im back im back im back


Wow, sudah lama sekali ngga ngeblog. Modem saya rusak, bro. Nggak kedetect gitu jadinya ngga ada sinyal yang masuk ke laptop. No, jangan nuduh laptop saya yang bermasalah. Saya sempat nyoba masukin modem lain ternyata bisa kok saya gunakan. Kartu xl saya juga ngga bermasalah. Kalau kartunya saya taro di hape, saya bisa internetan. Nah, itu juga sebabnya sekarang no im3 saya nggak bisa dihubungi kalau malam. Saya masang xl modem di hape saya jadi saya bisa twiteran, fesbukan, atau googling.
Ah, ya, terakhir saya nulis di sini itu mmmm ngabari kalau saya mau ke Singapura ya? Yah, itu alhamdulillah sudah terlaksana tanggal 15-18 April lalu. Senang? Puas? Lega? Yah, patut disyukuri sajalah. Prinsipnya sih, ya yang namanya juga skripsi yah, pasti ada aja kan cobaannya. Alhamdulillahnya sih saya hidup layak di Singapura, tapi ya tentu ada harga hati yang dibayar di sana. Tapi ah yasudahlah, overall saya senang kok. Alhamdulillah sudah bisa studi lapangan.
Saya jadi kepikiran kalau nanti saya ngambil s2 atau s3, saya mau studi lapangan lagi. Mmmmmm tapi negaranya harus yang menantang, nih. Kayak apa ya..mmmm di Amerika Latin, misalnya Kolombia, Peru, Brazil, Meksiko. Brazil, atauuuu Kuba hahahahaha. Tapi itu neliti kajian apa yak...masih belum kepikiran. Yang kepikiran ya negara yang bagus aja. Itu sih pasti arahnya ke pencitraan lagi. Aaaaa, sepertinya saya mulai jatuh cinta sama pencitraan. Pencitraan itu pada akhirnya membawa kita memahami teori dan filsafat lebih dalam. Hmmmm, apa ya...kita tuh jadi berkontemplasi gitu. Saya kan senang tuh merhatiin orang-orang, lingkungan, terus merenung, terus nyari jawaban kenapa bisa gitu, terus merasa orang-orang di dunia ini suck banget dan bertanya kenapa ngga segera kiamat aja hehehehehehe. Ya pokoknya tipikal Aristoteles tapi mikirnya di ruang ber-AC dan di depan ada Dunkin Donuts. Hahahahaha.
Oh, iya saya mau cerita selama di Singapura ngapain. Saya cerita bagian senang dan bodohnya saja deh, hehehe. Yang bagian gendoknya disensor aja.
Saya berangkat dari rumah itu jam 12 malam. Berangkat jam 12-nya ngga masalah, yang bikin masalah adalah hal yang saya lakukan sebelum jam 12 malam itu. Saya ngajar intensif UN Bahasa Inggris SMA sampai jam setengah tujuh malam dari jam delapan pagi. Jam 8 sampai jam 11 saya ngajar di Ujung berung, lanjut jam 1 sampai jam setengah 5 di Cibiru, dan jam setengah 5 sampai setengah 7 di rancaekek. Di sela ngajar itu saya transfer uang untuk travel, ngambil sebagian uang di Bank Mandiri, ngesms orang buat konfirmasi. Hmmm, beres ngajar jam setengah 7 itu saya masih belum bisa langsung pulang ke rumah. Saya masih harus ngeprint form-form buat penelitian lapangan. Harusnya saya ngeprint aja di Ganesha, tapi saya lupa. Saya jadi belok dulu ke Nangor. Pulang dari situ, saya ngambil kamera dulu ke Dewa. Kameranya sih punya Solpa, baterenya punya Gigih, tapi itu lagi dibawa Dewa. Dewa lagi di Dmagh, tempat futsal di  Cileunyi. Abis dari Nangor terus ke Dmagh. Beres dari Dmagh, saya masih harus nyari titipan buat orang Singapur. Ada yang nitip cheesestick Amanda tapi karena keterbataan waktu, saya beliin cheesestick Vannisa.
