Tips Seputar Ujian Nasional 2008…


Hiyaaaaa…bulan apa sekarang? Ternyata sudah Februari. Preparation buat anak kelas 6 SD, 3 SMP, 3 SMA yang mau ujian akhir, nih! Ihiy, UAN? Apaan tuh? Makanan jenis apa tuh? Hehehe. Blagu. Padahal baru juga keluar SMA setaun lalu. Hehe.

Okei, bagi adik-adik tercinta, khususnya yang kelas 3 SMA yang April nanti akan menghadapi UAN, berikut ini adalah pengalaman dari saya. Yah, walopun nilai saya cuma 26,3 dari 3 mata pelajaran, nggak kayak anak-anak lain di SMA saya tercinta yang 27 bahkan 29, coba disimak dengan baik ya...

1. Jangan Pernah Nongkrongin Warnet Untuk Alasan Nyari Kisi-Kisi UAN.

Kenapa? Nggak guna. Bener. Serius. Udah pernah dicobain soalnya. Hehe. Sebenernya waktu itu saya dan lima temen saya iseng doang main ke warnet buat tujuan nista kayak gitu. Kita sering curi denger dari penumpang angkot yang lagi ngobrol kalau soal-soal UAN itu ada di internet. Penasaran tuh. Akhirnya dicobain. Lahhhhh gugling dengan berbagai keywords pun hasilnya nihil. Kita emang sempat nemu soal-soal dari Diknas dan blog-blog guru se-Indonesia, tapi ya nggak guna. Malah jadi ngebuang waktu dan duit. Tapi kalau niatnya buat nyari tips sukses dan latihan soal sih masih boleh lah, ya..belum terlambat, sekalian buat nambah strategi belajar.

2. Belajar, Itu yang Terpenting!

Ya iyyyyyyyalahhhhhhhhhhhhhhhhh....semua juga tahu, rajin pangkal stres, hemat pangkal laper...hehehe. Nggak, ding..maksudnya Rajin Pangkal Pandai. Tapiiiiiii...rajin sama pandai apa dulu, nih? Maknanya kan luas. Misalnya, Rajin nyontek pangkal pandai nyontek. Rajin bolos pangkal pandai ngabur. Rajin telat pangkal pandai boongin guru piket. Rajin baca buku pangkal pandai Open Book di kolong bangku. hehehe. Ya, intinya nggak mungkin kita mengabaikan hal esensial satu ini. Sesedikit apa pun porsi kita dalam memegang buku apalagi membuka, membaca, dan mencermati isinya, tetep aja itu namanya belajar. Tapi masalahnya harus belajar kayak gimana sih supaya bisa mencapai hasil yang maksimal?

Kalau jaman dulu banget waktu saya masih ngerasain bangku perSMAan, belajar itu, selain di rumah, juga di kelas dan di kantin. Widihhhhhh. Bantai banget deh. Tapi itu bukan saya yang belajar, itu mah temen-temen saya. Hehe. Di kelas yang biasanya kalau lagi ngga ada guru diisi dengan main SOS, TTS, Kucing Sumput alias Petak Umpet, Poker, Gitar-gitaran mpe mampus tiba-tiba tergantikan dengan pembantaian buku 1001 Soal dan Kumpulan UAN. Insaffffff semua warga kelas. Untung saya nggak termasuk. Saya mah mainnya ke perpus. Ngenet. Frenster. Hehehe.

Di kantin juga penuh dengan sarasehan UAN. Giliran lagi matematika mah saya dianggurin. Ntar pas giliran Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris baru dipanggil jelasin konsep. Emangnya saya jurusan Sastra di SMA 3 apah...??? Uhhhhh. Ah gapapa deh. Matematika kan saya nggak bisa. Hehe.

Tapi suer banget, suasana nista antibelajar yang sudah berdiri sejak tahun pertama masuk SMA itu langsung sirna begitu masuk semester dua. Kantin penuh sama pembaca buku. Koridor diisi sama debat terbuka pengerjaan soal. Kelas jadi ajang pertukaran soal dan perang jawaban. Mentoring diisi sama berbagai motivasi meraih impian lulus UAN dan SPMB. Masjid penuh sama yang solat Duha. Wah, UAN memang determinan untuk mendorong masyarakat berperilaku irasional. Hehehe.

Saya sih nggak suka belajar di depan umum gitu. Bagi saya belajar paling efektif itu di rumah. Ngoprek buku sendirian malem-malem dan nemuin jawaban. Asik deh.

Di sekolah sih yang saya lakuin buat belajar ya yang ada di bawah ini. Gitu-gitu aja.


3. Ikut Program Perbaikan Pra-UAN Di Sekolah

Jangan terlalu PD sama hasil pra-UAN yang bagus. Kalau di sekolah kalian ada program perbaikan nilai pra-UAN buat anak-anak yang nilainya ancur-ancuran, hal yang positif banget kalau kalian ikutan nimbrung. Jangan pernah gengsi buat gabung karena di program itu kalian bakal dapet penjelasan lebih sabar dan jelas dari guru-guru senior kalian. Jelas berguna.

Pertama, sih kalian bisa minta izin sama guru kalian untuk ikutan program itu, bilang aja waktu pra-UAN mah nyontek atau lagi beruntung, itungan kancing ABCDEnya pas, pokoknya bilang aja kalian nggak puas sama hasil kemarin. Paksa aja deh gurunya. Rayu rayu gituh. Hehe. Nah kalau nggak bisa, nyerobot aja. Hehehehe. Tapi kalian juga harus tau diri. Kan status kalian nyerobot kelas, jangan sampai juga nyerobot bangku. Duduk di bawah aja kalau kursinya ngga cukup. Hehe. Bheuh, sungguh ya...perjuangan demi UAN.


4. Tongkrongin Tempat Fotokopian Sekolah

Nah ini yang paling sering dilakuin saya dan geng saya waktu SMA. Kita selalu ngamatin siapa aja yang masuk ke tempat fotokopian sekolah dan bawa apa aja mereka. Untungnya sempet kongkalikong juga sama tukang potokopaynya. Jadi kalau ada orang yang bawa soal, si pempotokopay bakal motokopiin satu soal buat diperbanyak. Hehehe. Pencuriankah? Bisaaaaa. Tapi ujungnya juga tanpa tukang potokopinya memperbanyak tanpa ijin, soal-soal itu akan beredar dengan sendirinya di sekolah. Siapa yang nyebarin? Ya si orang yang bawa itu sendiri.

Oia, tambahan...dengan keadaan yang saya bocorkan demikian, maka dapat diputuskan bahwa...Kalau kalian punya soal super rahasia, jangan difotokopi di sekolah atau di manapun yang deket sama sekolah, sekalipun itu sekolah tetangga kalian. Bener, deh. Fotokopi aja yang jauh. Ke timbuktu sekalian. Hehehehe.


5. Bawa Pulang Semua Buku di Kolong Meja

Buat para pelajar malas seperti saya yang suka ninggalin buku pelajaran di kolong bangku kelas...,udah hari deket UAN dan SPMB gini bawa pulang semua buku kalian! Dulu kita boleh ngerasa, siapa sih yang bakal nyuri ilmu? Nah, hapuslah anggapan ituh...sekarang prinsip ekskludabilitas alias sifat suatu barang yang dapat mencegah orang lain untuk memanfaatkannya itu sudah hilang! Setiap orang lagi butuh ilmu sebanyak-banyaknya dengan gratis.

Yah, buat yang pengen untung secara nista sih saran saya, tengokin aja setiap kolong bangku, siapa tahu nemu buku nganggur yang belum sempat disadari untuk diselamatkan. Hiehehehehe.


6. Nimbrung di Tiap Diskusi Kupas Soal Dengan Manusia Jenius


Wajib hukumnya!

