Satu Jam Kepanikan

Pantesan dari Senin lalu itu otak saya iseng banget mengimajinasikan apa yang terjadi kalau SIM saya hilang. Ah, ternyata beneranlah hari Selasa SIM saya hilang dan saya baru sadar Rabu ini.

Selasa itu saya ada urusan lagi ke Jakarta. Seperti biasa, supaya bisa dapat ID Visitor di kantor yang saya datangi itu, saya harus naro kartu identitas. Harusnya sih KTP ya, tapi berhubung minggu lalu setelah saya mengunjungi kantor itu dan naro KTP juga, saya lupa nyimpan dimana itu si KTP yang minggu lalu keluar dari dompet. Ya sudahlah biar cepat saya kasih SIM saya. Pas saya udah masuk dan saya mampir ke toilet, eh saya baru nemu, deh. Si KTP saya itu ternyata ada di saku tas paling depan. Bzzzzt.

Berbekal kealpaan saya dalam mengingat barang-barang yang berada di luar tempat seharusnya, saya meniatkan diri buat menyimpan SIM saya dengan appropriate sesegera mungkin setelah saya mengambil SIM di front office. Masalahnyaaaaa, di front office itu saya diajak ngomong sama bapak-bapak pegawai. Karena nggak sopan kalau saya ngobrol sambil ngubek-ngubek dompet merapikan SIM, jadi saya asal naro SIM saya aja di ruang dompet yang paling terjamah.

Setelah beres ngobrol sama bapak itu, saya pulang kan tuh. Jakarta udah macet, sih. Nggak ada yang lebih menggetarkan jiwa selain stak di Slipi sampai Semanggilah pokoknya. Untungnya karena saya balik dari sana masih jam 4, saya jadi bisa sampai di pool Primjas jam setengah enam sore. Seminggu sebelumnya saya pulang jam 6 dan baru sampai primjas jam setengah sepuluh malam. Kalau minjem bahasanya si Harris di Antologi Rasa, sih ya thankyouverymuch banget rasanya berada jutaan jam di dalam busway. Nah, karena jam masih menunjukkan waktu yang sangat sore, saya makan dulu di PGC. Senjata utama ya Hoka-Hoka Bento. Rasanya terjamin sama di seluruh Indonesia dan nggak perlu juga cuci tangan. Beres makan, saya nggak langsung pergi. Saya malah melamun sambil bersyukur mengenai status saya yang single ini. Hanya karena status saya single maka saya bisa dengan percaya diri bilang ke orang yang ngeinterview saya kalau saya siap kemana saja. Seneng banget loh jadi seorang manusia yang bisa langsung ngasih keputusan tanpa perlu mempertimbangkan pendapat orang lain slash pacar. Perasaan mandiri itu sungguh asyik rasanya sampai-sampai saya pun tidak merasa diri saya ini kasihan banget makan di Hokben sendirian di tengah belantara ibukota. Oke, saya overlap. Mari kembali ke permasalahan utama.

Iya, pas saya lagi melamun itu, saya inget saya mau beresin dompet yang tadi acak-acakan gara-gara saya nyari KTP nggak ketemu-ketemu. Saya keluarinlah itu isi dompet ke atas meja. Saya sumpah inget banget saya mengeluarkan beberapa kelompok kartu. Kelompok pertama adalah kartu nama, kartu Optik Melawai, dan kartu Prodia. Kelompok kedua adalah kartu MRT yang hijau, kartu LRT Pulau Sentosa, kartu MMC Matahari, Pers ID STaIR, dan kartu Perpustakaan Freedom. Kelompok ketiga adalah kartu NPWP, kartu Mahasiswa slash ATM BNI, dan ATM Mandiri. Nah, berhubung tadi si SIM ini baru dikeluarkan dari dompet dan saya rusuh masukinnya, dia pun jadi sendirian. Harusnya dia masuk ke dalam kelompok kartu ketiga. Niat saya juga emang mau masukin si SIM ke dalam kelompok ketiga.

Saya nggak ngerti saya kedistrak sama apa sampai akhirnya sepertinya saya lupa nggak ngegabungin SIM sama kelompok kartunya. Ah, saya sebel banget deh kalau saya lagi pelupa gini. Berasa ada missing link gitu loh. Gara-gara saya pelupa macem gini, saya kan makin yakin kalau sebenarnya saya ini pasti punya pacar tapi saya lupa. Oh, beb, maafkan aku ya kalau sekarang aku sedang menelantarkanmu. Kalau aku udah inget sama kamu, pasti aku balik lagi sama kamu. Sekarang kamu baik-baik aja ya di sana. Sekolah yang pinter, cari uang yang banyak, posisi karir juga harus kamu tingkatkan, dan jangan lupa solat sama makan ya. I love you. Mmmmmuah. 