Oke, akhirnya saya sampai di rumah jam delapan malamlah. Udah nggak bisa mikir, entah mau digimanain ini packing tuh. Packing akhirnya beres jam sepuluh. Beres itu, saya baru ganti baju terus makan terus cuci muka terus sikat gigi. Beres ngurus badan akhirnya jam 11. Baru rebahan bentar di kasur, udah ada telepon, ternyata sopir travelnya udah dateng. Kyaaaaa, ganti baju lagi. AKhirnya jam dua belas kurang dikit saya berangkatlah ke Bandara Soekarno Hatta.
Saya ternyata sampai di bandara sebelum jam setengah tiga pagi. Ajaib kan? Entahlah itu gimana caranya. Hufff, tapi bandara belum buka :(. Akhirnya saya nunggu di teras bandara sambil duduk di trolley. Ngapain ya? Yaudah saya buka laptop dan nonton serial yang ada. Kalau ngga salah saya nonton Big Bang sama Good Wife. Adalah itu sejaman. Nah, di situ ada kejadian menegangkan. Tanggal 15 itu bertepatan dengan gempa bumi di Banten. Getarannya itu kerasa sampai bandara tapi saya nggak sadar. Cukup gede juga sih tapi saya mikirnya itu getaran resonansi dari trolley. Tapi aneh aja sih kenapa pas abis getaran itu, lampu bandara langsung mati. Saya pun bergelap ria sambil santai nonton Good Wife. Saya baru sadar kalau itu adalah gempa pas saya mau boarding. Pas jam 5 pagi saya OL twiter, lah ada kabar gempa. Subhanallah saya ngerasain gempa tadi.
Sampai di Singapura jam setengah 9 pagi, rasanya....hmm apa ya...saya biasa sendirian sih jadi ngga berasa apa-apa hahahahha. Yaudah, jalan aja sambil bawa ransel, satu tas tangan, dan masukin tangan ke saku jaket. Biasanya saya pakai earphone, tapi selama di Singapura itu saya udah bertekad untuk membuka mata, hidung, telinga, otak, dan mulut supaya penelitian ini lebih berasa. Saya kan ke Singapura buat studi lapangan, bukan buat kabur dari kenyataan hahahaha. Eh, tapi asik sih kayaknya kalau misalnya gitu ya kita lagi ngambek atau hancur terus kita jalannya ke luar negeri meskipun itu untuk sehari. Hahaha. Eh, justru lebih boros sehari kali. Pesawatnya mahal, cing! Mending diem di sana minimal seminggu dengan gaya hidup yang ala kadarnya seperti makan mie instan sama kopi di seven eleven terus tinggal di masjid. Yoiiii kannnnn? *Terlihat bahwa saya ini adalah tipikal orang yang lebih senang hidup miskin di kota ketimbang hidup makmur di desa. Pantesan ngga jodoh sama Ardi Bakrie.
Pengalaman selama studi lapangan? Wiiiih, walaupun Singapura bagi saya nggak asing-asing amat, tapi berhubung ini adalah studi lapangan, bukan belanja lapangan, ada banyak hal detail yang saya temukan yang bikin saya terkesima, "Anjrit banget ini Singapura serius banget penataannya!" Kalian harus masuk ke ION Gallery di ION Orchard Lantai 4. Galeri seni biasa sih, tapi atmosfernya asik. Beneran bikin rileks. Kalian juga harus ke ION Sky. Sedihlah saya ngga ke ION Sky berhubung duitnya ngga cukup. Itu aja sih. Sedihlah ke Singapore Flyer nggak mampu, ke ION Sky juga ngga bisa. Oh, iya kalian juga harus mampir ke Paragon terus ke liftnya di lantai bawah. Di situ ada toilet gitu, tapi cuma buat pengunjung VIP. Kalau mau masuk, harus nunjukin kartu. Buat kita-kita yang jelata, ada papan himbauannya supa kita pipis ke tempat lain hahahahhaha.