Kalau kalian punya beragam soal yang sulit dipecahkan, jangan gengsi menunjukkan soal yang kalian anggap susah itu ke orang jenius di sekolah atau di kelas. Biasanya sih mereka ini tipe anak DKM gitu. Nah, jangan males juga untuk nungguin dia selesai solat Duha atau solat Duhur terus cecar mereka untuk ngerjain soal itu. Kita perhatiin kenapa otak dia bisa jenius sedangkan kita engga (Kita??? Wah, gue nggak ikutan bagian ini mah..hehe). Tapi kalian juga harus pilih-pilih anak jenius. Nggak semua anak jenius mau bantuin secara ikhlas tanpa ngerasa lebih tinggi derajatnya daripada kalian. Orang jenius kaya gitu mah tinggalin aja. Cari anak jenius yang low profile dan sabar. Dari situ kita tambah ngerti tanpa kelihatan bodoh dan dia pun bisa mengamalkan ilmunya. Heuheu. Tetep ya, harga diri. Hehe.


7. Latihan Soal Tahun Lalu

Ini penting. Biasanya soal yang muncul tuh pengulangan dari tahun lalu. Bukan pengulangan full, sih. Perhatikan tipe soal yang muncul. Misalnya, ada berapa soal dari dimensi tiga, tipenya dimensi tiga yang gimana. Statistika berapa soal dan statistika bagian mana yang keluar. EYD mana yang paling sering muncul. Segi apa yang sering ditanyakan pada bab Prosa Lama. Tipe wacana apa yang akan ditanyakan dalam Bahasa Inggris. Dan lain-lain. Bukan ngapalin soalnya tapi ngapalin tipe dan frekuensi soalnya. Apa gunanya? Supaya kalian nggak terlalu berat ngapalinnya. Rugi banget kalau kalian ngapalin tapi yang muncul bukan itu. Sekarang bukan waktunya untuk mengerti tapi mendapat nilai.

Menjauhkan tujuan dari proses belajarkah pandangan saya itu? Nggak. Bagi saya, tujuan dari proses belajar harus sudah dicapai sebelum UAN. Penyalahan pada UAN yang mendiskreditkannya sebagai ujian yang tidak mengukur kemampuan siswa sesungguhnya bukanlah hal yang bijak. Kenapa? Karena seharusnya apa yang hendak dicapai dari proses belajar-mengajar sudah tercapai sebelum UAN. Jika hal tersebut terpenuhi, maka ketika UAN sebagai kuantitator kognitif datang, kita dan guru kita sudah siap.

Jauhkan semua kutukan pada UAN karena itu nggak akan membantu kita dalam menghapal. Bagi saya, kutukan pada UAN disebabkan oleh ketidaksiapan kita dalam menyiapkan UAN. Kalau kita udah siap, pasti nggak bakal ada yang kayak gitu.


8. Kenali Kemampuan Kalian dan Mulai Susun Strategi


Gali dimana kelebihan kalian dan dimana kekurangan kalian. Mampukah kelebihan itu kalian jadikan pentolan dan mampukah si kelemahan itu kalian eliminasi. Contoh, oke saya lagi. Yang saya tau, jangan pernah kasih soal dimensi tiga untuk saya. Sumpah, nggak bisa! Harga mati, beneran deh. Dari tiga puluh soal yang diberikan dalam Matematika, saya cuma jawab 27 soal, sisanya yang nggak saya jawab itu soal dimensi tiga.

Kenapa saya pilih menyerah ? Karena saya tau waktu yang saya gunakan untuk belajar dimensi tiga akan terbuang percuma. Makanya waktu itu saya nggak belajar dimensi tiga tapi mengalihkannya ke bab lain dan pelajaran yang saya rasa bisa dijadikan andalan. Itu cara saya.

Lain lagi dengan cara adik saya yang juga tahun kemarin mengalami UAN SMP. Dia lemah dalam semua bab matematika, nilai pra-UANnya ancur banget deh. Tapi dia rajin. Dari Januari sampai hari H UAN, dia nggak lepas dari Matematika. Hasilnya? Nilainya malah 100. Whaha. Tapi di bidang bahasa nilai si adik standar aja, cuma 8.

Nah, silakan pilih mau pakai cara saya yang mengalokasikan waktu seefisien mungkin atau yang bantai semua dengan tekun kayak adik saya.


9. Minta Alumni untuk Bantuin

Kalau kalian punya kenalan alumni yang bisa diajak belajar, ajakin si alumni nongkrong di tempat PeWe buat belajar bareng geng kalian. Temen-temen saya malah sampai nongkrong di kantin sekolah sampai jam 3 pagi buat ngerjain soal-soal dan belajar sama alumni. Jangan pikir mereka anak-anak freak. Sama sekali engga. Mereka justru ’preman sekolah’ alias tipe pria yang produktif dalam membuat rekor panggilan wali kelas dan konseling yang nampak malas belajar. Tapi ternyata mereka punya cara sendiri yang efektif. Luasnya koneksi mereka dengan alumni yang nggak lebih normal dari mereka dimanfaatkan untuk menambah ilmu mereka. Hasilnya? Si Dika aja dapet 28 tuh. Buseeeeeettttt. Dapet darimana tuh, Dik...???? Hehehehe.

10. Jangan Mikir UAN itu Susssssahhhhh


Walaupun nilai saya cuman 26 lebih dikit, kalian harus percaya sama saya kalau... UAN itu nggak susah! Jangan terlalu mendewakan UAN. Santai aja. Ini kan ujian dengan skala nasional, tingkat kesulitannya nggak begitu pantas untuk menstreskan kita. Saran saya, jangan mempelajari tipe soal yang rumit. Logikanya gini, para pembuat soal itu tahu sampai mana kualitas soal dengan standar sedang yang bisa diselesaikan dalam waktu 2 jam, makanya soal-soal yang mereka buat itu bukan soal induksi matematika yang harus pakai perhitungan superpanjang. Dengan alokasi waktu yang singkat, nggak mungkin juga mereka ngasih soal yang sulitttttttt dan rumitttttttnya bisa bikin gila. Percaya deh sama mereka. Mereka nggak bakal mempersulit kita kok.

11. Berdoa

Paling penting yang ini. Sebelum ujian berdoa supaya lancar dan setelah juga berdoa biar cita-cita kita tercapai. Sebagai manusia lah, apa sih yang bisa kita kuasai, ya nggak..??

12. Jangan Percaya Kunci Jawaban

Ini penting nih buat hari H. Kunci jawaban tuh bisa menyesatkan, apalagi kalau kunci jawaban itu terdiri atas banyak kode. Widih. Jauhin hal demikian ya... Selama UAN tahun lalu, saya dapat peredaran kunci jawaban. Semua mata pelajaran. Kuncinya itu nggak cuman satu kode, paling engga ada tiga kode, malah matematika ada delapan kode. Bingung kan luh? Huh um. Hehe. Nggak saya aja yang dapet, pastinya. Rahasia umum bangetlah yang kayak ginian mah. Saya aja udah jadi tangan keberapa dari mata rantai setan itu.

Waktu itu karena penasaran, kuncinya saya tulis di meja pakai spidol warna warni, tapi yang warnanya nggak mencolok. Nulisnya di pinggiran meja biar nggak ketauan, hehe. Setelah selesai mengerjakan UAN, saya cek dengan jawaban kunci. Teryata semua kode itu menunjukkan jawaban yang berbeda dengan jawaban saya. Sempet takut juga. Walahhhhh jangan-jangan gue yang salah. Tapi waktu saya cocokkan dengan soal, saya tetap yakin dengan jawaban saya. Nah, ternyata hasilnya...? Jawaban saya nggak salah kok.

Kesimpulannya, jangan percaya sama kunci jawaban. Dosa, jelas. Bikin bingung dengan berbagai kodenya, pasti. Belum tentu jawaban dia bener, itu yang paling penting buat diingat. Meskipun itu bikinan oknum terpercaya, tetep ajalah, coba pikir, dia cuman punya waktu berapa lama untuk ngerjain? Kemungkinan human errornya gede kan? Mending kalau langsung dari kunci jawaban negaranya. Hehehe.

Sippppp, tuh tips mau UAN-nya...

Jangan pernah menyerah, ya...

Selamat belajar buat UAN...

Semoga hasilnya lebih bagus daripada hasil yang saya dapat.

Amin.

