screen capture idolaku


Setelah 9 bulan mengerjakan 3 bab beserta revisinya, sambil menunggu kepastian tanggal UP, saya kembali lagi berkutat dengan bukuuuu untuk mengerjakan bab 4. Nah, karena bab 4 ini berisi objek penelitian, maka oh maka saya pun mau tidak mau, jadian nggak jadian, suka tidak suka, harus membaca buku tentang Singapura. Namun oh namun, mencari buku yang secara gratisan dan gamblang membahas Singapura itu sebenarnya lebih susah daripada mencari buku teori. Bahkan library.nu sebagai kiblat perbukuan elektronik pun sedikit memiliki buku mengenai Singapura yang saya butuhkan. Nah, oleh karena itulah setelah mengalami tempaan dahsyat dari otak, saya pun melirik jawara kehidupan maya, yakni GOOGLEBOOKS!!! Namun seribu sayang, buku di google books ini ngga bisa diunduh secara mudah, langsung, cepat, dan lengkap serta seringnya juga nggak semua halaman yang kita butuhkan bisa kita akses. Hmmmmh.

Aku pun binun.

Tapiiii...

Itu tak lama!

Ahhhhhhaaa!!!

Aku tahu aku harus apa!!!

Kalau masalah nggak semua halaman bisa kita akses, ngakalinnya sih dengan membukanya di chrome, mozilla, explorer, opera, dan lain-lain. Kalau halaman 78 nggak bisa dibuka di chrome, okeee saatnya membuka di mozilla, dan seterusnya. Tapi ini juga untung-untungan sih. Kalau bisa mah jangan dibuka dalam waktu yang bersamaan. Suka nggak bisa keakses juga.

Keduaaaa, untuk mengatasi pengunduhan yang tak mungkin bisa dilakukan, ya pasti pakai greasemonkey sih. Prinsipnya sih si graesemonkey ini mengubah setiap halaman buku ke dalam format jpg. Ya kitanya juga harus menyimpan setiap page secara manual. Saya lupa stepnya gimana pas mau nginstall si greasemonkey. Cari aja sendiri ya di Google. Nah, masalahnya, greasemonkey teh biasanya cuma keinstall di mozilla, padahal saya seringnya buka web dari chrome. Gimana cara ngakalinnya? Hahahaha ini emang agak tidak lebih canggih dari graesemonkey tapi ini berguna. Kalian mainan screen capture aja. Ada key print screen kan di keybord? Nah, pakai itu aja, ntar simpen secara manual. Nah, kalau kalian bingung gimana cara pakai si printscreen, ikutin saya aja pakai photoscape terus pilih screen capture hahaha. Klak klik deh dari sana. Pokoknya screen capture ini sangat berguna kalau kalian mau nyimpen hal-hal yang sulit diunduh. Hasilnya jadi gini,



Dua gambar di atas kalau kalian pakai capture window

Nah, ini kalau kalian pakai capture region



Selain bisa dibuat 'nyimpen' googlebooks, kalau misalnya kalian mau bikin skripsi atau tulisan yang salah satu datanya harus pakai penggalan video, daripada kalian bersusah payah bertindak cerdas macam mengunduh videonya terus memcah video tersebut ke dalam format yang dapat dipecah menjadi gambar-gambar terpisah, mending langsung screen capture aja dari youtube atau videonya gambar yang mau dianalisis. Hahahhaha. Semua juga udah tau.

Gitu deh pokoknya, selamat mengscreen capture yaaaa... :D

Ark.Nov'11