Terus apa lagi ya...
hmmmm, oh iya saya ke Raffles pake MRT naik di Orchard tuh. Keluar-keluar kan di Esplanade *tapi ga sempet ke Esplanadenya hiks huaaaaaaa* terus ke Suntec City. Buahhhhhhhhh subhanallah itu Suntec City luasnya seluas-luas apalah. Satu bundaran itu dikelilingi sama Suntec City doang, bahkan kalau ada jalan raya, itu Suntec City-nya dimasukin ke bawah tanah. Intinya mah sewilayah itu punyanya Suntec City doang. Abis dari Raffles, saya mau ke Sentosa.  Saya udah niat sih dari awal kalau habis dari Suntec, saya harus balik lagi ke Dhoby Gahut buat naik MRT jalur ungu yang North East, tapi masalahnya, saya rada males turun naik MRT. Pas saya tau si Esplanade yang jalur kuning CL atau Circle Line itu juga nanti nyambungnya ke Harbour Front alias pelabuhan menuju Sentosa, yaudah saya naik CL aja. Pertimbangannnya saya nggak usah turun naik MRT. Bener, sih saya emang nggak turun naik MRT, tapi itu berlangsung selama satu jammmmmmm. Arrrggg. Esplanade itu stasiun CL 3, nah si Harbor Front itu tebak dong ada di CL berapa? CL 29, pakdeeee!!!!! Hahahaha. Harusnya saya naik North East loh, serius. Saya nggak sadar aja kalau yang namanya Circle Line, ya line-nya itu meng-circle alias ngelilingin. Dari yang saya pelajari ketika malam hari ketika saya pulang dari Sentosa ke Harbor Front terus ke Dhoby Ghaut naik jalur ungu yang ternyata only took 10 minutes instead 60 minutes, jadi si Circle Line ini rutenya bikin lingkaran yang kebuka dikitlah, sedangkan jalur ungu adalah tali busur si lingkaran Circle Line. Wakakakakkakakaka. Kacaulah. Tapi nggak apa-apa, gara-gara saya naik CL, saya jadi tahu penampakan penduduk Singapura, terutama anak sekolahnya. Jalur CL ini kan melewati HBD atau kompleks perumahan Singapura, terus kawasan SD-Universitas *buat yang mau ke NUS sama ISEAS, naik MRT jalur CL ini aja*, jadi saya ngerasa kayak ngeblend gitu sama lingkungan Singapura. Berasa kayak tinggal di situlah. Kedekatan emosionalnya itu tercipta banget. Aaaaaaa jadi pengen sekolah di Singapuraaaaa hahahahhaa.
Hmmmm, kejadian yang menarik lagi itu terjadi di Vivocity. Nah, si Vivocity ini ternyata adalah mal yang mengalahkan Suntcity dalam hal ukuran. Dulunya sih Suntec itu mal terbesar di Singapura, nah sejak ada Vivo, Vivolah pemenangnya. Nggak percaya? Booooohooooowwww, jangan pernah meremehkan mal Singapura, nak. Jadi, saya ini sudah bangga dengan status diri saya sebagai anak mal atau anak Factory Outlet yang tahan berdiri jalan di pusat perbelanjaan, berapapun jumlah toko itu, dari jam buka sampai jam tutup. Saya juga apal tata letak dan jalan keluar mal. Udah pede-pede gitu, tapi sepertinya saya memang harus menyadari bahwa kemampuan saya nggak ada apa-apanya kalau sudah dihadapkan pada mal sesungguhnya, yakni di Singapura, tepatnya di Vivocity. Pas datang ke Vivo, saya nyasar satu jam muter-muter di mal nggak tahu dimana jalan keluar buat ke jalur boardwalk Sentosa Island. Pas pulangnya, saya juga nyasar nyari dimana stasiun MRT. Nggak tanggung-tanggung, saya nyasar dua jam di mal. Mennnnnnnnnn!!!