(Ark.Jan’08)


Mengenai UN, dari Siswa

(tulisan ini dibuat tahun 2007 lalu dan menjadi juara III Lomba Penulisan Artikel tentang UN yang diadakan oleh Universitas Pasundan, Bandung)

Mengupas Ujian Nasional atau UN yang April lalu baru saja kita lewati, tak adil rasanya bila kita hanya merenungkannya sebagai indikator betapa tidak bersihnya lingkungan Indonesia hingga ritual sesakral ini pun diwarnai dengan kecurangan. Justru dengan banyaknya kasus kecurangan yang terumbar media dan dengan kenyataan yang sama-sama diketahui siswa bahwa kasus kecurangan ini adalah kasus gunung es, seharusnya mata dan telinga kita terbuka untuk dapat merasakan beban psikologis yang diderita siswa-siswa kelas tiga dengan diberlakukannya UN sebagai standar kelulusan mereka.

Ada Apa dengan UN?

Ditetapkannya UN sebagai standar kelulusan tak ayal membuat siswa terbebani. Beban ini makin berat lagi saat mereka mengetahui bahwa mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika/Ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Walaupun mereka masih bisa bernafas lega karena bukan Fisika yang diujikan, namun beban berat masih tak terelakkan mereka rasakan.

Ada lebih dari dua puluh bab yang harus mereka kuasai dalam Matematika. Ada kejelian yang harus mereka miliki untuk dapat menentukan tema, topik, ide pokok, gagasan utama, dan unsur intrinsik dalam wacana Bahasa Indonesia. Ada lebih dari sepuluh jenis wacana dalam Bahasa Inggris yang harus dapat mereka bedakan. Terakhir sekaligus yang paling berat adalah mereka harus mampu menjawab benar minimal 50% dari total soal agar mereka lulus.

Beban mereka juga masih ditambah lagi dari sekolah ketika sekolah menyediakan soal-soal praUN. Siapa yang tidak tahu bahwa soal praUN jauh lebih sadis dibandingkan dengan soal UN sesungguhnya? Kumpulan soal UN tahun-tahun sebelumnya serta soal-soal prediksi guru tersebut jarang dapat mereka lalui dengan skor 80%. Salah siswakah untuk hal ini jika mereka sendiri mengeluhkan bahwa soal-soal praUN ini dihiasi dengan pilihan jawaban yang bias dalam soal Bahasa Indonesia, terlalu cepatnya pembacaan soal Listening dan sulitnya vocabulary serta seribu langkah yang harus mereka lalui untuk dapat menemukan jawaban soal Matematika?

Dua hal ini pada akhirnya menjadi faktor mengapa sampai ada kecurangan dalam UN. Penyebabnya jelas, karena mental siswa terganggu. Mereka cemas dan pesimis dalam menghadapi UN karena di tangan UN-lah nasib mereka bergantung.


Merah-Hitam UN, Guru, dan Siswa

Sejak awal siswa telah mendapat pukulan mental dari jeleknya nilai praUN dan ditetapkannya UN sebagai standar kelulusan, pukulan ini buruknya telah merusak psikologis mereka dengan mengubah mereka menjadi pribadi yang gampang cemas, pesimis, dan putus asa. Pukulan ini lalu bertambah subur lagi bersemayam dalam alam pikiran mereka saat mereka mendiskusikannya dengan teman-teman mereka yang juga mendapat nasib yang sama. Bukannya membantu namun diskusi ini akan berujung pada kecemasan dan kepesimisan massal.

Terkadang guru membantu memulihkan ketidakpercayaan mereka pada kemampuan mereka sendiri dengan meyakinkan mereka bahwa soal UN pasti bisa dikerjakan. Namun sayangnya hiburan ini akan berujung pada syarat, “Kalau kalian mau belajar,” dan akan berakhir dengan akibat, “Kalau nggak belajar ya pasti nggak bisa.” Kalau begini, bagaimana bisa siswa-siswa 'sakit' ini sembuh?

Bayangan pendahulu mereka yang gagal pada tahun-tahun sebelumnya juga ikut menambah panjang derita mereka. Ketakutan akan mengikuti jejak kelam tersebut tak diragukan telah membuat mereka jauh lebih dalam terperosok pada ketakutan menghadapi UN yang dijadikan standar kelulusan.

Tak ada api maka tak ada asap, prinsip ini dapat menganalogikan bahwa kecurangan-kecurangan dalam UN bukan datang tanpa sebab. Tentu ada alasan yang mengiringi siswa-siswa yang rajin mengunjungi warnet untuk menjelajahi dunia maya dan berharap mendapat kisi-kisi hingga soal, kebocoran soal UN, dan beredarnya sms berisi kunci jawaban.

Menghukum kepala sekolah atau guru, ujian ulang, dan pencabutan keputusan lulus bagi siswa yang terbukti curang tidak akan membawa pengaruh apapun kecuali semboyan lebih apik lagi melangkah curang tahun depan, karena itulah pembinaan yang tepat adalah pembinaan -atau tepatnya pencegahan- yang mampu menyembuhkan psikologis siswa. Kecemasan dan kepesimisan mereka yang muncul dari ketidakmampuan mereka dalam mengerjakan soal praUN, putusan 'pasti gagal', 'sulit', 'pasti nggak bisa' yang mereka cap pada diri mereka sendiri, contoh kasus kegagalan kakak-kakak mereka, dan keputusasaan mereka untuk terus mencoba mengakrabkan diri dengan materi adalah terdakwa utama yang seharusnya diperhatikan dan dibina untuk disembuhkan.

Siswa harus diyakinkan seyakin mungkin bahwa setelah mereka menempuh pendidikan selama tiga tahun mereka pasti akan bisa menyelesaikan tiga puluh dan lima puluh soal UN dengan hasil yang baik, itu satu-satunya cara untuk menyembuhkan psikologis siswa yang ketakutan dengan UN. Usaha ini tentunya takkan lepas dari peran guru, karena itulah guru harus dapat berperan sebagai pendidik, tidak hanya sebagai pengajar.

Ada kekurangan guru yang sering saya temukan, yakni mereka terlalu menyamaratakan kemampuan semua siswanya. Semua dianggap bisa karena tidak ada yang bertanya, padahal mereka tidak bertanya karena mereka memang tidak mengerti dengan apa yang diterangkan guru. Kadang materi selanjutnya diteruskan padahal masih ada siswa yang belum memahami betul materi yang telah diulangankan. Ada juga guru yang mengetahui kekurangan siswanya tapi mereka tidak memberikan tindakan responsif nyata. Mereka memang menanyakan mengapa si siswa ini sampai bisa mendapatkan nilai jelek, mereka juga menasihati siswa tersebut agar lebih rajin lagi belajar, namun sebenarnya bukan ini yang dibutuhkan oleh para siswa yang kemampuannya belum terlalu mantap. Mereka membutuhkan uluran tangan nyata dari guru untuk meningkatkan kemampuan mereka. Tidak adanya uluran tangan tulus dari guru ini pada akhirnya akan menambah lagi daftar beban psikologis siswa.



Ujung dari UN : Serangan Mental Permanen

Tak cukup dengan membawa dampak psikologis berupa kecemasan, pemberlakuan UN sebagai standar kelulusan juga membawa dampak panjang dan berpotensi permanen yakni lahirnya generasi calon pemimpin yang bermental instan.

Keterbatasan waktu pengerjaan soal UN dan banyaknya materi yang harus mereka kuasai untuk dapat menorehkan minimal angka 5 di ijazah secara langsung telah membuka jalan untuk mencari cara penyelesaian soal yang paling cepat. Tidak salah juga sebenarnya, mengingat bahwa rumus-rumus cepat ini menginduk pada konsep dasar. Namun sayangnya, ada guru yang tidak menerangkan bagaimana rumus itu bisa terlahirkan dan ada juga siswa yang tidak mau mendengarkan penjelasan guru sehingga pada akhirnya rumus cepat ini mengubah kepribadian merka menjadi kepribadian yang cenderung lebih nyaman dengan mendapatkan segala sesuatu secara instan.