Masalahnya lagi, saya lupa saya nggak masukin SIM itu ke dalam kelompok kartu dan tentu saja saya nggak masukin SIM ke dalam dompet bareng dengan tiga kelompok kartu lainnya. Saya lupa dan saya baru sadar hari ini bahwa saya kehilangan SIM, satu masalah kenegaraan yang tingkat urgensinya melebihi urusan pelanggaran batas wilayah ZEE. 

Arrrggghhh, damnnnnnn!!!!

Panik bangetlah. tepatnya sih, pias. Atuhlah. Kalau bapak saya tahu SIM saya hilang, bisa habislah daftar riwayat CVsaya. Belum lagi ribet juga kan ngurus SIM lagi. Soreang itu jauh banget, men dari Cileunyi. Perjalanan dua jamlah pakai motor. Mana saya juga nggak punyalah itu fotokopian SIM. Mana nomor SIM berapa juga saya nggak tahu. Dan plislah, kalau saya nggak punya SIM, gimana caranya saya bisa naik motor bikin laporan kehilangan ke Polsek Cileunyi? Argh, ribetlah.

Saya inget-inget dimana kira-kira saya menghilangkan SIM, ya yang saya inget itu cuma yang saya ceritain di atas itu. Kayaknya di Hokben. Awalnya saya pikir saya bongkar dompet itu kan di rumah, tapi pas saya cek, nggak ada ceceran apa-apa. Dan emang sejak malam saya pulang itu ya saya nggak megang dompet. Malam abis saya sampai rumah jam setengah sepuluh itu kan saya smsan *ciyyyeeeehhh* sama Arman Dhani yah thankyouverymuch dan teman baru saya, si Bangkit, terus nonton Big Bang Theory sama Greys Anatomy, terus ngerjain skripsi sampai jam 1 terus YMan konfrens sama Ayi dan Remon sampai jam setengah empat pagi. Bangun tidur juga saya cuma nyalain leptop buat nyiapin materi ngajar terus saya pergi.. Iya serius saya nggak buka-buka dompet. Ya sudah akhirnya saya yakinkan diri saya kalau saya pasti banget buka domept itu di Hokben.

Karena saya yakinnya di Hokben, saya coba cari nomor telepon Hokben PGC di Google. Alhamdulillah dapat. Tapi ada dua nomor. Nyoba nomor pertama nggak nyambung, nyoba yang kedua alhamdulillah nyambung. Sinyal lagi seret jadi saya bolak-balik nelpon tapi si Mas penerimanya nggak denger saya ngomong apa. Baru pas saya nelpon untuk keempat kalinya tuh suara saya kedengeran. Saya tanya apakah ada SIM nyasar yang tiba-tiba nemplok di nampan. Si masnya bilang dicari dulu. Si masnya pun nanya nomor hengpon saya. Lima menit kemudian, si masnya nelpon. Katanya nggak ada. Atuhlaaaahhhh. Aduh hilang dimanalah jadinya. Bingung aja gitu. Saya yakin sama ingatan saya yang kadang baik kadang buruk tapi akhirnya harus pupus juga. Yasudah saya pasrah dan besok niat ke Polsek naik ojek. Gatau deh ke Soreangnya gimana.

Eh, tapi...

Lima belas menit kemudian...

Ada telpon lagi dari Hokben.

"Mbak pesanannya mau Hoka Suka Lee Min Ho Beef Teriyaki atau Hoka Suka Bennedict Cumberbatch Chicken Teriyaki?"
"Loh, mas, saya pesennya Arman Dhani panggang. Nggak ada emang?"
"Oh itu mengandung boraks dan abate, mbak."
"Nggak apa-apa, mas, saya mau bungkusin dia buat teman saya, Ayik, biar Ayik bisa memberantas korupsi jomblo di tahun 2030."

Ya enggaklah..

Si masnya bilaaaangggg...

"MBAK, SIM-NYA ADA!"

Saya masih nggak mudeng, "Oh, masih nggak ada ya mas? Yah, nggak apa-apa deh hiks."

"ENGGA, MBAK. SAYA BILANG, SIMNYA SUDAH DITEMUKAN. SIMNYA ADA."

Langsunglah saya semangat 45, "AH SERIUSSSSS MASSSS? KYAAAAA!!"

Yah, untuk pertama kali dalam hidup, saya rasa happily ever after itu ada. Saya pun tukeran nomer hape sama si Mas Hokben. Ciyyeeehhh. Heh. Ini demi urusan perhokabentoan nih. Saya ngasih alamat rumah buat ngirim si SIM. Hmmmh. Masnya belum tahu sih bakal ngirim kapan, tapi semoga secepatnya ya masnya yaaa...

Alhamdulillah ketemu. Seneng bangetlah. Alhamdulillah.

Eh, tapi ini belum beres. Setengah jam kemudian, si Mas Hokbennya ngesms lagi..

"Mbak, ada pin bb?"

Eaaaaaa....

"Saya nggak pakek bb, mas. Mas mau ngirim SIM saya pakai bb?"