Menjalani Maret....

Kemarin masih inget banget tuh baru juga nulis First February, eh sekarang udah nulis Menjalani Maret lagi. Wew, berarti udah satu bulan, ya? Yah, kalo gitu tinggal satu bulan lagi menuju UN. Ummm, sekolah mulai memadat, nih tugas-tugasnya. Terus makin padat aja tuh omelan guru-guru, terutama wali kelas saya. Iiiiiiih, ngomeeeeeel mulu! Ngomelnya juga tiba-tiba tanpa sebab musabab yang bisa disahkan sebagai hal yang fatal dan patut dimarahi. Ya Alllllllllllaaah…


Awal Maret ini ada event bazar dari sekolah tetangga, namanya 8soulvation. Saya, yang jelas-jelas miskin tak bermodal plus pelit hura-hura ternyata bisa dateng ke acara itu berkat kebaikan hati sepupu temen saya yang ngebeliin tiket, buat saya dan tentunya buat temen saya. Thanks, ya, Nit!


Tiga hari setelah itu, mulailah neraka otak. Ulangan fisika. Listrik 5 bab. Statis, dinamis, arus bolak-balik, magnet, samaaaaaaa ga tau satu lagi apa. Wah, mana pake sistem plus empat minus satu pula! Ah, alamat bakal ngosongin lembar jawaban ini mah.


Maret ini…sibuk..sibuk..sibuk…sibuk belajar buat UN, matem khususnya. Eh, iya! Bareng sama acara bazar itu, matem juga memberikan serangan 30 soal praUN, huwahuwa…susah euy! Yah, biasalah, apa sih yang nggak susah buat saya…hehehe.


Eh, dengan adanya kenyataan bahwa UN tinggal menghitung hari, detik demi detik, ….maka saya harus padamkan saja, kobar asmaramu…alias sedikit mengurangi pacaran sama laptop. Huah, perlu konsen yang tinggi dan niat yang mulia serta kesungguhan hati untuk memandang jauh ke depan bahwa, kudu lulus! Aduuuuuuuuh, amin.


Wah, kok kayaknya saya menderita sekali gitu, ya selama bulan Maret ini. Kayaknya sekolah tuh, sumpah, neraka banget gitu…Haha, enggaklah. Seimbang-seimbang aja, kok. Ada hal-hal yang bikin enak juga lah. Apa, ya? Wah, ya belum tahu. Maret-nya aja baru mulai, mana tau bakal ada apa aja. Ah, tapi yang jelas, sih bakal dibawa nyantei aja. Belajar ya belajar, main ya main, pacaran ma laptop masih jalan, pacaran ma manusia…wah, susah ini mah, manusia-nya nggak ada yang ‘lagi’ sama saya, nih! Gimana, dong? Whahaha.


Yah, Maret ini bulan yang berat soalnya bakal dipakai sama belajar buat UN, Maret ini juga bakal berat sama tugas yang numpuk, Maret pun bakal mahal buat ngeprint tugas yang harus diketik dan dijilid, intinya mah bikin pusing. Ummmm, wishing buat bulan ini…Semoga ada kebahagiaan di balik kesusahannya…amin…hehe. Bijak, nih gua sekarang.


Oia, turut berbelasungkawa juga, nih buat korban terbakarnya Garuda di Yogya. Wah, belum habis rasa nggak habis pikir gara-gara hilangnya Adam Air dan terbakar plus tenggelamnya Levina, eh dateng lagi musibah Garuda ini. Gara-gara tiga musibah yang menggoncangkan Indonesia ini, sekarang saya makin sering mimpiin Pak Hatta Rajasa, Pak Suripto, dan Pak D.Sudibyo, hehe, soalnya mereka akhir-akhir ini jadi laku gitu diwawancarai televisi-televisi, kan akhirnya wajahnya jadi familiar buat saya. Mmmm, wishingnya nambah lagi kalau gitu, semoga musibahnya cukup sampai sini aja, nggak berekor kesana kemari dan beranak pinak. Amin.


Ups, lupa… turut berbelasungkawa lagi buat saudara-saudara se-Tanah Air yang terkena bencana gempa bumi di Sumbar. Aduuuuuuuuuuuuh, musibah terus, nih. Kemarin banjir, trus ada lagi Lapindo yang makin parah lumpurnya, trus sekarang gempa. Kayaknya nggak ada habisnya. Satu yang harus diingat, jangan nyalahin alam, apalagi nyalahin Tuhan, soalnya dulu kita-kita juga yang tega sama alam dan Tuhan. Eksploitasi mulu, nggak pake bersyukur, lagih! Marah, deh tuh Tuhan lewat alam, ditambah lagi alamnya udah ngambek sama kita dari lama, jadi waktu disuruh Tuhan untuk ngasih pelajaran sama manusia, si alam semangat banget menjalankan. Hmmmmm, kalau gitu kita harus minta maaf sama alam dan Tuhan. Trus harus janji juga supaya ga jahat dan serakah banget ngeruk anugrah-anugrah dari Tuhan. Ya, nggak ?


Eh kemarin ada yang sempat lihat gerhana bulan ? Ada yang sempat motret fenomena itu nggak ? Wah, sayang banget kalau sampai nggak sempat. Soalnya kemarin itu langit lagi cerah-cerahnya, jadi nampol banget buat lihat umbra dan penumbra. Mmmm, tapi jangan khawatir, waktu saya baca di Tribun, katanya nanti sekitar bulan Agustus gitu bakal ada gerhana bulan lagi. Nah, nanti jangan sampai terlewat lagi. Oia, ngomongin soal gerhana bulan, saya jadi kangen gerhana matahari total. Kalau nggak salah inget, itu terjadi waktu saya masih SD. Wah, waktu masih SD, sih tolol banget nggak ngerti keindahan dari gerhana matahari total, makanya terlewat dengan datar aja. Huuuuuuummmmm, kapan lagi, ya bakal ada ? Nanti, sih nggak akan dilewatkan dengan datar-datar aja.


Trus trus trus trus… makin melebar aja jadinya. Ah, ngomong-ngomongnya udahan dulu, baca tulisan saya yang lainnya, ya!


Selamat Menjalani Maret!






(arkiar, Maret 2007)