Dua hal yang patut dicermati dengan adanya rumus-rumus cepat ini adalah, pertama, siswa tidak menghargai sekolah. Siswa yang terlanjur mencintai rumus cepat ini akan lebih menghargai bimbingan belajar karena di bimbingan belajar mereka bisa mendapat banyak rumus cepat. Dengan tidak menghargai sekolah maka akhirnya mereka pun tidak lagi menghargai proses pendidikan. Sekolah hanyalah alat untuk memperoleh ijazah setelah mereka dinyatakan lulus UN. Ini sangat memprihatinkan, UN sebagai standar kelulusan yang merupakan produk pendidikan malah menghilangkan nyawa dari penyelenggara pendidikan sendiri.

Kedua, berkaitan dengan akibat jangka panjang, adanya rumus cepat ini juga akan berakibat munculnya generasi yang tidak dapat memimpin masyarakat dengan baik. Adanya rumus cepat mau tidak mau pasti akan mengikis kemampuan bernalar secara sistematis mereka. Pertanyaannya, mau dibawa kemana masa depan negara kita bila dipimpin oleh mantan-mantan siswa yang bermental instan tersebut?



Masih Haruskah Ia Ada?

Ujian Nasional atau UN, biar bagaimanapun ia harus tetap ada. Tetap harus ada suatu standar nasional yang definitif untuk mengetahui sampai dimana kemampuan siswa setelah menempuh tiga tahun pendidikan dan sampai dimana keberhasilan sekolah menjalankan fungsinya. Nah, Inilah yang harus digarisbawahi, UN memang perlu namun hanya sebagai standar saja. Standar yang memperlihatkan kepada siswa bahwa selama tiga tahun mereka belajar inilah hasil yang mereka capai dan inilah perbandingan dengan siswa-siswa lain yang juga selama tiga tahun belajar. UN sebagai standar juga merupakan alat pengukur prestasi sekolah dan daerah dalam mendidik siswanya. Sekolah atau daerah yang siswanya mendapat hasil yang baik dalam UN dijadikan percontohan dan bagi sekolah atau daerah yang anak didiknya belum mendapat hasil yang baik akan mendapat perhatian dan pembinaan serius dari pusat agar prestasinya dapat terangkat.

Dengan menjadikan UN sebagai standar pengukur prestasi saja maka pendidikan merata di seluruh Indonesia akan terwujudkan. Selain itu, dampak buruk bagi psikologis siswa juga dapat dihindari. Siswa akan menjalani UN dengan tanpa beban dan pendidikan akan ternilai dari proses, bukan hasil. Akibat lebih jauhnya adalah Indonesia akan memiliki generasi pemimpin masa depan yang berkualitas, secara mental dan akademis.

Sungguh suatu awal yang baik dari pemerintah yang akhirnya pada tahun ini berkebijakan tidak menjadikan UN sebagai satu-satunya alat ukur kelulusan siswa, namun juga mempertimbangkan nilai-nilai yang diperoleh siswa dalam ujian sekolah. Semoga secara bertahap kelak UN hanya akan dijadikan standar untuk mengevaluasi prestasi sekolah dalam mendidik siswanya dan sebagai alat refleksi diri siswa sampai dimana kemampuannya setelah melalui tiga tahun proses pendidikan. Lagipula, pemberlakuan UN sebagai standar kelulusan siswa sangatlah tidak adil karena sampai saat ini bangsa Indonesia masih terlalu heterogen untuk disamaratakan dalam selembar ijazah.

(Ark.Mei'07)


Beliau Wafat Karena Kelucuan Bangsanya…

Awal tahun selalu membawa kejutan bagi bangsa Indonesia. Setidaknya dalam dua tahun terakhir ini. Setelah awal tahun 2007 lalu dihiasi dengan hilangnya pesawat Adam Air, kini, awal tahun 2008, muncul kabar kehilangan yang lebih mengguncang. Bangsa Indonesia kehilangan bapaknya yang telah berjasa 32 tahun mengasuh. Bapak Haji Muhammad Soeharto atau yang kita kenal sebagai Pak Harto wafat pada hari Minggu, 27 Januari 2008.

Kabar ini bagi saya merupakan bantahan riil dari Tuhan atas tudingan pihak-pihak ‘penuntut keadilan’ yang menyangsikan kebenaran sakitnya Pak Harto sejak kelengserannya dua belas tahun silam. Tidak cukup bagi mereka untuk melihat lambaian lemah dan senyum lesu Pak Harto, barangkali, hingga Tuhan pun harus turun tangan menutupkan usia beliau, sekaligus menutupkan telinga beliau dari hujat rakyat yang makin berlebihan.

Memaknai masa akhir Pak Harto yang dihabiskan dengan pemberitaan demonstrasi penyeretan Pak Harto ke meja hijau, saya melihat bangsa ini sebagai bangsa yang lucu. Lucu karena terdapat ketidaksinkronan antara tuntutan dengan sikap, itu yang pertama. Pada saat para penuntut menuntut keadilan pengungkapan semua kasus Pak Harto, mereka juga melarut-larutkan proses peradilan dengan membuat sakit Pak Harto bertambah parah. Bagaimana peradilan dapat terjalankan dengan kondisi Pak Harto yang bahkan tidak sanggup merintihkan sakitnya sendiri ?

Dalam perspektif saya, lumrah apabila Pak Harto sakit. Bukan karena ’kualat’ atau ’karma’ seperti yang dicemoohkan publik selama ini melainkan karena kebertubian hujatan setelah beliau lengser. Tiga puluh dua tahun bukanlah waktu yang singkat untuk ditabahkan kehilangannya, terutama bila ia hilang lewat hadirnya tuntutan anarkis rakyat dan desakan elit yang selama ini nampak tunduk-tunduk saja. Belum sembuh juga rasa kehilangan itu, beliau juga harus menyaksikan gelombang hujatan yang bertubi dilayangkan untuknya. Nonstop. Bahkan hingga detik sebelum kewafatannya.

Mengenang masa ordenya yang bertahan begitu lama, bahkan dalam sejarah perpolitikan dunia, presiden setelah era Soekarno ini telah berhasil membagi perspektif rakyat Indonesia dalam dua wacana kontras. Segala kebijakan dalam orde tiga dekade yang beliau lahirkan memancing kekritisan rakyat, dalam diam maupun dalam ungkap, dan dalam kajian argumentasi yang beragam, yang tentu dilandasi bukti realita namun sayang masih kabur batasan obyektif-subyektifnya.

Pada saat pandangan negatif yang menuntut hukuman terberat bagi Pak Harto hadir bersama segudang bukti fisik dan logika, ada simpati kemanusiaan yang mengiyakan bahwa Orde Baru melahirkan korban bagi sekelompok masyarakat. Namun simpati ini mempertanyakan lagi hal yang menggelitik, apakah mungkin tuntutan peradilan berdasar bukti yang obyektif tersebut lahir murni tanpa ada subyektivitas dendam dari para keluarga dan kerabat korban?

Jika mereka benar-benar obyektif didasari nama kemanusiaan, mengapa dalam penuntutannya mereka mengabaikan prinsip kemanusiaan? Mengapa Pak Harto dipojokkan sedemikian rupa bahkan terkesan mengabaikan kondisi fisik Pak Harto yang membutuhkan bantuan mekanik? Mengapa kebebasan berpendapat yang dibidani oleh reformasi malah menjurus pada kebebasan menyakiti secara verbal?

Pun dalam pandangan positif yang mengaku lebih nyaman berada dalam asuhan Pak Harto. Pengelu-eluan capaian signifikan dalam ekonomi tersebut perlu ditanyakan kemurnian obyektivitasnya. Apakah mungkin melepaskan pandangan demikian dari sangkaan ketidakpuasan terhadap orde pemerintahan yang kini? Apakah mungkin pandangan itu tetap bertahan apabila pemerintah reformasi dapat memberikan kondisi yang lebih memuaskan dibanding tiga dekade tersebut? Atau bila keadaannya demikian, mungkinkah keterkotakkan seluruh perspektif bangsa dalam kutub negatif terjadi? Pak Harto dipukul rata sebagai sejarah kelam bangsa.

