya heboh makan sambil gosip di Mc'D BIP.

Nah, karena kemarin geng saya yang gila ini diajakin Pak Sahri, Manager Mc'D BIP buat ikutan Store Tour, makanya kita bisa mejeng ke dalem-dalemnya Mc'D dan pake celemek Mc'D.

Gimana ceritanya tuh?

Kita juga nggak sengaja sih sebenernya. Pulang UAS Komputer (UAS jam 8 dan jam 8.15 kita semua udah keluar. Entah karena soalnya gampang atau kitanya yang nggak niat sekolah...) ada yang tiba-tiba inisiatif buat beli ice cone sama paket 5454 (hihi, irit). Sekalian mau bayar utang nraktir anak-anak kelaparan dari Zimbabwe ini karena udah tiga kali menang lomba tapi belum sekalipun memberi kontribusi pada septictank mereka masing-masing, yaudah saya ngikut. Naiklah kita ke angkot Kalapa-Dago dan berhenti di Mc'D dan makaaaaaaannn.

Setelah kita selesai makan, kita nggak langsung cabut, ya biasalah ngayal nggak jelas ngalor ngidul. Pas lagi asik-asiknya ngayal, tiba-tiba ada orang yang ngehampirin kita. Wih, kaget juga, kirain bakal diusir gara-gara terlalu ribut, terlalu lama duduk, dan terlalu murah beli produknya, ehhhhh ternyata kita ditawarin mau nggak ikut STMc'D sekarang juga.

Dasar anak-anak kampring, denger ada penawaran kayak gitu sih ya langsung mau. Iya iya aja pokoknya. Kita langsung ngikut Pak Sahri ke bawah dan diajaklah kita ke sudut-sudut Mc'D.

Tempat pertama adalah ruang administrasi. Ini semacam kantor kecil gitu. Oia, tas kita dititipinnya di situ. Di tempat ini Pak Sahri njelasin ke kita pembagian shift karyawan Mc'D, apa tugas-tugasnya, dan tentang magang di Mc'D. Kata Pak Sahri, di tiap Mc'D itu ada leader yang ngatur hari ini masak berapa ayam, ngeluarin berapa sambel, dan lain-lain pokoknya yang berhubungan sama orderan makanan. Dia bertanggung jawab supaya makanannya cukup untuk pengunjung dalam satu hari. Nggak kurang nggak lebih. Terus tentang magang, sekarang Mc'D lagi mbuka program magang khusus buat mahasiswi. Ingat, mahasiswi!

Beralih dari sana, kita masuk ke dapur. Ada french fries atau kentang Prancis (dinamain gini gara-gara cara motong kentangnya ala Prancis) yang ternyata diimpor dari Amerika dan kita di Indonesia -tentunya di negara lain juga- cuma tinggal goreng. Waktu kita tanya kenapa nggak pakai kentang Indonesia, kata Pak Sahri untuk menjaga citarasa dan lagian, kentang Indonesia kurang memenuhi standar syarat.

“Sebenarnya ironi juga ya, padahal Indonesia sendiri punya hasil pertanian yang banyak,” kata Pak Sahri.

Bener, Pak!

Kita juga liat ayam-ayam. Untuk ayam, ayam yang dipakai udah lokal. Pusatnya ada di Jakarta. Jadi orang Jakarta ngirim ke Bandung dan daerah lain. Ayam itu dikirim setelah dibumbui, istilahnya mayanasi gitu yah kalo nggak salah. Pokoknya istilah itu artinya membumbui ayam dalam keadaan mentah. Selain ayam mayanasi yang dipasok dari pusat, tepungnya juga dipasok dari pusat. Katanya, lagi-lagi untuk menciptakan citarasa yang khas dan nggak bisa dicontek. Ayam di Mc'D di'goreng' dalam Palm Ollen Solid atau minyak sawit padat di atas Henny Penny alias Fryer Pressure dengan suhu 135 derajat celcius selama 12 menit. Hmmmm. Untuk ayam crispy, ayam digoreng dengan tanpa tekanan udara atau secara kasat mata sih kita ngelihatnya digoreng tanpa ditutup. Maksudnya supaya bisa kering. Kalau ayam yang reguler, dia di'goreng' dalam keadaan tertutup supaya dagingnya tetep basah. Oia, sistem Fryer Pressure ini pake thermostat. Sial, fisika lagi fisika lagi.

Selain lihat ayam, kita juga liat spaghetti, gourmet, dan burger in process. Hmmm, laper lagi deh.

Ada satu hal yang baru banget kita tahu, ternyata sangkaan kita kalau Coca Cola Mc'D itu udah ada soda dari sananya adalah salah! Jadi sebenernya mereka cuma punya sirup Coca Cola aja, nah si sodanya itu mereka 'ciptakan' sendiri lewat campuran CO2 dan air. Lewat lika liku pipa pipi di dapur, coca cola atau fanta dalam tabung dihubungkan dengan tabung CO2 dan pipa air dan akhirnya lewat tekanan gas CO2 itu si coca cola bisa nyampe ke depan dalam bentuk yang kita kenal. Pantes aja ada beda rasa antara Coca Cola beli di Griya sama beli di Mc'D. Ternyata jawaban kenapa di Mc'D jauh lebih seger adalah karena sodanya fresh from the oven!

Setelah kita puas tanya-tanya di dapur dan kenalan sama orang-orang Mc'D, perjalanan berlanjut ke gudang penyimpanan! Huraaaayyyy. Agak jauh juga nih dari Mc'D. Gudangnya itu ada di basement. Wahhhh, kayak sarang mafia aja. Hehe.

Ada dua gudang tapi masih sama-sama gudang pemdingin. Yang satu suhunya -13 derajat celcius buat nyimpen daging, kentang, dan aduh lupa euy dan satu lagi suhunya 0 derajat celcius buat nyimpen ayam, keju, susu, bla bla bla lupa. Kita masuk loh ke dalaem gudang es ini. Hiiiii, dingin banget! Dan licin! Wah, ati-ati tuh. Sempet ngayal juga nih saya, gimana kalo kejadian di film jadi kenyataan..hehe..yang kekunci di lemari pendingin, hehe. Wah, untung aja khayalan saya nggak kejadian. Mati aja tuh. Dingin banget!!!!

Setelah puas ngiterin gudang, balik lagi ke Mc'D atas, kali ini lihat proses pelayanan. Ohhhh, ternyata di mesin kasirnya ada banyak tempelan kode makanan. Terus di sana juga ada timernya buat ngukur keproduktifan para karyawan Mc'D. Kita juga jadi tau cara kerja kasir, gimana masukkin kode makanan dan gimana kalo ngecancel pesenan. Hmmm, ribet.

Perjalanan selama 45 menit pun berakhir di sini. Tas kita dibalikin dan kita dapet pengalaman baru dari Store Tour Mc'D. Hummmmm, lumayan....

Buat temen-temen yang penasaran sama Store Tour, asalkan kalian masih berstatus pelajar dan minimal ada empat orang dalam rombongan kalian, dateng aja ke kantor kecil Mc'D dan mintalah supaya ikut Store Tour! Hmmmm, asik loooowh!

(Ark.Mei'07)