Cobaan belum berakhir, tuan dan nyonya. Kebayang aja itu, saya dari pagi jalan ke Orchard terus muter-muter di Raffles, terus nyasar dua kali di Vivocity, terus jalan kaki pulang pergi dari Sentosa ke Vivocity, nah sebagai penutupnya adalah....saya pulang dari Orchard ke tempat tinggal saya di Chatsworth juga jalan kaki. Jaraknya lebih dari dua kilo lah. Yang dua kilo itu yang jalan lurusnya. Jalan yang berkelok-kelok penuh dosanya itu panjang juga hiks. Eh, tapi itu justru hal yang paling asyik yang ada di dunia ini loh. Saya selalu suka jalan malam, sendirian, di tempat asing. Senengnya lagi Singapura itu aman dan syahdu jadi saya beneran kayak lagi jalan di surga. Hahahahhaa. Tapi itu juga sebenernya nggak sengaja juga sih. Saya baru sadar kalau jalan yang biasanya saya lewati kalau saya berangkat ke mal itu one way. Saya bisa naik bis kalau saya pergi ke Orchard, tapi saya nggak bisa pulang dengan naik bis lewat jalur yang sama. Epic banget itu epic. Hahahahahhaha.
Hmmmm, tapi apakah saya sudah puas? Seriusan belum. Masih banyak dari Singapura yang belum saya jelajahi. Ada sih yang bilang kalau menjelajahi Singapura itu dua hari saja cukup. Yah, kalau kaliannya jalan-jalan doang dan dengan budget yang terbtas cuma buat beli hal-hal yang udah kalian rencanain beli sih ya bisa aja dua hari. Tapi, saya rasa kalau kalian mau menikmati Singapura sesingapura singapuranya singapura, terutama bagian pencitraannya, jangankan dua hari, empat hari aja nggak cukup. Itu juga dengan hitungan Singapura itu bagi saya nggak asing-asing amat. Kalau saya ada kesempatan ke Singapura lagi, saya malah mauuuuu....
1. Main ke museum-museumnya
2. Main ke galeri seni dan gedung teaternya, terus cari pertujukan gratisan
3. Main ke Marina Bay
4. Joging atau jalan-jalan santai sore-sore di taman-taman Singapura. Di jalur MRT CL banyak nih.
5. Hunting barang murah di mal-mal-mal-mal-mal
6. Main ke Chinatown, Little India, Bugis, dan pusat-pusat budaya lain. Jalan aja beneran jalan.
7. Pura-pura mau daftarin anak atau keponakan di sekolah Singapura terus jalan-jalan keliling sekolahnya
8. Ke perpustakaan umum yang ada di tiap kecamatan atau ke ISEAS, atau ke NUS
9. Nongkrong di kantin NUS sama NTU
10. Naik MRT dari ujung ke ujung sambil berhenti-berhenti di stasiun yang menarik
11. Main ke Clarke Quay *huaaaaaaa sedih kemarin ga sempetttttt :(((((*
12. Main ke taman nasional, kebun binatang, HBD, makan di seven eleven
13. Masuk ke segala macem gerai papan atas di mal terus jadi konsumen yang rewel tapi nggak beli
14. Solat di banyak mesjid di Singapura
15. Beli coklatttttttt sama gorengan duriannnnnn
Apa lagi ya....ya hal-hal yang bisa dilakukan tanpa temanlah...realitanya kan saya sendirian dan suka sendirian, jadi ya harus yang berbau kemandirian, hihihiihihi.
Hmmmmm, pengalaman saya pastinya nggak segitu doang, tapi ya gimana ya..ada yang patut disensor dan ada yang patut dijadikan pembahasan skripsi. Intinya sih saya senanglah di Singapura. Paspor saya lima tahun ini pun dibuka dan ditutup oleh Singapura. Ah, semoga di paspor yang baru nanti akan ada banyak tempat lain yang menarik yang akansaya kunjungi. :)

1 comments:

aaaaaaaaakkkkk mau juga ke singapuuurrrr. *brb naik speedboat dari kantor beacukai batam*

Reply