Kita tentu tidak bisa melepaskan diri dari dua pandangan tersebut setiap saat kita mengangkat permasalahan bapak bangsa ini atau bapak bangsa yang lain. Tidak ada manusia yang murni putih dan murni hitam, yang jelas. Dengan demikian, bagi saya sendiri, kecaman dan pujian bagi Pak Harto adalah hal yang lumrah. Yang tidak lumrah adalah pada saat kita membicarakannya dalam bingkai yang cacat. Kita hanya membicarakan sisi negatifnya tanpa menyinggung sisi positifnya, begitu pula sebaliknya, pada saat kita hanya membatasi diri dalam pujian untuk beliau tanpa kita membuka mata kepada sekelompok yang mengaku bahwa dirinya korban, itu kelucuan kedua.

Kecacatan bingkai inilah yang selama ini saya lihat dalam menyikapi jejak sejarah Pak Harto. Inilah yang membuat bangsa kita terkotakkan dalam perspektif yang kontrasnya tajam. Inilah yang membuat Pak Harto makin parah sakitnya, pandangan negatif sebagian masyarakat yang didirikan di atas pandangan positif yang dianut Pak Harto dan sebagian masyarakat lain. Akhirnya, inilah yang membuat proses peradilan yang dituntut keberadaannya terhambat dan utamanya, inilah yang ’membunuh’ Pak Harto.

Saya sendiri berpendapat bahwa dua argumentasi baik dan buruk dalam kepemimpinan Pak Harto adalah sebuah rentetan yang saling mendukung, saling berjalan, dan saling memberi alasan. Nothing’s free such a free lunch, mengutip pakar ekonomi AS, Mankiw, alias tidak ada yang gratis di dunia ini. Semua memiliki resiko dan mengharuskan adanya pihak yang mengalah, jika tidak ingin disebut korban.

Dalam permasalahan ini, keberhasilan ekonomi dan pembangunan ternyata mengharuskan ada sekelompok yang mengalah. Hak-hak yang seharusnya dinikmati oleh kelompok ini ternyata harus dijadikan alat pembayaran bagi penikmatan hak-hak orang lain, yang kastanya sama seperti mereka, yang lebih rendah, dan yang lebih tinggi. Kesimpulannya, di balik pengorbanan mereka, kita melihat adanya hasil, dan sebaliknya ternyata dalam hasil yang dinikmati oleh suatu lapisan, ada lapisan lain yang kehilangan haknya.

Lapisan kedua inilah yang kini bersuara. Menceritakan pengorbanan mereka yang tak terungkap dan menuntut kompensasi atas luka mereka yang selama ini disembunyikan dalam gaun patuh (baca:diam). Proses peradilan dijadikan alat tumpuan pengobat mereka. Namun lagi-lagi kembali pada penekanan saya sebelumnya, kaum ini terlalu subyektif dan egois menyuarakan geloranya. Rasa sakit hati rupanya telah menutup hati mereka dari kenyataan positif yang berhasil dibangun Pak Harto dan menutup hati mereka untuk menyuarakan kebungkaman tiga dekade mereka dalam kaidah yang tidak memprovokasi serta tidak kebablasan.

Gelombang demi gelombang hujatan terus berdatangan. Memojokkan Pak Harto dan pegawainya. Bahkan hingga Pak Harto dinyatakan sakit pun masih ada yang berspekulasi bahwa hal tersebut adalah strategi untuk menghindari hukum. Jika mereka dapat mengatakan Pak Harto harus diadili demi kemanusiaan, lalu dimana kemanusiaan mereka sendiri? Siapa yang mereka perjuangkan dalam penuntutan penyelewengan kekuasaan Pak Harto? Semua kaum mereka atau hanya mereka sendiri, dalam arti memuaskan dendam dari mereka yang jadi korban?

Jika Pak Harto kini bukannya meninggal tapi hidup, sehat wal afiat dan kuat sehingga bisa menghadiri persidangan sampai muncul putusan hukum, akankah mereka akan puas dengan putusan tersebut? Atau mereka akan berebut menjadi hakim agar legallah aksi main hakim sendiri?

Di sinilah alasan ketiga mengapa bangsa ini begitu lucu dalam perspektif saya, mengatasnamakan kepentingan golongan demi kepentingan pribadi. Agregasi latar belakang yang sama-sama terpinggirkan hanya dijadikan kumpulan statistik untuk meyakinkan diri bahwa tuntutan pribadi legal disuarakan dan kesewenang-wenangan Pak Harto (dalam perspektif mereka) sah digembar-gemborkan dan dicaci-caci.

Sungguh bangsa ini bangsa yang lucu namun sayangnya kelucuan ini tidak membuahkan kerileksan bagi Pak Harto dan proses hukumnya. Kelucuan ini malah mengorbankan nyawa mantan pemimpin bangsa yang mereka cap otoriter dan otomatis menutup semua misteri latar belakang tindakannya dalam era Supersemar hingga Supermoneter satu dekade lalu.

Kelucuan bangsa ini membuat saya berpikir bahwa inilah alasan mengapa Tuhan harus memanggil Pak Harto dalam kondisi peradilan yang masih menggantung. Tuhan Maha Tahu apa yang akan terjadi bila Pak Harto diadili bangsa yang lucu ini. Tuhan Maha Menyayangi makhluk-Nya, termasuk Pak Harto. Ia-lah yang akan mengadili Pak Harto tanpa perlu meghujat Pak Harto, seperti bangsa ini.

(Ark.Jan’08)

Menuju Komunitas ASEAN 2015

ASEAN sebagai komunitas yang terintegrasi pada tahun 2020 adalah hal yang paling penting dari Bali Concord II yang diusulkan oleh Indonesia. Komunitas ini akan memiliki tiga pilar utama, yakni ASEAN Security Community, ASEAN Economic Community, and ASEAN Socio-Culture Community, yang kesemuanya saling berhubungan.

Dalam pandangan para pemimpin ASEAN, pembentukan Komunitas ASEAN ini merupakan transformasi lanjutan dari keberhasilan ASEAN dalam menjadi region paling stabil di dunia. Jika kita membandingkan keadaan ASEAN dengan keadaan region lain, seperti di Timur Tengah, Semenanjung Korea, atau Afrika, pencapaian yang sering kita rasakan sebagai hal normal ini masih dirasakan oleh region tersebut sebagai capaian yang masih jauh diraih. Hal inilah yang menyemangati para pemimpin ASEAN untuk mengakselerasi pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015.

Berbeda dengan para pemimpinnya, rakyatASEAN sendiri nampak tidak memiliki kepedulian terhadap ASEAN. Dalam pandangan mereka, ASEAN hanyalah organisasi regional yang penuh oleh dialog dan pertemuan namun kurang dalam implementasi. Selain itu, ASEAN kerap diasosiasikan sebagai hubungan G-to-G atau Government to Government. Semangat ‘We Feeling’ yang selama ini sering dideklamasikan para pemimpin ASEAN dalam setiap pertemuan hanya mereka maknai sebagai slogan.

Kekontrasan tersebut memancing usikan untuk mempertanyakan dua hal esensial ini. Pertama, mengapa kontras tersebut bisa terjadi? Kedua, dengan keadaan acuh dari masyarakatnya, adakah peluang bagi ASEAN untuk mewujudkan cita-cita komunitasnya?

Komunitas : Sebuah Cita-Cita Lanjutan

Memulai perjalanannya empat puluh tahun lalu lewat penandatanganan deklarasi oleh Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand, ASEAN kini telah menjadi organisasi yang berpengaruh, tidak hanya di kawasan Asia Pasifik, namun di seluruh dunia. Pencapaian tersebut terlihat misalnya dalam keberhasilan menyelesaikan konflik di Kamboja pada dekade 90’an, menyusun AFTA secara progresif hingga pada realisasi, dan keikutsertaan Australia, Selandia Baru, Kanada, AS, Rusia, Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Pakistan, EU, UNDP, dan PBB sebagai mitra wicara. Bahkan seorang Kofi Anand pun dalam masa kepemimpinannya di PBB sempat berkomentar demikian,

Today, ASEAN is not only a well-functioning, indispensable reality in the region. It is a real force to be reckoned with far beyond the region. It is also a trusted partner of the United Nations in the field of development” (Kofi Anan dalam catatan Marty M. Natalegawa’s, ASEAN Selayang Pandang, Deplu RI, 2005).

Lumrah apabila pencapaian yang digenggam oleh ASEAN kini dianggap sebagai suatu kebanggaan. Dahulu sebelum Deklarasi Bangkok dicetuskan, kondisi hubungan antarnegara di Asia Tenggara selalu diwarnai dengan persengketaan dan konflik, yang tentu mengganggu atmosfer nasional. Kondisi ini lambat laun menyadarkan para lima pendiri ASEAN mengenai perlunya sebuah organisasi yang dapat mempersatukan mereka dalam satu visi bersama untuk mencapai keadaan regional yang stabil sehingga negara di Asia Tenggara dapat hidup dalam perdamaian dan meraih kepentingan nasional mereka. Dan akhirnya, ASEAN-lah organisasi tersebut.

Dalam masa awal pendiriannya, kegiatan ASEAN lebih dikonsentrasikan pada pembangunan rasa percaya di antara para negara anggotanya. Kini, saat kepercayaan itu telah terbangun dan ASEAN telah diakui berhasil menjadi region yang stabil, kebutuhan ASEAN pun bertambah. ASEAN kini membutuhkan suatu interaksi yang lebih dekat dan intens yang melibatkan seluruh elemen ASEAN. Inilah yang ingin dicapai oleh ASEAN dengan kerangka Komunitasnya. Sebuah integrasi dalam segala segi interaksi.

Antara Pemerintah dan Rakyat

Mengakselerasikan komunitas ASEAN pada tahun 2015 adalah hal yang ingin dicapai oleh para pemimpin ASEAN.

Dalam pandangan mereka, ASEAN adalah lingkaran konsentris bagi setiap kebijakan luar negeri masing-masing negara. Setiap hal yang didiskusikan dalam dialog, forum atau pertemuan ASEAN adalah proyeski dari kepentingan nasional mereka. Membicarakan mengenai kepentingan nasional, tentu hal tersebut tak dapat dipisahkan sebagai kepentingan rakyat. Hal ini menjadikan kesimpulan bahwa apa yang dibicarakan di ASEAN adalah segala sesuatu tentang rakyat. Jika demikian, seharusnya ASEAN disadari bukan hanya sebagai G-to-G, namun P-to-P alias People to People. Hanya saja, dalam hal ini subjek ‘P’ diwakili oleh ‘G.’

Sayangnya kenyataan tersebut tidak disadari oleh kebanyakan orang ASEAN. Media massa kerap memunculkan pertanyaan seperti ini, ”Apa hasil konkrit yang bisa didapat rakyat dari ASEAN?”, dimana pertanyaan ini mengindikasikan bahwa rakyat masih mencari apa pentingnya ASEAN bagi mereka. Padahal, ketika mereka mempertanyakan hal tersebut, mereka sebenarnya telah menikmati salah satu hasil konkrit dari ASEAN. Bagaimana dengan nafas yang mereka nikmati tanpa rasa khawatir adanya perang seperti yang dirasakan oleh rakyat di kawasan lain?

Hal menggelikan lain yang terlihat dari reaksi masyarakat yang sering geram dengan langkah konsensus dan dialog ASEAN adalah ketidaksadaran mereka akan adat timur. Konsensus dan dialog yang diadakan ASEAN merupakan produk Timur. Tentu lebih bijak apabila kita mempergunakan dialog atau konsensus dalam menyelesaikan pertikaian ketimbang dengan perang. Dan lagi, mereka kurang menyadari bahwa dua hal ’sepele’ dan ’lemah’ ini masih sangat sulit dilakukan oleh pemerintah di region belahan dunia lain.

Namun bagaimanapun, kita tidak dapat menutup mata atas kenyataan bahwa kepesimisan rakyat tersebut berasal dari ketidakpercayaan mereka akan kemampuan ASEAN dalam menyelesaikan permasalahan internal lewat otoritas yang kuat. Sampai sekarang masih ada beberapa permasalahan dalam internal ASEAN yang diselesaikan secara bilateral atau dengan bantuan UN. Inilah awal dari berbagai pertanyaan/kritik seputar keberadaan ASEAN, yang entah bermakna pengharapan kehadiran ASEAN yang bisa mereka rasakan atau hanya sebagai ejekan. Dimana ASEAN? Mengapa hanya berbagai cita-cita saja yang serius dibicarakan sedangkan rencana resolusi tidak ditempatkan seserius cita-citanya?

Kelemahan lain dari ASEAN yang dapat menghambat akselerasinya dalam integrasi komunitas 2015 adalah minimnya kepedulian rakyat ASEAN akan ASEAN. Di benak mereka ASEAN hanya mampir sebagai akronim organisasi di region Asia Tenggara. ASEAN bukanlah identitas mereka. ‘We Feeling’ yang bermakna dalam bagi pemimpin ASEAN ternyata bukanlah apa-apa bagi mereka. ‘We Feeling’ hanyalah slogan bagi mereka. Stereotype ASEAN sebagai G-to-G forum ternyata benar-benar telah menghilangkan semangat ke-ASEAN-an dalam rakyatnya.

Menghubungkan kelemahan dari sisi rakyat yang sedang dihadapi ASEAN dengan label G-to-G, dalam pandangan saya, hal tersebut bukan murni kesalahan pemerintah atau rakyat. Untuk menemukan jawabannya, kita harus kembali menelusuri perjalanan ASEAN selama empat puluh tahun ke belakang.

Pada awal masa berdirinya, ASEAN memang lebih dikonsentrasikan pada pembangunan rasa percaya di antara pemimpinnya sebagai perwakilan negara. Hubungan yang intens antara pemimpin ASEAN memang telah membawa ASEAN pada pencapaian perdamaian dan kestabilan region, namun ternyata di balik keberhasilan ini harga yang harus dibayar ASEAN adalah stereotype G-to-G yang melemahkan kepercayaan rakyat terhadap ASEAN.

Terdapat sebuah kesalahpahaman antara pemimpin dan rakyatnya pada poin di atas. Harapan para pemimpin untuk meresapkan kepercayaan di antara mereka kepada rakyatnya ternyata dianggap oleh rakyatnya sebagai keegoisan pemimpin dalam memiliki ASEAN. Ketika pemimpin ASEAN dalam menyelesaikan permasalahannya melibatkan pihak luar, rakyat pun bereaksi ‘mencemoohkan’ ASEAN. Ketika realisasi Action Plan dirasakan lambat oleh rakyat, kritik pun kembali dilancarkan. Satu hal yang perlu dimaklumi dari keadaan ini adalah keadaan negara-negara di ASEAN sendiri masih dalam taraf berkembang, dimana rakyat masing-masing negara aktif mengoreksi gerak-gerik pemimpinnya. Pemandangan tersebut tidak akan jauh berbeda dengan pemandangan hubungan antara pemimpin ASEAN dan rakyatnya karena keadaan di ASEAN merupakan agregasi keadaan nasional.

Kesimpulannya, hal yang perlu digarisbawahi sebagai penyebab lemhanya kepercayaan dan kepedulian rakyat ASEAN akan ASEAN adalah kesalahpahaman tujuan pemimpin dan budaya kritik yang masih hangat diusung rakyat.

ASEAN Community by 2015, Here We Come!

Saat ini ASEAN sedang memasuki gerbang tahapan baru dalam kiprahnya. Setelah empat puluh tahun berhasil menancapkan bendera keberhasilan timbulnya rasa saling percaya antara pemimpin, kini saatnya mengajak rakyatnya menancapkan bendera yang serupa. Kesalahpahaman tujuan confidence measures building harus berhasil dibayar pada tahapan baru ini, terutama menyadari bahwa Komunitas ASEAN akan datang hanya dalam tujuh tahun lagi. Harus tercipta rasa saling percaya dari rakyat terhadap ASEAN secara keseluruhan, dari rangka hierarkinya sampai alur kebijaksanaannya.

Langkah paling utama untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan menghapuskan stereotype G-to-G. Rakyat harus intens terlibat dalam setiap kegiatan ASEAN, baik sebagai subjek maupun objek, baik sebagai pelaku maupun penonton. Rakyat juga harus mengetahui bahwa sebagian dari kebijakan nasional pemerintahnya merupakan hasil pembicaraan di forum ASEAN. Mulai pada tahap post-empat puluh tahun ini ASEAN harus benar-benar merakyat. Andai saja dalam per-ASEAN-an rakyat terlibat tidak hanya sebagai pembaca kegiatan ASEAN di koran dan sejarah ASEAN di buku pelajaran, namun juga sebagai pembuat berita tentang ASEAN dan pembuat sejarah tentang ASEAN, pastilah ‘We Feeling’ akan tertancap di hati mereka. Akhirnya, dengan tertanamnya ‘slogan’ tersebut, cita-cita komunitas 2015 bukan sekedar rumusan KTT Cebu.

Membiarkan rakyat ASEAN dalam keacuhannya sama saja membiarkan ASEAN bertambah tua tanpa menjadi dewasa. Komunitas yang dicita-citakan dan digariskan dengan penuh perhitungan hanya akan menjadi target yang utopia. Di sinilah pentingnya penambahan rencana aksi penghapusan stereotype G-to-G sebagai agenda persiapan Komunitas. Mindset rakyat ASEAN tentang masa depan ASEAN harus berubah. ASEAN bukan hanya milik pemerintah seperti apa yang dipikirkan dulu, itu hal pertama yang harus tertanamkan. ASEAN adalah milik kita karena semua yang ada di ASEAN merupakan tentang kita. Masa depan ASEAN bukan lagi tergantung pada usaha pemerintah, namun tergantung pada usaha kita untuk mau menerima ASEAN dengan pikiran terbuka dan respon positif.

(Ark.Feb’08)




India, the Incredible Land






First time reading Indian’s slogan, “Incredible India”, in a tick a doubt question was crossing my mind, “Incredible?” There is so much great thing in India that Indonesian and ASEAN people do not know so that we always question how Incredible India is and why India.

ASEAN-India: 100 ASEAN Students Visit to India is the right means for opening ASEAN people’s eyes in order put the amazement instead of the hesitation. Spending the end of 2007 in India, finding out directly, and intimating all Indian’s Incredible, greatly revolutionize all our doubt question former becomes amazing shout, “India is truly incredible!”

India in Common Frame

Every time finding India shouted, there are three main things associated directly in Indonesian people’s mind. First, certainly the Dramatic Bollywood with its dynamic colossal dance. Then, the well-known eternal love monument in Agra, Taj Mahal. Last, the bad identifying about India with overpopulation, poverty, slump areas, unfriendly weather, even the overdue in politic, economy, and social field.

India is Bollywood and Bollywood is India, as the first Indian is associated, with its enthusiastic response for beaten dancing and superstar idols from its all movies, makes India have a special space in Indonesian’s heart.

In following point, relating India with the monumental Taj Mahal, India still has the positive image although is not only Taj Mahal that India has as its top tourism central. There are many historical Indian’s monuments which still announcing the Indian’s gold centuries from their grandeur ornament.

However, that two positive identifying predisposed sank if the Indian’s problems addressed. Over population, poverty, and slump areas, these always cover the positive sides and cancel the willingness to explore India. In addition, after that bad stereotype addressed, another imagination appear for worsening. India is recognized as the past due in politic, economy, and technology, whereas in fact, is not true. India is strong in economic, compared with another Asia country or another country in the world. In political field, with the caste in its society, India has the ability to be the world’s largest democracy. Even in technology, India is the pioneer in the information technology exchange.

If just the antonym is seen, certainly it is difficult for India to keep attracting world’s people to come to India, additionally if just the Bollywood and Taj Mahal, can accessed to the world, come as positive images from India.

Truly India, the Truly Incredible

The first visited city was Mumbai. The first portrait in my sight was the story of the slump and the skyscraper which harmoniously standing nearby. It is a classical view in many countries, actually. However, behind its classical view, there was other view that attracting me, the Indian’s family groups that spent their late afternoon by playing cricket or just walking around. Then the peaceful background in the form of safe birds flown and descended upon land dramatized that view, made it more touching. A view that seldom met in other places.

Besides its strong economic that reflected with three Indian big companies’ profile, Tata, Godraj, and Mahindra&Mahindra, India also shines its bright with its beautiful British architecture. Mumbai is greatly eternal portrait which taping from the British colonialism to the victorious India and presenting it as the history that live closely with the contemporary Indian’s life.

The next destination was Delhi. The modern grandeur and the classic grandeur still decorate this part. It was interesting for knowing that Delhi has many historical sites in fact Delhi is the capital city.

Agra and Jaipur, these two last cities we have visited, showing us the great empires in India by their great temples and palaces. Exploring these two cities was like exploring the world in fable frame. Big palaces, great forts, lovable king, bloody coups, which always I thought as just the tale, simply came to my vision as the reality that had existed even just in few centuries ago.

India : The Contiguously Contrast

Two things are actually contrast but simply run harmony and support each other in India. Countrified with office block, economics activity with familiarity activity, modern architecture classically, center modern workload with center stripper culture, and even traditional clothes that still worn by its people although the modern one has accessed the market.

Beside I reflect its contiguous as a Indian people’s profile that can respect the difference, it is possible to say that its contiguously contrast has grown on in India heart as philosophic of epoch-to-epoch, I think. I saw two mosques in left and right of Taj Mahal. The uniqueness lied in guide’s explanation that from the two mosques, only one just of functional mosque, namely mosque in left side which showing direction for Indian Moslem, while mosque in right side is not mosque with a purpose to functional like the left side mosque but as existence ballast of left mosque.

According to him again, philosophic of balance is the thing that embraced Indian people. If there is one uppermost side, hence there will be the other side following to balance. I trust that thing by making two adjacent contrasts in India as model. When modernity induces India life, simply usual traditional culture is still alive. When colonial architecture decorated India, and contemporary design of globalization product now beautifying India, omission of original dynasty still awake. When economic activity now pursued to reach better life level, togetherness value of family still seen in the intimate parents and their children’s activity.

In my opinion, Indian people are the model of a big nation. They always respect their history and learn from it. Progress of India at this era also I feel arising from their responsibility to their ancestors’ capable to print history of Indian gold during past, " If during the past our ancestor can make India as a considered nation, why we cannot continue the gold era now?"

ASEAN-India: 100 ASEAN Students Visit to India

With its two contrast sides that lie contiguously, it is not reasonable if India always come in negative frame. Actually, I cannot hide that it is difficult to realize the incredible of India at the first sight. However, spending ten days in India was truly opening my eyes that the Indian’s portrait is not only about the unsolved problems. Behind the bad description about India, so many things we have to learn from India. Their hard-worker habit and their big pride of their country, for example. Those two rare things are the most necessary capital that can accompany India to their bright future, challenging China’s economic, placing itself as the top rank in strongest economic, and technology fields.

ASEAN-India: 100 ASEAN Students Visit to India last December 2007, I consider as the right way for opening international people’s eyes about India. Exploring India on its historical sites and contemporary architecture, at least made me realize that although India is not perfect, there is so much reason that can put India as the teacher in economic, politic, and social fields.

The next step for ASEAN and India is with their cooperation frame and mutual understanding from the young delegations, they should learn the strong sides each other to develop their country and establish the great Southern Asia so that the Southern can equate with the Eastern Asia. What they need is just the two way process in accessing and supporting for digging all their potential so that they can survive in globalization era.With ASEAN-India: 100 ASEAN Students Visit to India, no one loses.

With it, India can promote itself to ASEAN as the first step to international community and ASEAN can learn so many things from India. They will not feel the effect instantly, but I am sure that the visit is the beginning of the bright future of ASEAN-India relationship.



Road to Incredible India…

Well, kalau denger India disebut, apa yang ada di pikiran kalian? Hollywood with ‘B’, loving, crying, fighting, and dancing? Inspektur Vijay? Tuan Takur? Kain Sari? Ular kobra? Haha. Weits, itu cuma sebagian kecccciiiiiil banget dari India. Ada banyak hal menarik tentunya dari India yang membuat India begitu unik dan membuat ia menjadi salah satu negara tujuan kerja sama ASEAN pada penghujung 2007 ini lewat ASEAN-India : 100 Students Visit to India yang mengikutsertakan 10 orang pemuda dari masing-masing negara ASEAN untuk berkunjung ke India dengan tujuan meningkatkan kedekatan dan saling pengertian antarmasyarakat ASEAN dan India. Program ini merupakan program yang telah disepakati dalam KTT ASEAN-India kelima untuk merayakan ulang tahun ASEAN ke-40 dan ulang tahun kemerdekaan India ke-60.

Apa saja yang ada di India? Apa pelajaran yang bisa dipetik dari India untuk meningkatkan kedekatan dan rasa saling pengertian? Perlukah ASEAN-India : 100 Students Visit to India diadakan tidak hanya sebatas pada perayaan ke-40 dan ke-60 nya? Apa yang terjadi selama rombongan tim Indonesia yang tidak didampingi satu pun pendamping dari Deplu maupun ASEAN Secretariat ini berada di negeri orang dengan cuaca superekstrim?

Hmmm..saya sebagai salah satu dari mereka yang beruntung mendapat pengalaman seperti ini akan menuliskan semuanya di sini. Keep on channel between 8-19 Desember ini dan kenali seperti apa India sebenarnya… (Ark.Des 07)

Prom 2007


Hmmmm...dari dulu sebenernya udah bikin postingan tentang prom, tapi sayangnya datanya ada di laptop. Terus laptopnya rusak.Hehe. Jadi ini photoblognya aja yang bisa diposting. Mungkin basi ya posting tentang prom, tapi hehehe daripada nggak terabadikan sama sekali.

Prom SMAN 3 Bandung yang diadakan di Hotel Horison pada tanggal 9 Juli 2007 ini namanya Ella Victoria Cello Nite. Dress codenya, standar sih, Polite Formal seperti yang terlihat di sini. Acara ini dimulai pukul 19.00 tepat! dan berakhir pukul 00.30.

MC diundang dari luar, kalau nggak salah dari radio Oz.

Artis-artis yang tampil diacara ini cukup artis dari kalangan sendiri. Haha. Eps, jangan salah, walaupun yang ngisi acara adalah ekskul-ekskul SMAN 3 sendiri, tapi kualitas mereka internasional loh! Asli. Hehe. Bangga sama SMA sendiri. Ya iya duongggg. Harus! Hehe.

Kesan dari prom ini...Luar biasa banget! Temen-temen saya mendadak keliatan cantik dan gantengnya! Tapi justru ini yang bikin sedih. Mereka cantik dan ganteng pada saat terakhir. Hiks hiks.

Saya sendiri selama acara prom cuma sebentar kumpul sama geng gila saya. Haha. Sori kawan, gope nggak kuat! hehe. Selebihnya selain bareng sama Ferdy dan Akbar, ya jadi wartawan foto tidak resmi. Hehe. Motret adalah pekerjaan paling asyik untuk kabur dari kenyataan. Hehe.

Okeyyyyyy, walaupun basi...nikmatin aja ya dokumentasi prom 2007 ini!


Ark. Okt 07.
















Waktu, Kata Pak Tata

    Setelah lama nggak posting!!!! Haha.

    Apa kabar di bulan yang ternyata sudah memasuki penghujung Oktober ini?

    Oia, anak SMA yang biasanya nulis di sini sekarang udah jadi mahasiswa!

    Bener, sama sekali nggak kerasa! Tiga tahun masa SMA telah terlewati dan kini, tarararraaaa…semua urusan persekolahan dari MOS pada awal tahun, belajar, ujian, remedial, darmawisata, belajar, pemantapan, ujian-ujian akhir, sampai prom terselesaikan sudah! Ada banyak kenangan yang terciptakan dan nggak tahu kenapa, segala urusan persekolahan yang dulu saya anggap sebagai rutinitas biasa kini malah terasa sebagai dimensi yang…singkatnya, Ngangenin!

    “Waktu adalah besaran yang tidak pernah bisa kembali…”

    Begitu tulis salah seorang wali kelas di buku tahunan angkatan saya. Yup, setuju, Pak! Waktu sama sekali nggak bisa kita rengkuh untuk kembali. Jangankan merengkuh saat yang sudah lewat sejak tiga tahun lalu, untuk merengkuh lagi satu detik yang lewat saja kita nggak bakal pernah bisa.

    Mengenang semua yang terlewati, ternyata ada banyak evaluasi diri yang muncul. Dari mulai ngetawain tingkah bodoh dan malu-maluin, mencari jawaban atas pertanyaan, “Kok dulu bisa gitu ya?” ; “Ngapain juga dulu pake kayak gitu segala?” ; “Kok dulu mikirnya kayak gitu ya?”, penyalahan diri sendiri kayak, “Yah, ini sih gue yang salah tuh!”, penyesalan-penyesalan yang bikin sedih atau malu, sampai semangat untuk memperbaiki diri atas segala kekhilafan masa lalu!

    Mungkin poin terakhir tersebut adalah makna paling dalam mengapa Tuhan menciptakan orde-orde revolusi dan rotasi bagi Bumi. Tanpa ada orde tersebut, manusia tidak akan berusaha mengenal waktu. Tanpa ada waktu, tak akan ada perubahan, bahkan tak kurang juga kemungkinannya tak akan ada kehidupan.

    Hah, kalo gini sih, ujungnya ngapain Tuhan nyiptain kehidupan? Kalo gitu, unsur paling penting dari kehidupan adalah adanya perjalanan waktu, dong! Perjalanan! Bukan perputaran!

    Kalo Tuhan menciptakan perputaran, kehidupan juga bakal jadi nggak bermakna. Manusia cuma muter di situ doang. Mungkin perenungan atas kesalahan dan semangat untuk memperbaiki masih tetep ada, tapi hal itu sebenarnya malah menjebak manusia dalam penyepelean. Bagi saya, pasti bakal ada pandangan, “Yah, entar juga bakal bisa diperbaiki kok. Ntar-ntar aja deh!” Nggak ada semangat untuk menjadi yang terbaik dan menjadikan suatu hal sebagai yang terbaik.

    Lah, kalau kayak gitu, ngapain hidup?

    Hidup selalu berjalan bersinergi dengan perjalanan waktu. Nyawa dari kehidupan adalah si perjalanan waktu, dalam pandangan saya. Dan ini menjadikan waktu sebagai suatu yang harus kita hargai. Tanpa ada waktu, takkan ada kehidupan. Tak ada kehidupan, kita juga nggak bakal ada.

    Sekarang sudah hampir memasuki bulan November, upssss penghujung tahun nih! Apa saja yang sudah kita capai selama sebelas bulan ini? Gimana kabar si resolusi awal tahun itu? Udah seberapa jauh kita berubah dan berkembang? Udah berapa banyak waktu yang kita habiskan dan manfaatnya bisa kita rasakan sekarang? Udah berapa banyak evaluasi yang kita lakukan tahun ini untuk menyusun rencana revisi resolusi mendatang?

    Waktu selalu berjalan dan kita nggak mungkin cuma tetap diam. Harus ada hal yang kita lakukan agar waktu yang semakin menjauh itu bisa meninggalkan jejak yang bisa kita genggam sebagai suatu pencapaian. Inti dari semua ayat Qur’an tentang pertanggungjawaban kita sebagai manusia sebenarnya adalah pertanggungjawaban atas waktu yang diberikan untuk kita dari Allah. Ibadah nggak cuma tentang solat dan puasa aja. Ibadah juga mencakup penggunaan waktu. Ya kan?

    Okeyyyy, kita masih punya November dan Desember dalam tahun ini. Untuk resolusi-resolusi yang belum tercapai, nggak ada salahnya kita cicil dulu dari sekarang kalau emang niatnya bakal dipending sampai resolusi berikutnya. Nggak ada alasan menjadikan istilah ‘Terlambat’ sebagai penghalang pertanggungjawaban kita terhadap waktu.

    Inget lagi kata Pak Tata, si guru Fisika saya, “Waktu adalah besaran yang tidak pernah bisa kembali…”


Ark.Okt ’07.